10 TIPS CERDAS MEMILIH CINCIN KAWIN (PERNIKAHAN)

10 Tips Cerdas Memilih Cincin Kawin (Pernikahan) – Anda sudah siap untuk menikah? Addriadi.com ucapkan selamat. Namun, apakah urusan cincin kawin masih saja membuat Anda bingung dan pusing? Jangan galau dulu, berikut ini ada 10 tips cerdas memilih cincin kawin (pernikahan) yang tepat agar Anda tidak keliru nantinya. Tips ini dikutip dari website weddingku.com untuk Anda yang sedang mempersiapkan hari besar dalam hidup Anda.

1. Mencari referensi

Sebaiknya Anda sering-sering untuk ‘browsing’ alias mencari ke toko-toko perhiasan ataupun hanya melihat-lihat referensi di internet ataupun di majalah. Sebaiknya harus mulai mencarinya sekitar dua bulan sebelum tiba hari pernikahan. Jadi Anda nantinya masih punya cukup banyak waktu untuk mencari yang paling cocok, berpikir-pikir dan tentunya melihat kembali cincin kawin atau cincin pernikahan yang Anda inginkan.

cincin kawin
Atur budget yang sesuai dalam membeli cincin kawin


2. Atur budget

Cincin pernikahan memang beragam harganya, tergantung terbuat dari bahan apa? Emas kuning, emas putih, apakah dengan tambahan permata dan sebagainya.Anda dapat menyiapkan budget sesuai dengan kemampuan Anda dan jangan terlalu memaksakan diri, karena untuk pernikahan masih banyak hal yang lebih penting dari sekedar cincin, mungkin Anda bisa menyiapkan budget sekitar 3 hingga 10 jutauntuk ukuran sedang alias tidak terlalu mewah.

3. Pikirkan rencana 20 tahun ke depan

Jangan takut untuk terlihat dan tampil beda, tapi Anda juga harus memastikan bahwa model cincin kawin yang dipilih merupakan model yang masih mau Anda kenakan bersama pasangan hingga 20 tahun ke depan. Anda tentu berharap pernikahan cuma terjadi sekali dalam seumur hidup bukan?

4. Pilih model cincin kawin (pernikahan) yang simple dan terasa nyaman ketika dipakai

Banyak orang menyarankan untuk memilih cincin kawin (pernikahan) yang berwarna putih dengan bentuk berliannya yang bulat. Karena bentuknya yang tidak bersudut dapat membuat sinarnya terlihat lebih bagus.

cincin kawin
Pilih yang nyaman dan model yang tahan lama


5. Lakukan final fitting

loading...

Ukurlah cincin kawin atau pernikahan di saat kondisi Anda sedang tenang dan temperatur tubuh dalam keadaan normal. Jangan mengukurnya pada saat pagi hari, karena jari tangan biasanya akan sedikit agak membengkak, hal itu karena tubuh Anda di pagi hari mengandung garam yang masih tersimpan dari sejak malam sebelumnya. Ukuran jari tangan juga akan sedikit berubah setelah Anda melakukan olah raga ataupun atau ketika tubuh Anda dalam keadaan panas dan juga ketika dingin sekali.

6. Sesuai dengan bentuk jari

Untuk Anda yang memiliki bentuk jari yang kecil disarankan untuk tidak memilih cincin kawin (pernikahan) yang bentuknya lebar. Karena itu akan kurang pantas untuk dilihat.

7. Pilihlah cincin yang mudah dibersihkan

Sebaiknya Anda memilih model cincin yang mudah untuk dibersihkan sehingga Anda bisa merawatnya sendiri. Jika Anda memilih model cincin yang terlihat cukup rumit, pastikan toko perhiasan dimana Anda membeli cincin tersebut dapat memberikan jasa perawatan dan pencucian perhiasan.

8. Cincin platinum

Jika Anda memilih untuk mengenakan cincin dari bahan platinum, sebaiknya Anda hindari untuk tidak mengenakannya ketika melakukan pekerjaan berat, kasar ataupun ketika berolahraga, karena bahan platinum cukup mudah tergores. Hindari pula untuk mengenakan cincin kawin seperti ini ketika Anda bekerja dengan menggunakan zat-zat yang mengandung klorin, misalnya seperti pemutih pakaian, pembersih atau bahkan desinfektan yang biasanya terkandung di dalam kolam renang.

cincin kawin
Sebaiknya jangan emas 24 karat


9.
Memilih toko yang tepat

Pilihlah toko perhiasan yang dapat memberikan jasa pembesaran ataupun pengecilan ukuran cincin, pencucian dan juga pemolesan ulang, agar Anda tidak repot nantinya.

10. Kadar Emas

Cincin kawin yang biasanya dipakai para mempelai adalah emas dengan kadar 18 karat. Emas seperti ini berkadar 75 % emas dan bentuknya juga tidak akan berubah apabila dipakai dalam aktivitas sehari-hari. Jika Anda ingin menggunakan emas dengan kadar 24 karat,  sebaiknya dihindari karena kurang cocok untuk dijadikan sebagai cincin kawin, karena ukuran 24 karat mengandung logam yang cukup lunak sehingga akan lebih mudah untuk berubah bentuk

Demikianlah 10 tips cerdas memilih cincin kawin (pernikahan) untuk Anda yang siap untuk segera menikah. Semoga sukses!

Terima kasih telah membaca artikel tentang harga cincin tunangan emas 24 karat, model cincin kawin emas 24 karat. Apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan, terima kasih.

Tags: pesta pernikahan