10 TIPS KEHARMONISAN RUMAH TANGGA

10 Tips Keharmonisan Rumah Tangga – Kadang-kadang orang ingin meningkatkan keharmonisan dalam rumah tangga mereka, tetapi sebagian pasangan merasa bingung dan bahkan tidak tahu harus mulai dari mana. Tidak peduli apa jenis masalah yang Anda miliki dalam pernikahan dan rumah tangga Anda, ada beberapa tips yang dapat Anda ambil untuk membantu memperkuat hubungan Anda. Energi tambahan yang dimasukkan ke dalam suatu hubungan dapat menjaga pernikahan dan keharmonisan rumah tangga Anda semakin kuat dan tentunya akan menimbulkan kepuasan yang jauh lebih menyenangkan dalam pernikahan. Inilah 10 tips keharmonisan rumah tangga.


1. Memberikan
Motivasi Setiap Hari

Kadang-kadang lebih mudah untuk memberikan kritik daripada pujian. Namun, jika Anda ingin meningkatkan keharmonisan rumah tangga Anda, tunjukanlah kekuatan motivasi pada pasangan Anda. Memberikan pujian yang tulus dan sepenuh hati serta mengucapkan terima kasih. Hal ini dapat membuat perbedaan besar dalam interaksi sehari-hari Anda dengan pasangan dan bisa mendapatkan sesuatu yang dimulai dengan catatan positif.

2. Berikan Perhatian Penuh Pada Pasangan

pasangan bahagia
Tips pernikahan bahagia

Masalah komunikasi dapat menjadi sumber konflik besar dan masalah rumah tangga bagi banyak pasangan. Dan salah satu masalah terbesar dalam komunikasi biasanya adalah mendengarkan. Pelajari cara untuk sungguh-sungguh mendengarkan pasangan Anda dan memberikan perhatian penuh yang Anda bisa. Matikan TV, singkirkan ponsel Anda dan jangan berteriak dari sisi lain dari rumah saat berbicara dengan pasangan. Tunjukkan pada pasangan bahwa Anda tertarik mendengarkan apa yang dia ingin bicarakan panjang lebar dengan memberikan kontak mata.

pasangan bahagia
Berikan motivasi dan perhatian penuh

Jika Anda sedang sibuk untuk melakukan sesuatu dan tidak dapat meletakkan sesuatu yang sedang Anda pegang atau sedang dikerjakan sekarang, sebaiknya beritahu pasangan Anda dan buatlah waktu untuk mendengarkannya kemudian. Misalnya, jika Anda sedang berada di tengah-tengah aktifitas menempatkan anak-anak tidur, cobalah katakan pada pasangan, ‘Dalam lima menit, aku akan memiliki kesempatan untuk memberikan perhatian penuhku sehingga aku benar-benar dapat mendengarkan dan memperhatikan apa yang kamu katakan’.

3. Sering Berhubungan Seks

Salah satu obat terbaik untuk kurangnya semangat adalah berhubungan seks dengan cukup sering. Kadang-kadang ini bisa bermanfaat untuk meningkatkan semangat bahkan ketika Anda sedang tidak mood. Berperilaku penuh gairah dapat membuat perasaan bergairah dan semangat itu mengikuti ke dalam aktifitas lain. Pikirkan tentang bagaimana gairah seksual Anda ketika berada di masa lalu saat menjadi pengantin baru dan mencoba berperilaku seperti itu lagi sekarang. Membuat kehidupan seks yang sehat dapat menjadi cara yang bagus untuk membantu Anda agar merasa lebih dekat dan dapat memperkuat hubungan Anda dengan pasangan serta menjadi salah satu tips keharmonisan dalam rumahtangga.

4. Keluar Dari Hutang

Uang adalah sumber stres yang besar bagi banyak pasangan. Hutang kartu kredit, cicilan mobil, pinjaman untuk pendidikan, dan hutang lainnya bisa membuat pasangan merasa seperti sesak karena tenggelam. Daripada mengabaikan hutang atau hanya melakukan pembayaran minimum, kembangkanlah rencana untuk membuat dirimu keluar dari hutang. Bekerja samalah dengan pasangan dalam menyelesaikan hutang Anda dan pastinya bagaimanapun juga dibutuhkan kerja keras. Pertimbangkan untuk berkonsultasi dengan perencana keuangan jika Anda tidak yakin di mana harus memulai atau Anda juga bisa berbicara dengan seorang konselor pernikahan dan keluarga jika Anda tidak setuju tentang cara menyimpan dan menghabiskan uang.

loading...
pasangan bahagia
Memiliki tujuan yang dicapai bersama-sama


5. Tetapkan Tujuan
Untuk Anda Berdua

Menetapkan beberapa tujuan secara bersama-sama akan memberi Anda kesempatan untuk bekerja sebagai sebuah tim dengan pasangan untuk mencapai tujuan tersebut. Tujuan tidak harus sebuah hal besar, akan tetapi bisa juga berupa langkah-langkah kecil yang Anda berdua sepakati untuk bekerja keras bersama menuju hal tersebut. Pertimbangkanlah tujuan tentang keuangan, kesehatan, karier, spiritualitas, sosialisasi atau kesenangan. Sangat baik untuk memiliki tujuan individu untuk membantu Anda tumbuh sebagai pribadi serta tujuan untuk membantu Anda tumbuh bersama sebagai pasangan.

6. Fokus Pada Hal Positif

Sangat mudah untuk terjebak dalam berfokus pada apa yang tidak beres dengan hubungan Anda. Namun, semakin Anda fokus pada hal-hal negatif, Anda akan merasa lebih buruk. Cobalah untuk tetap fokus pada aspek positif dari hubungan Anda, terutama pada hari-hari yang buruk. Berusahalah untuk selalu mengingat semua hal dan kualitas positif tentang pasangan Anda dan fokus pada kebaikan yang telah membantu Anda tetap menjaga pernikahan dan rumah tangga Anda.

7. Menentukan Rutinitas

Rutinitas benar-benar dapat mengikat pasangan untuk tetap bersama. Apakah Anda ingin menonton pertandingan bola bersama-sama pada hari Minggu sore?atau Anda ingin pergi ke tempat liburan favorit Anda setiap musim liburan tiba?Tentukanlah beberapa rutinitas dan ritual hanya untuk Anda berdua. Ini dapat membantu memisahkan hubungan Anda dari hubungan lain dalam kehidupan Anda dan benar-benar membantu Anda untuk merasa menjadi pasangan yang lebih kuat dan menambah keharmonisan rumah tangga.

pasangan bahagia
Mempunyai rutinitas berdua


8. Praktek
an Sikap Memaafkan

Dendam tidak akan menyelesaikan masalah. Praktekan sikap saling memaafkan dengan pasangan Anda. Ini diperlukan untuk dapat memaafkan pasangan Anda,karena tidak dapat dihindari akan ada saat perasaan Anda terluka dan Anda merasa dikecewakan oleh pasangan. Itu hanya datang di waktu-waktu tertentu saja. Jika Anda pernah mengalami pelanggaran yang besar, seperti perselingkuhan dan Anda mengalami kesulitan untuk memaafkan, pertimbangkan untuk pergi ke konseling pernikahan untuk membantu Anda tetap terus ‘move on’ melalui perasaan Anda.

9. Cari Kegiatan Baru Untuk Dinikmati Bersama

Melakukan beberapa kegiatan menyenangkan bersama-sama dapat membantu memicu percikan kehangatan dalam pernikahan dan keharmonisan rumah tangga Anda. Carilah kegiatan yang belum pernah dilakukan sebelumnya dan yang dapat menjaga hal-hal sangat menarik. Perjalanan ke tempat baru, mengambil kelas bersama-sama untuk belajar keterampilan baru, ataupun mencoba hobi baru.

10. Membuat Waktu Bersama Menjadi Sebuah Prioritas

Sangat mudah untuk membuat pernikahan Anda berada pada posisi rendah dalam daftar prioritas. Mungkin di bawah pekerjaan, anak-anak, keluarga, hobi dan teman-teman. Namun, jika Anda membuat pasangan Anda dalam prioritas yang rendah, pernikahan Anda pasti akan hancur dan tidak harmonis. Ambilah langkah-langkah untuk menghabiskan waktu bersama-sama menjadi prioritas utama dalam hidup Anda. Jadwal kencan malam yang teratur, bersedia untuk menolak kesempatan lain untuk menghabiskan waktu bersama-sama dan menunjukkan pada pasangan Anda bahwa Anda ingin membuat pernikahan Anda menjadi prioritas.

Itulah 10 tips keharmonisan rumah tangga yang bisa Anda jalankan bersama pasangan. Semoga Anda mempunyai rumah tangga yang bahagia.

Terima kasih telah membaca artikel tentang cara menjaga keharmonisan rumah tangga, keharmonisan rumah tangga. Apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan, terima kasih.

Tags: Rumah Tangga Bahagia Seks Dan Kesehatan