10 TIPS SIMPLE AGAR PERNIKAHAN LANGGENG BAHAGIA

10 Tips Simple Agar Pernikahan Langgeng Bahagia – Kebanyakan orang selalu berpikir bahwa romantisme merupakan yang dibutuhkan oleh pasangan untuk berada dalam pernikahan yang terus langgeng hingga tua. Padahal romantisme tidak selalu bisa menjadi penolong pada rumah tangga mulai menjenuhkan dan bahkan mulai retak.

Lantas, apa yang dapat membuat rumah tangga atau pernikahan langgeng? Jawabannya adalah dengan kebiasaan. Meski terkesan simple dan sepele, namun kebiasaan-kebiasaan sederhana bisa menjadi penguat dalam pernikahan Anda, berikut 10 tips simple agar pernikahan langgeng bahagia sebagaimana pernah dilansir Shine:

Tips pernikahan harmonis
Fokus pada hal positif


1. Tidak berusaha mengubah pasangan

Ada cukup banyak kekurangan pada pasangan yang ingin sekali kita rubah, misalnya saja kebiasaannya yang membuat rumah kotor, tidak disiplin ataupun suka menaruh pakaian kotor di mana saja.

Terapis Darren Wilk, pernah mengatakan bahwa hal-hal tersebut dapat membuat hubungan Anda dengan pasangan menjadi renggang. Jangan selalu protes terhadap kebiasaan buruk dan kemudian mencoba mengubahnya, lebih fokuslah pada kekuatan dan juga kelebihan pasangan Anda.

2. Bahasa yang tepat

Apabila ingin pasangan melakukan hal yang Anda mau, jelaskan hal itu dengan bahasa yang tepat. Jangan dengan mengatakan ‘Aku benci kalau kamu menaruh pakaian kotor sembarangan!’, tapi katakan saja ‘Aku akan sangat senang kalau kamu mau meletakkan pakaian kotormu di mesin cuci.’ Meskipun hal ini terkesan simple, tapi perubahan bahasa ini juga dapat memberikan perbedaan besar bagi yang menerimanya.

3. Ungkapkan apresiasi

Memberikan sebuah pujian pada pasangan kelihatannya merupakan hal mudah, namun kebanyakan pasangan sering lupa melakukannya. Dalam sebuah pernikahan yang bahagia, setidaknya pasangan mempunyai waktu untuk menyenangkan sebanyak 20 kali, mulai dari selalu saling tersenyum, memeluk ataupun hanya saling melihat. Setidaknya, beri pujian pada pasangan Anda tiga kali dalam sehari. Jangan hanya dengan mengatakan ‘Kamu ayah yang baik,’ namun jelaskan dengan lebih spesifik, misalnya seperti ‘Kamu sangat sabar pada saat mengajarinya Matematika, aku saja tidak mungkin bisa sesabar itu. Kamu benar-benar ayah yang hebat.’

4. Fokus pada hal positif

loading...

Pasangan yang tidak bahagia dengan mudah selalu bisa menemukan berbagai kesalahan dari pasangan mereka. Wilk mengatakan bahwa apabila Anda selalu berusaha mencari kekurangan pada pasangan, maka Anda dengan mudah akan menemukannya. Namun sebaliknya, apabila Anda berusaha menemukan sisi positif dari pasangan, maka Anda juga pasti akan menemukannya. Intinya, tergantung dari sudut mana yang paling Anda perhatikan. Sudut tersebutlah yang akan dapat menentukan kebahagiaan Anda.

5. Mengulang masa lalu

Pasangan yang bahagia biasanya sering melupakan momen-momen buruk dan selalu fokus pada momen yang indah. Pada saat merasa hubungan Anda mulai berada di titik jenuh, cobalah ulangi lagi masa-masa indah pada saat Anda bersama dengan pasangan. Misalnya dengan keluar dan makan ditempat pertama kali Anda berkencan atau hal menyenangkan lainnya.

6. Jangan memihak musuhnya

Anda mesti tahu kapan pasangan Anda membutuhkan dukungan penuh dan kapan pasangan meminta pendapat Anda untuk mengkritiknya. Pada saat dia sedang membutuhkan dukungan, misalnya saat atasannya di kantor menyalahkan dia atas sesuatu yang tidak dilakukannya, maka jangan sampai Anda malah memihak atasannya. Anda harus berada di sana untuk selalu memberikan dukungan sepenuhnya.

7. Tidak terlalu nyaman

Kepercayaan, komitmen dan keamanan merupakan kunci untuk semua hubungan, terutama dalam pernikahan. Namun pada saat tiga hal ini telah tercapai bukan berarti Anda harus merasa tenang dan kemudian berhenti berusaha. Hubungan pernikahan merupakan sebuah ekosistem yang cukup rapuh, Anda tidak bisa berhenti untuk terus berusaha. Anda harus selalu mencoba membuat hubungan ini untuk terus menyenangkan apabila ingin hubungan pernikahan tetap langgeng.

8. Punya ritual spesial

Ini bukan hanya mengenai sebuah kencan yang teratur, namun pasangan bahagia mempunyai kebiasaan tertentu yang cukup sering mereka lakukan. Misalnya pada saat duduk bersama untuk menghitung tagihan sebulan sekali. Atau ketika menikmati teh bersama pada setiap sabtu sore dan masih banyak lagi.

9. Mengetahui sinyal dari pasangan

Pasangan yang bahagia selalu dapat membaca setiap sinyal yang dikirim oleh pasangannya, misalnya pada saat pasangan sedang membutuhkan perhatian ataupun dukungan. Jadi selalu perhatikan setiap detail yang tampak pada pasangan, terutama sebuah sinyal yang dikirimkannya pada saat dia sedang membutuhkan bantuan Anda.

10. Lakukan berbagai hal kecil yang berharga

Jangan hanya terfokus pada hal-hal besar yang sangat diinginkannya. Misalnya mengatakan bahwa Anda telah berhenti merokok, membayarkan tagihan dan mengajaknya untuk liburan. Hal-hal tersebut tidak akan membuatnya otomatis merasa bahagia. Jangan hanya menyebutkan hal-hal seperti itu, lakukan juga berbagai hal kecil seperti mengetahui kapan dia sedang membutuhkan sebuah pelukan, membuatkan masakan yang jadi kesukaannya sebagai sebuah kejutan dan banyak hal lainnya.

Itulah 10 tips simple agar pernikahan langgeng bahagia. Kuncinya bukan hanya pada hal-hal besar, tapi juga pada berbagai hal kecil yang dilakukan setiap harinya.

Terima kasih telah membaca artikel tentang tips agar rumah tangga harmonis dan langgeng, agar hubungan rumah tangga harmonis. Apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan, terima kasih.

Tags: Rumah Tangga Bahagia