12 TANDA RUMAH TANGGA TIDAK BAHAGIA

12 Tanda Rumah Tangga Tidak Bahagia – Banyak yang menyebutkan bahwa siapapun yang akan menikah dengan sebutan orang yang mengarungi bahtera rumah tangga. Itu dikarenakan pernikahan bagaikan orang yang akan mengarungi lautan. Saat masih di pelabuhan, lautan masih tenang, perbekalan banyak dan masih bisa melihat indahnya matahari terbit dan tenggelam di bibir pantai. Ini merupakan gambaran pengantin baru yang masih diliputi sejuta kebahagiaan. Saat kapal mulai berlayar, sang kapten kapal dengan navigatornya harus bekerja keras melewati berbagai macam badai dan cuaca. Ini ibarat bagi banyaknya masalah rumah tangga yang harus dihadapi oleh suami istri, jika keduanya tetap kompak dan bekerja keras, semua bada akan bisa dilewati. Karena tidak semua perjalanan penuh dengan badai, hanya sesekali saja.

keluarga tidak bahagia
Mengenali tanda rumah tangga tidak bahagia

Nah, bagaimana jika masalah datang terus menerus? Apakah itu masih layak disebut dengan rumah tangga bahagia? Inilah 12 tanda rumah tangga tidak bahagia.

1. Sering berdebat dan tidak ada rasa hormat

Wajar jika ada perbedaan pendapat, namanya juga 2 kepala yang berbeda. Tapi jika pasangan sering berdebat hampir setiap hari tanpa ada yang mau mengalah, itu adalah tanda yang cukup jelas bahwa ada yang berjalan tidak baik dalam pernikahan dan rumah tangga Anda. Perilaku kasar dan tidak menghormati adalah tanda lain dari pernikahan yang tidak bahagia. Beberapa pasangan bahkan menyebut pasangannya dengan panggilan yang tidak baik dan terkesan melecehkan, menyakiti dan menghina secara terus menerus. Beberapa tidak hanya saling mengutuk satu sama lain, mereka bahkan melempar benda-benda atau melakukan kekerasan satu sama lain. Hal ini juga dapat berdampak buruk bagi anak-anak jika mereka sudah mempunyainya.

2. Kurangnya komunikasi

Jika salah satu pasangan telah berhenti berkomunikasi sebagaimana biasanya dia berkomunikasi, ini  merupakan tanda yang jelas akan rasa tidak bahagia dalam rumah tangga dan pernikahan. Sementara beberapa pasangan memilih untuk masuk ke dalam adu argumen atau perdebatan, beberapa pasangan memilih berhenti untuk berkomunikasi dan menjaga jarak satu sama lain. Mereka berhenti berbagi pikiran dan perasaan mereka satu sama lain dan berhenti saling berkonsultasi tentang masalah pribadi atau rumah tangga. Pasangan dalam pernikahan dan rumah tangga yang tidak bahagia sering sibuk sendiri dengan berbagai hal lain untuk menghindari permasalahan yang sebenarnya.

3. Kebohongan atau menjaga rahasia dari satu sama lain

Salah satu ciri rumah tangga tidak bahagia adalah jika pasangan atau salah satunya menjadi terlalu tertutup tentang kegiatan mereka. Misalnya jika pasangan sering meninggalkan ruangan untuk percakapan telepon pribadi atau tiba-tiba mematikan telepon ketika pasangan muncul di depan mereka, itu adalah tanda untuk berhati-hati karena mungkin ada yang disembunyikan. Pasangan yang bahagia sering berbicara tentang rencana mereka untuk masa depan. Salah satu tanda-tanda pernikahan dan rumah tangga tidak bahagia adalah bahwa pasangan tidak lagi berbagi harapan dan impian masa depan dengan Anda.

keluarga tidak bahagia
Rumah tangga tidak bahagia, penuh kebohongan


4. Tidak Menghabiskan waktu dengan Anda

Jika pasangan Anda tiba-tiba mulai menghabiskan lebih banyak waktu dengan teman-temannya dengan teratur atau lebih sering daripada mereka menghabiskan waktu dengan Anda itu adalah tanda dari adanya masalah dalam hubungan Anda. Pasangan Anda bahkan dapat menemukan alasan untuk tetap terlambat pulang kerja hanya untuk menghindari kebersamaan dengan Anda. Sering melakukan perjalanan ke luar kota yang dibuat oleh satu pasangan atau keduanya, jam kerja diperpanjang, lebih banyak waktu yang dihabiskan secara terpisah dengan teman-temannya bisa menjadi tanda-tanda rumah tangga tidak bahagia. Jika Pasangan tiba-tiba mengembangkan hobi baru dan lebih memilih untuk menghabiskan waktu sendiri tanpa kebersamaan dengan Anda, itu adalah salah satu tanda bahwa rumah tangga Anda sedang dalam kesulitan. Orang seperti itu juga dapat menampilkan sikap lari dari kenyataan.

5. Kurangnya keintiman dan kasih sayang

Jika salah satu pihak tidak menunjukan tanda-tanda cinta atau kasih sayang seperti pelukan, ciuman atau pujian maka pernikahan telah kehilangan percikan hangatnya. Sering kali pasangan juga dengan perasaan puas membandingkan Anda dengan orang lain atau memuji orang lain di depan Anda. Bahkan sudah tidak lagi berpegangan tangan, elusan di punggung tidak lagi hadir dan mereka biasanya tidak akan tidur di ranjang yang sama juga. Kurangnya keintiman adalah salah satu indikator yang paling umum dari kurangnya hubungan emosional. Meskipun manisnya fase bulan madu tidak mungkin bisa berlangsung selamanya, tapi hilangnya semua bentuk ketertarikan atau kurangnya keintiman dengan pasangan mungkin merupakan tanda ketidakpuasan pernikahan dan rumah tangga tidak bahagia.

keluarga tidak bahagia
Hilangnya keintiman dan kasih sayang


6. Mengkonsumsi minuman keras atau narkoba

Beberapa orang cenderung berpikir bahwa mereka bisa menenggelamkan masalah mereka dengan minum atau menggunakan obat-obatan terlarang. Jika kebiasaan ini tiba-tiba sudah mulai menjadi kebiasaan salah satu pasangan, ini mungkin menjadi sebuah tanda pernikahan tidak bahagia.

7. Perselingkuhan

Terjadinya Perselingkuhan adalah tanda yang jelas bahwa pernikahan atau rumah tangga tidak bahagia. Ketika perselingkuhan terjadi, sangat sulit untuk pulih darinya karena sekali saja kepercayaan hilang, maka itu tidak bisa kembali dengan cepat. Seorang suami atau istri yang selingkuh merupakan indikasi yang jelas dari rumah tangga tidak bahagia. Anda bisa baca lebih jelas tentang hal ini dalam tulisan berjudul Tanda-Tanda Pria Selingkuh, meskipun demikian, tulisan tersebut juga bisa dijadikan tanda-tanda wanita selingkuh. Sebagai pencegahan dari terjadinya perselingkuhan Anda juga bisa membaca tuisan berjudul 6 Tips Aman Menghindari Godaan Selingkuh.

8. Bahasa tubuh

Bahasa Tubuh antara suami dan istri juga dapat menunjukkan jika pernikahan atau rumah tangga itu bahagia atau tidak. Bahasa tubuh yang buruk dan perilaku antara pasangan bisa menjadi indikasi pernikahan tidak bahagia.

9. Keegoisan dan tidak peduli untuk kebutuhan Pasangan

Ketika pernikahan dan rumah tangga tidak bahagia, maka akan tampak bahwa salah satu pasangan akan egois dengan perasaannya. Dia tidak akan peduli bahwa kegiatan mereka mengganggu orang lain atau tidak peduli dengan kebutuhan orang lain.

10. Depresi dan Kesepian

Jika salah satu pasangan menderita depresi atau menunjukkan tanda-tanda depresi,jelas bahwa dia tidak bahagia. Dia akan merasakan ketidakbahagiaan dalam pernikahan atau rumah tangganya jika dia merasa sendirian dalam penderitaan. Beberapa orang bahkan mungkin memiliki perasaan yang kuat tentang rasa penyesalannya tentang pasangan yang dipilihnya. Mungkin banyak juga yang berat badannya turun atau naik secara drastis karena sebagian orang ada juga yang makan lebih banyak atau makan lebih sedikit saat depresi.

keluarga tidak bahagia
Anak jadi korban rumah tangga tidak bahagia


11. Kehilangan Cinta atau memiliki harapan yang tidak realistis

Banyak yang memasuki pernikahan dengan harapan yang tidak realistis dan ketika mereka tidak mendapatkan harapannya atau tidak terpenuhi, rumah tangga jadi tidak bahagia. Ada juga kasus di mana pasangan yang mulanya jatuh cinta dan kehilangan rasa ketertarikannya pada pasangan.

12. Masalah lain

Terkadang masalah lain juga dapat menyebabkan ketidak bahagiaan dalam pernikahan dan rumah tangga seperti masalah keuangan atau tekanan pekerjaan. Ada juga yang dapat masalah yang berkaitan dengan hukum atau anak-anak. Saat masalah-masalah seperti ini timbul serta berlarut larut dan pasangan tidak bisa saling mendukung juga menghibur satu sama lain, maka ini merupakan tanda pernikahan tidak bahagia.

Itulah 12 tanda rumah tangga tidak bahagia. Perceraian memang bukan solusi terbaik, saatnya untuk berubah dan bersama-sama memperbaiki apa yang telah hilang selama ini. Jika Anda ingin mempertahankan ikatan pernikahan, mungkin sebagian tips dalam blog ini bisa membantu, seperti tulisan berjudul Cara Menghadapi Masalah Rumah Tangga dan 9 Tips Rumah Tangga Bahagia serta masih banyak tips lainnya. Semoga bisa memberi masukan yang bermanfaat!

loading...
Terima kasih telah membaca artikel tentang ingin bercerai karena tidak bahagia, rumah tanggaku tak bahagia. Apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan, terima kasih.

Tags: Rumah Tangga Bahagia