14 KAMPUNG UNIK DI INDONESIA (BAGIAN 2)

14 Kampung Unik Di Indonesia – Tulisan ini merupakan lanjutan dari tulisan sebelumnya dengan judul yang sama, yaitu tentang 14 kampung unik di Indonesia. Jika sebelumnya sudah di bahas mengenai 4 kampung unik, yang terdiri dari kampung pengemis, kampung PSK, kampung hujan dan kampung manusia kepiting. Sekarang fanind.com akan membahas 4 kampung unik lainnya yang termasuk sesuatu yang aneh dan unik di dunia dan terdapat di Indonesia. Bagi Anda yang belum membaca bagian pertama dari tulisan ini, silahkan baca terlebih dahulu 14 Kampung Unik Di Indonesia bagian pertama.

foto unik
Yang unik-unik di dunia juga terdapat di Indonesia
(Images source: forum.vibizportal.com)


5. Kampung Naga

Di daerah Tasikmalaya Jawa Barat, terdapat suatu daerah yang disebut Kampung Naga. Tepatnya di daerah Desa Neglasari, Kecamatan Salawu, Kabupaten Tasikmalaya. Keunikan kampung ini dibandingkan kampung lainnya adalah masyarakatnya yang masih memegang teguh adat istiadat Sunda warisan nenek moyangnya. Seperti halnya suku Badui di Banten, mereka menolak intervensi dari luar yang dapat merusak pelestarian budaya setempat. Bentuk rumah di kampung Naga harus panggung yang terbuat dari kayu dan bambu, atapnya dari ijuk, daun nipah atau alang-alang, lantai rumah juga mesti terbuat dari kayu atau bambu.

kampung naga
Rumah-rumah di Kampung Naga, Jawa Barat
(Foto dari: www.jabarprov.go.id)

Uniknya lagi, semua rumah harus menghadap ke arah utara atau selatan dan memanjang ke arah barat ataupun timur, dinding rumah terbuat dari anyaman bambu (bilik) dengan menggunakan motif anyaman sasag, selain itu, rumah juga tidak boleh diwarnai dengan cat, kecuali  memakai kapur dan tidak boleh menggunakan tembok. Di Kampung Naga juga diberlakukan adat yang melarang rumah dilengkapi dengan perabotan seperti kursi, meja atau tempat tidur.

6. Kampung Teletubies

Ini bukan film anak Teletubies yang penuh kontroversial itu. Tapi memang benar-benar nyata dan termasuk hal yang aneh dan unik didunia yang ada di Indonesia. Tempat ini terletak di Yogyakarta, tepatnya di daerah Dusun Ngelepen, Desa Sumberharjo, Prambanan, wilayah Sleman. Pemukiman di daerah ini termasuk daerah dengan rumah unik di Indonesia, layaknya rumah dalam film kartun Teletubies yang berbentuk setengah bulat seperti telur raksasa.

loading...
domes home
Kampung Teletubies di Ngelepen
(Foto dari: www.monolithic.com)

Cikal bakal dibangunnya pemukiman ini berawal saat gempa bumi besar yang melanda Yogyakarta pada tahun 2006 silam, banyak warga yang tinggal di daerah perbukitan yang direlokasi ke kawasan ini. Pemerintah Indonesia yang waktu itu bekerja sama dengan World Association of Non-governmental Organizations (WANGO) dan the Domes for the World Foundation (DFTW) membuat sebuah kampung baru dengan konsep rumah domes untuk para korban gempa yang direlokasi. HIngga saat ini perumahan domes di Indonesia hanya ada di daerah Dusun Ngelepen ini, rumah yang juga mirip dengan yang pernah kita lihat dalam film The Lord Of The Rings ini lebih dikenal sebagai rumah Teletubies oleh warga dibandingkan dengan nama rumah domes.

7. Kampung Keterbelakangan Mental

Di Ponorogo Jawa Timur ada sebuah kampung yang yang penduduknya banyak yang mengalami keterbelakangan mental. Tepatnya di Desa Patihan Pandak, dan Sidoharjo, Kabupaten Ponorogo. Kurang lebih ada sekitar 450 warga yang mengalami keterbelakangan mental. Kondisi ini sudah terjadi sejak tahun 1970 lalu, menurut Dinas Kesehatan Kabupaten Ponorogo hal ini disebabkan oleh kekurangan gizi akibat kemiskinan, terutama kekurangan iodium.

idiot
Kampung keterbelakangan mental
(Foto dari: news.okezone.com)

Untuk memutus generasi keterbelakangan mental ini, Pemkab Ponorogo dan Dinas Kesehatan setempat terus melakukan sosialisasi akan pentingnya perbaikan gizi yang disertai dengan pemberian bantuan garam beriodium  pada semua warga juga pemberian santunan.

8. Kampung Pemakan Tanah

Tanah dijadikan kerajinan tangan ataupun dibuat menjadi genting juga bata merah mungkin tidak aneh lagi dalam benak kita. Tapi kalu tanah dijadikan makanan mungkin sebagian pembaca fanind.com masih ada yang bertanya-tanya. Hal ini merupakan sesuatu yang lazim di sebuah desa yang terdapat di Tuban, Jawa Timur. Masyarakat disana banyak membuat makanan dari tanah yang disebut dengan Ampo Snack Cream, mereka percaya bahwa makanan ringan ini berkhasiat dan bisa dijadikan obat.

makanan unik
Ampo Snack Cream, terbuat dari tanah
(Foto dari: www.odditycentral.com)

Memang tidak ada campuran khusus ataupun resep ajaib dalam membuat makanan dari tanah ini. Mereka hanya mencari tanah yang bersih dan bebas kerikil di sawah kemudian dimasukkan pada cetakan tertentu dan di bakar selama kurang lebih satu jam. Makanan ringan dari tanah seperti ini banyak ditemukan di pasar di daerah ini. Kampung Pemakan tanah ini merupakan salah satu hal yang unik dan yang aneh di dunia, dan hanya terdapat di Indonesia.

Itulah bagian kedua dari tulisan yang berjudul 14 Kampung Unik Di Indonesia. Dengan demikian sudah ada 8 kampung unik yang fanind.com bahas, berarti masih ada 6 kampung unik lainnya yang akan dibahas pada postingan berikutnya. Bersambung… ^_^

Terima kasih telah membaca artikel tentang desa unik di jawa timur, kampung aneh ditasikmalaya. Apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan, terima kasih.