14 KAMPUNG UNIK DI INDONESIA

14 Kampung Unik Di Indonesia – Banyak tempat tempat anehdi dunia yang belum terekpos secara luas. Baik tempat unik yang mebuat kita geleng-geleng kepala ataupun tempataneh dan unik di dunia yang membuat bulu kuduk merinding. Ternyata hal hal aneh didunia ini bukan hanya berada di mancanegara, namun di Negara kita sendiri. Banyak hal unik dunia yang tersebar di Indonesia, salah satunya adalah kampung unik. Kampung unik atau kampung aneh yang berbeda dengan kebanyakan kampung atau desa pada umumnya. Tulisan fanind.com kali ini mencoba untuk mengupas beberapa tempat atau kampung yang memilki ciri khas yang unik. Berikut ini adalah 14 Kampung Unik Di Indonesia, diantaranya:

pemandangan unik
Tempat aneh dan unik di dunia
(Images source: listverse.com)

1. Kampung Pengemis

Di Jakarta ada sebuah daerah yang disebut dengan Kampung Pengemis. Daerah ini tepatnya terletak di daerah Kebon Singkong, Klender, Jakarta Timur. Ada sekitar 3 RW yang berada di kawasan Kebon Singkong ini. Disebut Kebon Singkong karena dulunya merupakan hamparan Kebun Singkong, namun sekarang sudah tidak ada lagi kebun singkong, yang ada hanya pemukiman padat pendudukdan rumah-rumah petak khas kontrakan. Kawasan Kebon Singkong banyak dihuni para pengemis, sehingga lebih dikenal dengan Kampung Pengemis. Kebanyakan mereka adalah pendatang yang berasal dari daerah Indramayu.

pengemis unik
Ilustrasi pengemis kaya, pemalas dengan wajah memelas
(Foto dari: vertigo.pblogs.gr)

Menurut salah seorang warga pemilik kontrakan, Hanson, biasanya ratusan pengemis datang pada bulan Ramadhan. Kebanyakan pengemis beraksi di daerah Jatinegara dan Menteng. Mereka mengontrak rumah petak di Kampung Pengemis. Masih menurut Hanson, salah seorang pengemis yang mengontrak di di kontrakannya pernah bilang bahwa kalau lagi apes, penghasilanmereka hanya200 ribu rupiah per hari. Tapi umumnya mereka bisa dapat uang dari hasil mengemisnya sekitar 500 ribu hingga 600 ribu per hari”. Hanson juga  mengaku pernah melihat rumah-rumah para pengemis ini saat hadir pada kondangan warga setempat yang mengadakan acara khitanan anaknya di sekitar daerah Haur Geulis, Indramayu. Saat datang ikut ke acara hajatan, di sana ia ditunjuki rumah para pengemis yang biasa ngontrak di wilayah Kebon Singkong. Yang membuat Hanson terkejut, ternyata rumah mereka cukup megah dan rapi, perabotannya juga sangat mewah, bahkan ada yang punya kolam renang dan kamar mandi memakai bathtub segala. Mau beralih profesi setelah membaca ini?? ^_^

 

2. Kampung Kepiting

Beberapa waktu yang lalu SCTV pernah memberitakan bahwa di sebuah dusun yang bernama Ulutaue, desa Mario Kecamatan Mare, Bone (Sulawesi Selatan) terdapat penduduk sekampung yang mengalami kelainan pada jari kaki dan jari tangan. Penduduk disana baik anak-anak, dewasa, tua ataupun muda memilki jari yang terbelah dan mirip dengan capit kepiting. Warga kampung yang kebanyakan berprofesi sebagai nelayan ini menganggap hal ini sebagai kutukan yang bepangkal pada garis keturunan yang sama. Warga sekitar menyebut kampung ini sebagai kampung manusia kepiting.

mutan kepiting
Kampung manusia kepiting di Ulutaue
(Foto dari: www.ceritadunia.com)

3. Kampung Hujan

Namanya Desa Kwatisore. Dinamakan demikian karena penduduk kampung atau Desa ini selalu merasa khawatir jika waktu sore tiba, penyebabnya adalah setiap sore di kampung ini selalu saja turun hujan meskipun saat itu sedang musim kemarau. Benar-benar kampung yang aneh.

 

Kampung unik ini terletak di daerah Taman Nasional Teluk Cendrawasih, wilayang Nabire, Papua. Kampung ini bebas asap kendaraan bermotor, karena tidak ada satupun kendaraan bermotor di Kampung ini sehingga udaranya begitu bersih dan bebas polusi, kampung unik ini juga terlihat begitu bersih dan rumah penduduk tersusun dengan rapi dengan banyaknya bunga anggrek khas Papua yang ditanam di pekarangan rumah, penduduk mengambil sendiri anggrek ini di hutan.

desa unik kwatisore
Suasana salah satu pojok Desa Kwatisore
(Foto dari: travel.detik.com)

Mayoritas warga kampung ini berprofesi sebagai nelayan tradisional. Uniknya lagi banyak warga Kampung ini yang menjadikan rusa dan buaya sebagai hewan peliharaan. Pada malam hari, desa ini gelap gulita karena listrik yang masih terbatas. Di kampung ini terdapat suatu bangunan yang biasa dikunjungi semua warga di saat malam hari untuk berkumpul dan nonton TV bersama-sama, di tempat ini mereka membangun keakraban dan kebersamaan dengan sesama warga.

4. Kampung PSK

Jika prostitusi terdapat di sebuah wilayah atau tempat lokalisasimungkin sering kita dengar. Tapi kalau prostitusi rumahan mungkin kita jarang dengar? Mengutip berita dari indosiar.com, bahwa ada tiga daerah di 3 kecamatan di Subang yang ditenggarai sebagai lokasi prostitusi tersembunyi yang dilakukan di rumah-rumah warga Kecamatan Ciasem, Pagaden dan Cipunegara. Praktek prostitusi ini hanya dilakukan sebagian warga saja, jadi para pendatang tidak mudah mengetahui lokasi yang digunakan untuk berbuat mesum ini. Secara sekilas, perkampungan ini terlihat seperti perkampungan biasa, tidak memilki ciri khusus sebagai tempat prostitusi atau kampung pelacur. Walaupun aparat Pemda setempat mengancam akan menindak tegas warganya jika ketahuan melakukan hal ini, namun tetap saja sulit diberantas karena hal ini sudah berlangsung lama.

pelacur
Ilustrasi PSK, selalu bermotif ekonomi
(Foto dari: www.seruu.com)

Pemilik rumah di kampung PSK ini menyediakan pelacur untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Mereka tega menjual anak sendiri sebagai PSK. Masih menurut hasil investigasi yang ditulis di indosiar.com dengan judul prostitusi rumahan, disebutkan bahwa di wilayah ini, perbuatan orang tua seperti itu merupakan suatu kebanggaan tersendiri dan persaingan dengan para tetangga. Apalagi jika tamu yang datang berasal dari kota besar seperti Bandung dan Jakarta. Wanita penghibur yang disediakan bukan hanya anak sendiri, tapi juga tetangga atau kerabatnya.

 

Itulah 4 dari 14 kampung unik di Indonesia yang termasuk hal aneh dan unik di dunia yang ada di Indonesia, khususnya tempat aneh alias kampung unik yang ada di Negara kita. Karena jari-jari sudah pegel untuk terus mengetik hehe…, maka tulisan ini akan dilengkapi pada postingan-postingan selanjutnya, masih ada 10 kampung unik lagi yang akan dibahas oleh fanind.com pada artikel mendatang. Bersambung kampung unik di Indonesia bagian dua.

loading...
Terima kasih telah membaca artikel tentang kampung psk, kampung unik. Apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan, terima kasih.