17 TIPS SEDERHANA RUMAH TANGGA ISLAMI BAHAGIA

17 Tips Sederhana Rumah Tangga Islami Bahagia – Setiap istri tentu saja mendambakan suami yang selalu membimbingnya & senantiasa mengajaknya berjalan lurus agar selalu menuju kebenaran. Karena itulah banyak diantara wanita yang memilih pria yang dalam hidupnya mengutamakan Allah, dengan begitu sang pria diharapkan bisa menjadi imam terbaik di dalam rumah tangganya. Hubungan yang erat dan juga tanpa ada rasa egoisme yang tinggi juga jadi salah satu keinginan dari pasangan.

Pasalnya apabila hidup memiliki tujuan & saling menjaga hubungan, maka diharapkan rumah tangga akan terasa aman & nyaman. Oleh karena itu diharuskan suami istri perlu saling memiliki rasa ikhlas untuk saling membahagiakan. Lantas bagaimana cara Islami agar dapat menjaga hubungan suami istri agar semakin erat? Tentu saja banyak, seperti menjaga hak & kewajiban antara satu sama lain & yang paling penting selalu taat pada Allah & Rasul-Nya. Namun ada juga beberapa cara atau tips sederhana agar hubungan antara suami & istri semakin erat, keluarga bahagia & rumah tangga harmonis. Berikut 17 tips sederhana rumah tangga Islami bahagia yang ada kaitannya dengan akhlak suami istri sehari-hari.

17 Tips Sederhana Rumah Tangga Islami Bahagia

Image: pinterest.com

Cium tangan

Cium tangan suami saat akan pergi kerja merupakan salah satu cara untuk dapat membuat hubungan jadi tetap hangat & cium dahi istri setiap kali sebelum Anda berangkat ke tempat kerja masing-masing. Ini merupakan hal yang sangat baik Anda lakukan untuk membuat hubungan rumah tangga Islami makin harmonis.

Memberi pelukan

Apabila Anda atau pasangan mempunyai tugas keluar kota lebih dalam waktu dari satu hari maka cobalah untuk memberi pelukan lebih lama dan cium pada pasangan agar pasangan yang akan ditinggalkan tetap punya rasa yang aman dan tenang. Baca juga: Manfaat Ajaib Pelukan Bagi Kebahagiaan Pasangan.

Luangkan waktu

Selalu luangkan waktu Anda untuk menelpon ataupun mengirim pesan pada pasangan walaupun sesibuk apapun. Setidaknya tanyakan pada dia sedang apa dan apakah sudah makan atau belum. Hal tersebut mampu mempererat hubungan Anda dengan pasangan karena dia senantiasa mendapatkan perhatian dari Anda.

Ucapkan I Love U

Jangan lupa saat Anda akan meninggalkan pasangan untuk pergi bekerja atau ketika akan tidur selipkan dulu tiga kata sakti ini ‘I Love You’ atau ungkapan cinta lainnya. Lakukanlah dengan sepenuh hati supaya pasangan merasa bahagia.

Makan berdua

Luangkanlah juga waktu untuk dapat makan bersama, namun pastikan Anda mengambil waktu yang pas & tepat agar bisa menikmati makan siang atau akan malam dengan aman & bahagia.

Tanya kegiatannya

Biasakan bertanya setiap kali pasangan sudah santai setelah pulang dari kerja. Tanyakanlah bagaimana perasaannya saat ditempat kerja & hal apa saja yang membuatnya terasa lelah, dan pekerjaan apa saja yang sangat  memberatkannya. Dengan demikian moment tersebut akan menjadi luapan pasangan & menceritakan apa saja keluh kesahnya dengan Anda. Cara seperti ini dapat mengeratkan hubungan antara Anda dan pasangan.

Cerita sebelum tidur

Luangkanlah waktu untuk bercerita mengenai rumah tangga dan juga cerita lainnya ketika sebelum tidur.

Belajar memaafkan

Jangan biarkan pertengkaran antara Anda dengan pasangan terus berlarut-larut. Berikanlah kata maaf pada pasangan Anda saat dia melakukan kesalahan. Dengan demikian hubungan akan erat & harmonis.

Temani pasangan

Temani pasangan Anda ketika dia menonton acara TV kesukaannya, karena pasangan Anda sangat memerlukan kebersamaan.

Tidur bersama

Jangan sekali kali Anda memilih untuk tidur secara terpisah dari pasangan. Meskipun Anda harus menidurkan anak Anda dulu, Anda harus tetap kembali  ke tempat tidur pasangan sesudah anak tidur lelap. Karena ini adalah hal penting yang akan membuat  suami istri selalu merasa nyaman.

Shalat berjamah di rumah

Amalkan shalat berjamaah di rumah sendiri, tak harus shalat fardu jika suami selalu pergi ke masjid saat shalat 5 waktu. Banyak shalat sunnah yang bisa dikerjakan berjamaah, setelah itu berdo’a dan istri wajib untuk mencium tangan suami sesudah shalat atau sesudah berdzikir. Dengan demikian rumah tangga Islami Anda akan selalu disinari dengan rahmat Allah dan juga senantiasa bahagia.

Selalu memasak di rumah

Biasakan untuk selalu menyiapkan makanan atau memasak untuk suami agar suami Anda merasa bahwa Anda merupakan istri terbaik. Dan biasakanlah untuk sesekali saling suap makanan agar hubungan Anda tetap erat serta tidak merasa berjarak.

Berikan kejutan

Sekali-kali berikanlah kejutan pada pasangan, misalnya memberikan kado atau merencanakan sesuatu yang tidak terduga pada hari tertentu saat Anda bersama pasangan. Cobalah untuk memakai pakaian atau busana yang menurut pasangan Anda cocok untuk memakainya. Baca juga: Tips Memilih Kado Untuk Pasangan.

Bercanda

Hal lainnya ang dapat Anda lakukan adalah saling bercanda saat didalam rumah. Ceritakan sesuatu yang akan membuat Anda & pasangan tertawa bahagia ataupun mungkin bisa juga memberi teka teki yang perlu dijawab oleh pasangan. Dijamin hubungan antara Anda dan pasangan akansemakin  erat serta bahagia.

 

Mengenang pengorbanan masing masing

Sentiasa menngenang pengorbanan masing-masing juga perlu dilakukan, misalnya seperti sulitnya istri saat melahirkan & betapa susahnya suami dalam bekerja keras mencari nafkah untuk dapat menghidupi keluarga. Dengan adanya kenangan seperti itu akan mampu menyadarkan Anda & pasangan tentang betapa sulitny Anda dalam menghadapi biduk rumah tangga ini dari awal agar selalu harmonis sampai saat ini.

Merubah penampilan

Usahakan untuk bisa mengubah penampilan sesekali didepan pasangan agar dia tidak merasa jenuh melihat Anda, lakukanlah hal positif lainnya pada penampilan agar membuat Anda & pasangan merasa nyaman.

Jangan lari dari masalah

Di saat masalah datang, janganlah berusaha untuk lari dari masalah. Namun berterus teranglah serta cari cara untuk dapat menyelesaikannya bersama-sama. Jadi tidak akan ada yang merasa tersakiti antara satu sama lain. Baca juga: Ternyata Pertengkaran Dalam Rumah Tangga Punya Manfaat Ini.

Nah itulah 17 tips sederhana rumah tangga Islami bahagia. Untuk Anda yang ingin memiliki kehidupan rumah tangga harmonis dan juga memiliki hubungan yang erat, coba praktekan beberapa hal sederhana diatas selain berbagai ajaran pokok Islam tentang berumah tangga yang sudah Anda ketahui. Ingat bahwa surga seorang istri itu ada pada ridho suami, dan seorang suami harus mendidik, menjaga, melindungi serta membahagiakan istrinya.

loading...
Terima kasih telah membaca artikel tentang rumah tangga islami, suami soleh. Apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan, terima kasih.

Tags: Rumah Tangga Bahagia Tips Istri Cerdas