3 FAKTA ILMIAH KENAPA WAJAH YANG BERJODOH ITU MIRIP

Ada 3 fakta ilmiah kenapa wajah yang berjodoh itu mirip dan Anda harus tahu mengenai hal ini. Pernah tidak melihat suami istri yang wajahnya terlihat begitu mirip? Meskipun kadang bentuk wajah mereka ada yang tidak terlalu mirip, namun ada aura yang begitu tampak mirip satu sama lain. Walau tidak seperti pinang dibelah dua, hanya saja saat melihat keduanya sepertinya ada kemiripan yang begitu kental.

Menurut penuturan para psikolog, ada alasan yang masuk akal kenapa wajah pasangan suami istri bisa begitu mirip antara satu sama lain. Wah, menarik bukan. Yuk, ikuti penjelasan detail mengenai 3 fakta ilmiah kenapa wajah yang berjodoh itu mirip.

Makin Sering Bersama-Sama Maka Akan Makin Mirip Satu Sama Lain

Seperti yang pernah dilansir dari website newhealthadvisor.com, bahwa menurut sejumlah penelitian ahli psikologis, semakin seringnya pasangan menghabiskan waktunya bersama-sama, semakin mirip juga mereka satu sama lain. Hal tersebut karena kebiasaan mereka yang saling menyatu & mempengaruhi satu sama lain.

3 fakta ilmiah kenapa wajah yang berjodoh itu mirip

Image: www.shutterstock.com

Sebagai pasangan, tentu ada banyak pengalaman & momen yang banyak dihabiskan bersama. Mulai dari mengerjakan rutinitas harian bersama sampai soal makanan yang sering dinikmati bersamaan. Pengalaman-pengalaman seperti itu mengubah diri pasangan tersebut sedikit demi sedikit. Apalagi ada sebuah kecenderungan diri seseorang untuk dapat meniru atau mengikuti kebiasaan dari orang yang dicintai. Semakin banyaknya moment kesamaan soal kepribadian & keseharian, maka akan semakin miriplah satu sama lain.

Dari Awal Memang Mencari Yang Mirip

Saat Kita mencari pasangan, sering Kita tidak menyadari jika Kita mencari seseorang yang mempunyai persamaan dengan diri Kita (meskipun tidak harus yang sama persis). Tidak terkecuali juga soal wajah & penampilan. Biasanya Kita akan melihat salah seorang yang mempunyai kemiripan dengan Kita itu menarik ataupun atraktif. Otak Kita mempunyai asosiasi tersendiri bahwa berbagai hal yang simetris tersebut menarik. Sehingga, pada saat Kita melihat seseorang yang memiliki sedikit kemiripan dengan Kita, maka kita akan mudah untuk jatuh hati padanya.

Sebagian wanita bahkan diantara mereka ada yang sengaja mencari pasangan yang memang mirip dengan figur ayahnya. Jika sudah begini, jelaslah bahwa yang dicari adalah seseorang yang juga sedikit mirip dengannya. Jika dari awal memang telah menemukan yang mirip, maka di saat sudah menjadi suami istri maka kemiripan itu akan semakin kuat.

Emosi yang Dirasakan Bisa Merubah Karakter Wajah

Seorang psikolog sosial, bernama Robert Zajonc mencetuskan mengenai konsep social facilitation di tahun 1965. Konsep tersebut yang jadi jawaban mengapa banyak pasangan suami istri yang wajahnya memang bisa mirip satu sama lain.

Social Facilitation merupakan tindakan menunjukkan emosi ataupun reaksi yang berbeda di saat Kita sendirian & di saat kita sedang dengan orang lain. Karena manusia memiliki rasa empati, tidak jarang jika emosi & reaksi yang ditunjukkannya disesuaikan juga dengan orang di dekatnya.

Otot-otot tubuh juga dapat berkembang ataupun berubah sesuai dengan fungsinya. Sebagai contoh saja, pasangan yang seringkali tertawa bersama akan mempunyai pola kerutan yang sama di area wajahnya. Kalau keduanya sama sama suka mengobrol, maka struktur pada pipinya akan ikut berubah juga. Emosi yang Kita rasakan tiap hari bersama dengan pasangan tercinta akan mempengaruhi ekspresi yang terpancar dari wajah. Baik itu emosi seperti marah, stres, cemas, ataupun bahagia, semua itu dapat membuat aura di wajah jadi berbeda. Baca juga: Studi Ilmiah: Cocoknya Jodoh Identik Dengan Miripnya Gen.

Itu tadi penjelasan mengenai 3 fakta ilmiah kenapa wajah yang berjodoh itu mirip dan semakin mirip saja dari waktu ke waktu. Nah, kira-kira Anda sendiri bagaimana? Apakah memiliki kemiripan khusus juga dengan pasangan?

loading...
Terima kasih telah membaca artikel tentang jodoh wajah mirip menurut islam, jodoh menurut kemiripan wajah. Apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan, terima kasih.