4 HAL YANG AKAN MERAMPAS SETIAP MANUSIA

4 Hal Yang Akan Merampas Setiap Manusia – Mungkin kita sering melupakan 4 hal ini, padahal siapapun tidak akan ada yang bisa terlepas darinya. Saat mereka merampas semua hal paling berharga yang kita miliki, semuanya sudah terlambat dan kita tidak mungkin dan tidak akan pernah bisa kembali untuk mengulangnya. Saatnya belajar bersama untuk mempersiapkan segalanya sebelum keempat rampok ini tanpa rasa belas kasih merampas semuanya.

 

sandera
4 hal yang merampas
(Image from: www.123rf.com)

Tulisan fanind.com kali ini merupakan nasihat untuk diri saya sendiri yang di dapat dari kitab Nashaih Al-‘Ibad Karya Syaikh Nawawi. Buku penuh makna yang sangat penting untuk dipelajari karena memuat berbagai nasihat untuk kita agar sukses dan berkah menjalani hidup di dunia serta tidak lupa akan datangnya alam akhirat.

Ada 4 hal yang akan merampas setiap manusia. Yang satu tidak bisa bisa dihindari, sedangkan tiga lainnya tergantung kita memperlakukannya. Mari kita bahas penjelasan singkatnya satu per satu.

 

1. Malaikat Izrail Merampas Jiwa

Siapa yang tidak tahu dengan makhluk Allah yang satu ini, malaikat pencabut nyawa yang banyak ditakuti. Sebuah hadits yang diriwayatkan Ibn ‘Abbas menyebutkan bahwa malaikat Izrail menemui kita dalam sehari semalam sebanyak tujuh puluh kali. Semua orang akan ‘dirampok’ oleh malaikat Izrail. Karena tidak ada yang tahu kapan ajal kita tiba. Saya selalu mengibaratkan kematian itu seperti buah kelapa. Biasanya kelapa yang terjatuh itu karena sudah tua dan warnanya kecoklatan. Tapi kadang kelapa yang masih kecil atau kelapa muda juga jatuh, entah karena angin, petir, digigit tupai ataupun hal lainnya. Demikian juga manusia, lazimnya yang meninggal itu yang sudah tua, namun karena banyak hal seperti penyakit, terbunuh, kecelakaan ataupun lainnya, kematian juga tidak mengenal  dan memilih usia. Oleh sebab itu kita harus selalu mempersiapkan diri dengan bekal amal shalih agar saat malaikat Izrail datang ‘merampas’ nyawa kita tidak ada yang perlu ditakutkan.

 

sakratul maut
Ilustrasi Sakratul Maut
(Image from: www.fanpop.com)

Mungkin kita sering menyaksikan orang yang meninggal tiba-tiba atau mendengar kisah kematian semacam itu. Ada yang sedang mencangkul disawah, sedang nonton TV, sedang olahraga, sedang shalat, sedang membaca Al-Quran, di depan komputer, di pasar bahkan sedang berbuat maksiat, padahal semuanya dalam keadaan sehat. Apakah mereka tahu bahwa tiba-tiba malaikat ‘Izrail akan datang dan tak memberi lagi kesempatan?, tentu tidak ada yang tahu dan setelah itu yang ada hanyalah kehidupan abadi, coba bayangkan kita tidak akan lagi mengalami kematian, hanya ada dua pilihan, menjalani hari-hari penuh kenikmatan yang tidak akan pernah membosankan di surga atau menjalani hari penuh siksa dan penderitaan di neraka. Yuk, belajar menyiapkan diri dari sekarang, jangan sampai nyawa kita ‘dirampas’ dalam keadaan bermaksiat.

2. Ahli Waris Merampas Harta Benda

Saat kita meninggal tentu kita mempunyai ahli waris yang berhak memiliki seluruh harta kita. Mau tidak mau harta yang kita kumpulkan selama ini akan berpindah tangan dan ‘dirampas’ oleh anak, istri/suami, saudara atau kerabat. Jika ahli waris kita adalah orang-orang yang shaleh, tentu harta yang kita wariskan akan digunakan untuk kebaikan, mungkin juga aka nada yang di sedekahkan atas nama kita agar pahala terus mengalir walaupun kita telah tiada. Tapi jika ahli waris kita adalah orang yang tidak baik, tentu harta yang kita wariskan juga akan habis dipakai untuk keburukan. Betapa sia-sianya kita mengumpulkan harta sewaktu hidup, namun saat meninggal ‘dirampas’ dan digunakan untuk berfoya-foya atau untuk keburukan dan kejahatan.

 

liang kubur
Ahli waris yang baik, selalu mendo’akan
(Foto dari: gubukaziz.blogspot.com)


3. Belatung Akan Merampas Jasad

Wajah cantik dan tampan yang selalu jadi kebanggan saat masuk kubur menjadi santapan belatung dan organisme lainnya di dalam tanah. Cacing dan binatang tanah lainnya mengigit dan menggerogoti tubuh, ‘merampas’ semua kulit dan daging kita. Padahal saat di dunia ada noda sedikit saja di wajah, kita ‘poles’ habis-habisan, tapi saat di dalam kubur apa yang bisa kita lakukan?, hanya terbujur kaku dan tidak berdaya saat belatung dan organisme tanah menghabiskan tubuh kita. Memang ada jasad yang tidak hancur, bahkan belatungpun tidak berani menyentuhnya. Ada 10 macam manusia yang jasadnya tidak hancur dan dijaga Allah dari kerusakan di dalam kubur. Insya Allah akan saya bahas dalam postingan tersendiri di lain waktu, dintaranya jasad para Nabi, orang yang hafal Al-Quran, yang meninggal pada hari Jum’at atau malamnya. Namun ada juga yang jasadnya tidak rusak karena menerima siksa hingga bumi tidak mau menerimanya seperti jasad Fir’aun.

 

liang kubur
Jasad akan dimakan tanah
(Foto dari: abusyakirin.wordpress.com)


4. Orang Yang Terzhalimi Akan Merampas Amal Baik

Sebaiknya kita hati-hati dengan perbuatan zhalim. Baik itu zhalim berupa perbuatan seperti memukul, menampar, mencuri, membunuh dan lain-lain, ataupun zhalim secara lisan seperti membicarakan keburukan orang lain (ghibah) di belakangnya, mencela ataupun lainnya. Karena kelak di akhirat saat amal kita diperhitungkan akan ada yang merampasnya. Orang-orang yang pernah kita zhalimi dan sakiti tanpa pernah dimintai maafnya sewaktu hidup akan merampas amal baik kita. Amal baik kita selama di dunia diberikan pada orang yang kita zhalimi, jika amal kita telah habis namun orang yang pernah kita zhalimi masih banyak, maka amal buruk mereka akan diberikan pada kita. Rasulullah menyebut orang seperti ini dengan sebutan ’muflis’.  Muflis adalah orang yang bangkrut karena amalnya dirampas oleh orang-orang yang pernah dizhaliminya. Sabda Nabi SAW:

 

berkelahi
Perbuatan zhalim akan ditagih
(Image from: www.popgive.com)


“Sungguh orang yang bangkrut dari golongan umatku adalah orang yang datang pada hari kiamat dengan membawa pahala shalat, puasa, dan zakat. Namun dia juga datang dengan membawa dosa kezhaliman. Dia pernah mencerca si ini, menuduh tanpa bukti terhadap si itu, memakan harta si anu, menumpahkan darah orang ini dan memukul orang itu. Maka sebagai tebusan atas kezhalimannya tersebut, diberikanlah di antara kebaikannya kepada si ini, si anu dan si itu. Sehingga jika kebaikannya telah habis dibagi-bagikan kepada orang-orang yang dizhaliminya, sementara belum semua kezhalimannya tertebus, maka diambillah kejelekan/kesalahan yang dimiliki oleh orang yang dizhaliminya lalu ditimpakan kepadanya, kemudian dia dicampakkan ke dalam neraka.” (HR. Muslim)

Demikianlah penjelasan singkat tentang 4 Hal Yang Akan Merampas Setiap Manusia. Yang tidak bisa dihindari adalah datangnya malaikat ‘Izrail untuk mencabut nyawa, sedangkan tiga sisanya tergantung amal kita. Semoga kita selalu dalam lindungan Allah..

 

Jika Anda mempunyai tambahan tentang materi ini, silahkan berkomentar dibawah untuk perbaikan. Terimakasih!

 

——————————————————

Tiada hari tanpa kebaikan dan perbaikan ^_^

Terima kasih telah membaca artikel tentang apa yg di sukai oleh para pria pada wanita, kajian islam tentang pernikahan. Apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan, terima kasih.
loading...