5 ADAB WALIMAH DALAM PERNIKAHAN ISLAMI

Ada 5 adab walimah dalam pernikahan Islami yang harus Anda ketahui. Walimah atau resepsi pernikahan adalah prosesi yang wajib ada di dalam aebuah pernikahan islam. Nah, di dalam rangka persiapan resepsi pernikahan islam, Anda harus mengetahui poin-poin penting adab walimah nikah menurut syariat islam.

Resepsi pernikahan sendiri merupakan sebuah tradisi yang diajarkan langsung oleh Rasulullah Muhammad SAW. Pada saat pernikahan putrinya, Rasulullah pernah bersabda, “Sesungguhnya dalam perkawinan harus diadakan walimah”. Di dalam menyelenggarakan sebuah acara resepsi pernikahan, perlu diperhatikan beberapa adab agar acara resepsi pernikahan yang Anda laksanakan berjalan dengan baik sesuai dengan tuntunan syariat islam. Berikut ini adalah beberapa adab walimah dalam pernikahan Islami yang perlu diketahui.

adab walimah dalam pernikahan Islami

Image: detikmuslim.blogspot.com

Niat Menjalankan Sunnah Rasul

Pertama, memiliki niat bahwa acara walimah nikah yang akan Anda selenggarakan merupakan sebuah ajang untuk melaksanakan tuntunan sunah Rasul dan sekaligus memberi makan kepada banyak orang. Niat melaksanakan walimah yang benar ini tentunya akan dihitung menjadi amal shaleh Anda.

Tidak Membeda-Bedakan Tamu Undangan

Dalam mengundang banyak orang yang datang di dalam sebuah acara walimah, Anda tidak boleh untuk membeda-bedakan tamu undangan. Artinya, baik orang kaya ataupun miskin, selama mereka merupakan kerabat, tetangga dan juga sejawat seagama, maka mereka harus diundang. Baca juga: Hukum-Hukum Walimah Nikah (Lengkap).

loading...

Dan acara walimah yang cuma dihadiri oleh para orang kaya saja akan mengakibatkan hidangan pada walimah yang Anda sajikan dianggap sebagai hidangan yang buruk. Rasulullah Muhammad SAW pernah bersabda, “Seburuk buruknya hidangan ialah makanan walimah, yang diundang untuk menghadirinya cuma orang-orang kaya, sedangkan orang orang yang fakir tidak diundang…” (HR Bukhari-Muslim).

Memisahkan Tamu Laki-Laki & Perempuan

Adab walimah pernikahan selanjutnya yang juga harus ketahui adalah adanya sebuah aturan untuk memisahkan antara para tamu undangan laki-laki dan para tamu perempuan. Jadi, teknisnya, tamu undangan wanita hanya memberikan selamat kepada mempelai wanita dan tamu undangan pria memberi ucapan selamat pada pengantin pria saja.

Hindari Lagu Yang Membuat Lupa Pada Allah

Selanjutnya, di dalam acara walimah nikah juga tidak diperkenankan memutar berbagai lagu ataupun menghadirkan penyanyi yang hanya membuat lupa pada Allah, lebih jauh lagi apabila menimbulkan maksiat, seperti pamer aurat dan sebagainya. Hiburan walimah seperti nasyid-nasyid islamiyah yang liriknya berisi nasihat serta tidak membuat orang terlena bisa Anda tampilkan untuk hiburan.

Jangan Memaksakan Diri

Selanjutnya, selenggarakanlah acara walimah yang sesuai dengan kemampaun ekonomi atau finansial Anda. Tidak ada sebuah keharusan bahwa menggelar acara walimah harus secara mewah. Di dalam HR Al-Bukhari no. 5167 dan juga HR Muslim no. 3475, disebutkan bahwa Rasulullah SAW berkata “Selenggarakanlah walimah meskipun dengan hanya menyembelih satu ekor kambing.” Hal tersebut menjadi petunjuk bahwa bahwa walimah bisa saja dilaksanakan meskipun dengan sederhana saja & dengan hidangan seadanya.

Itulah 5 adab walimah dalam pernikahan Islami. Tentu saja mungkin ada beberapa adab lainnya yang harus dipatuhi oleh setiap individu, tentu kaum muslimin sudah maklum jika mengenai hal yang berkaitan dengan halal haram.

Terima kasih telah membaca artikel tentang adab walimah, adab menikah. Apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan, terima kasih.

Tags: walimah nikah