5 ALOKASI RINCIAN BIAYA PERNIKAHAN YANG PENTING

Sedikitnya ada 5 alokasi rincian biaya pernikahan untuk calon pengantin. Karena pesta pernikahan tentunya merupakan salah satu momen yang paling Anda tunggu dalam hidup ini. Tapi Anda juga harus hati-hati, bisa jadi dikarenakan Anda terlalu bersemangat untuk mengatur pesta nikah yang mengesankan, anggaran yang Anda buat malah membengkak.

Berikut ini adalah tips cerdas agar pernikahan Anda tetap menjadi sebuah moment yang tak terlupakan tanpa perlu dibebani oleh masalah keuangan. Pastikan 5 alokasi rincian biaya pernikahan ini sudah Anda anggarkan.

rincian biaya pernikahan

Image: www.weddinggirl.ca

Biaya Untuk Lokasi

Sudah menjadi hal lumrah apabila Anda ingin mengadakan sebuah pesta di gedung mewah. Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa saat mengadakan pesta di rumah sendiri pun tetap bisa menjadi momen yang tak kalah berkesan. Selain akan terasa lebih intim, Anda juga bisa menekan anggaran karena tidak perlu menyewa tempat. Apabila Anda punya halaman rumah yang cukup luas, Anda bisa memanfaatkannya dengan tema Garden Wedding yang cukup romantis atau pernikahan bertema Go Green. Anda cukup menyewa sebuah jasa dekorator profesional yang dapat menonjolkan suasana sakral yang sangat indah dari rumah Anda yang cantik. Baca juga: Biaya Pernikahan Di Gedung & Di Rumah.

Biaya Untuk Dekorasi

Umumnya dekorasi di pelaminan tentunya akan didominasi oleh tatanan bunga yang sudah dibentuk sedemikian rupa. Untuk dapat menekan biaya, pastikan Anda tidak terlalu banyak memakai bunga impor. Sebaliknya, gunakanlah jenis bunga lokal yang bisa didapat dengan cukup mudah di pasar tradisional yang tentu tidak akan kalah cantiknya, seperti bunga sedap malam dan bunga kenanga. Selain itu, cobalah minta pada panitia dekorasi untuk mengambil tema pernikahan minimalis yang simpel tetapi tetap punya kesan romantis. Baca juga: Tips Cerdas Memilih Dekorasi Pesta Nikah.

Biaya Untuk Undangan

Buatlah daftar orang-orang penting yang ingin Anda undang dari orang yang paling dekat hingga yang terjauh. Kemudian dari daftar orang-orang yang paling jauh itu, Anda dapat memilahnya lagi disesuaikan dengan berapa jumlah undangan nikah yang sudah Anda targetkan sebelumnya. Anda juga dapat memilih bentuk undangan yang multifungsi dan sekaligus bisa dijadikan sebagai sebuah souvenir, misalnya seperti kalender atau kipas. Langkah seperti ini akan menghemat tenaga dan juga pikiran Anda. Baca juga: 7 Tips Memilih Undangan Nikah.

Biaya Untuk Konsumsi

Anda tidak harus memesan terlalu banyak jenis makanan dan meletakkan semuanya di atas meja utama. Selain menu utama, jangan lupa pesanlah beberapa jenis makanan yang bervariasi dan letakkan di atas meja-meja yang tersebar di beberapa sudut venue. Selain dapat mengurangi antrean panjang yang tidak diinginkan, tamu undangan Anda tidak akan merasa kekurangan makanan dengan tersedianya variasi makanan tersebut. Apabila Anda menggunakan sebuah jasa katering, pilihlah yang memakai sistem paket. Jangan merasa segan juga untuk meminta diskon karena seringkali meskipun harganya sudah tertulis di dalam buku menu, Anda masih bisa bernegosiasi dengan pihak katering.

Biaya Untuk Dokumentasi

Anda tentu ingin punya kenangan dalam bentuk foto sekaligus bentuk video. Abadikanlah salah satu momen terindah di dalam hidup Anda dengan menyewa jasa fotografer dan videografer. Agar lebih hemat biaya, pilihlah paket dokumentasi pernikahan yang sekaligus menyediakan foto serta video shooting. Selain biaya yang Anda keluarkan jadi tidak terlalu mahal, ini juga membuat Anda tidak perlu repot lagi untuk mencarinya satu per satu. Baca juga: 6 Tips Membuat Konsep Pernikahan.

Itulah 5 alokasi rincian biaya pernikahan yang paling pokok yang harus dianggarkan para calon pengantin. jangan sampai 5 hal tersebut terlewatkan rinciannya dengan jelas hanya karena terlalu banyaknya keperluan pesta nikah Anda.

Terima kasih telah membaca artikel tentang tabel biaya pernikahan. Apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan, terima kasih.

Tags: pesta pernikahan walimah nikah

loading...