5 MASALAH MENIKAH MUDA YANG SERING TERJADI

5 Masalah Menikah Muda yang Sering Terjadi – Setiap pasangan memang menikah di usia yang berbeda-beda. Beberapa orang menikah di usia 25-an, 30-an, 40-an, atau bahkan ada yang di usia 50-an. Perbedaan usia pada saat menikah membuat setiap pasangan punya masalah yang berbeda juga. Berikut ini adalah 5 masalah menikah muda yang sering terjadi.

masalah menikah muda

Image: money.aol.co.uk

1. Masalah uang

Masalah uang adalah salah satu masalah yang cukup sering dihadapi oleh para pasangan yang menikah dini. Meskipun masalah yang satu ini tidak hanya terjadi pada para pasangan yang menikah dini, tapi pasangan muda ternyata lebih sering mengalaminya dibandingkan mereka yang menikah di usia yang lebih tua. Terkadang hal tersebut juga disebabkan karena mereka belum terlalu pandai dalam mengelola keuangan keluarga. Baca Juga: Tips Mengatur Keuangan Keluarga.

2. Merasa terkekang

Pasangan yang menikah di usia muda kadang-kadang punya perasaan terkekang, yang membuat mereka selalu ingin lepas dari sebuah ikatan pernikahan. Pada saat orang yang seusia mereka masih menikmati masa mudanya, mereka sudah harus disibukkan dengan berbagai urusan rumah tangga yang tentu saja menuntut tanggung jawab yang besar. Beberapa pasangan yang menikah muda kadang-kadang tidak dapat menyembunyikan rasa iri mereka, pada saat mereka melihat orang lain yang mempunyai kebebasan dalam menjalani kehidupan mereka.

3. Belum bisa bertanggung jawab

loading...

Meskipun usia bukan merupakan patokan bagi seseorang untuk berkata bahwa dia sudah mampu bersikap dewasa atau belum, mereka yang telah menikah di usia belia kadang-kadang belum memiliki tanggung jawab seperti itu. Sebaliknya, para pasangan yang memutuskan untuk dapat menikah di usianya yang lebih matang memiliki rasa tanggung jawab yang jauh lebih besar sehingga tidak gampang emosi saat menghadapi berbagai masalah dalam pernikahan.

4. Tidak memberi ruang antara satu sama lain

Setiap orang tentunya membutuhkan ruang untuk mereka sendiri. Dan pada saat pasangan dinilai belum cukup matang secara emosionalnya, mereka masih saja tidak tahu cara untuk memberi ruang pada satu sama lain. Akhirnya, pernikahan itu pun akan terasa sangat menjenuhkan. Baca juga: Tips Mengatasi Kebosanan Dalam Rumah Tangga.

5. Masalah komunikasi

Masalah komunikasi juga seringkali menerpa pasangan yang menikah di usia muda. Hal itu sebagian besar disebabkan karena fokus individu yang terlalu tinggi dalam karir dan pekerjaan. Dengan kata lain, ego masing-masing mereka yang sangat tinggi membuatnya mudah cekcok. Baca juga: Tips Komunikasi Suami Istri.

Itulah 5 masalah menikah muda yang sering terjadi. Menikah memang bukan perkara yang mudah, namun dibutuhkan kematangan di dalam menentukan kapan waktu yang tepat bagi Anda untuk melakukannya. Anda harus dapat memantapkan hati pada saat melakukannya. Jangan cuma sekadar emosi sesaat dan malah kemudian berakhir dengan perceraian.

Terima kasih telah membaca artikel tentang tips menikah muda, tips nikah muda. Apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan, terima kasih.