5 TIPS & STRATEGI BIAYA PERNIKAHAN YANG IRIT

5 Tips & Strategi Biaya Pernikahan Yang Irit – Memutuskan untuk segera menikah, bukan hanya tentang mental dan juga keteguhan hati, tapi juga mempersiapkan keuangan. Bagi pasangan kekasih yang memiliki rencana melepas masa lajangnya, penting dan juga wajib membicarakan soal penghasilannya, rencana cash flow dan juga pengelolaan keuangan yang dibutuhkan untuk acara pernikahan. Karena tidak dipungkiri, setiap pasangan tentu biasanya menginginkan pesta pernikahan mereka menjadi momen yang tak terlupakan seumur hidupnya. Namun seringkali karena keterbatasan dana hal tersebut yang menjadi kendala.

Perencana Keuangan Eko Endarto, seperti dikutip merdeka.com, mengatakan bahwa pasangan harus sudah sama-sama mengetahui tentang kondisi keuangannya masing-masing. Ini nantinya akan mempermudah pembagian peran di dalam pengelolaan keuangan yang tepat untuk rincian biaya pernikahan mereka. Keterbatasan dana bukan lagi menjadi sebuah penghalang untuk segera menikah. Calon pengantin harus pandai untuk menyiasati agar rincian biaya pernikahan tidak membengkak terlalu besar.

biaya pernikahan

Image: www.shefinds.com

Eko juga memberikan trik sederhana untuk mewujudkan pernikahan meskipun dana atau keuangan yang dimiliki terbatas. Yang jelas pasangan tersebut harus sudah bisa mempersiapkan dana dan yang terpenting waktunya kapan. Karena, keadaan hari ini tentunya akan berbeda dengan masa-masa yang akan datang, dari segi ekonomi juga tentunya ada inflasi.

Langkah yang sederhana untuk menekan rincian biaya pernikahan dari sisi pemilihan lokasinya, busana pernikahan atau gaun pengantin, undangan dan sebagainya. Contohnya mau menikah sekitar dua tahun lagi, jadi harus punya pertimbangan bahwa inflasi nanti akan naik tentunya, sebaiknya pergunakanlah dana pernikahan lebih kepada prioritas dulu, dimulai dari menghitung besarnya penghasilan dari pasangan. Berikut tips & strategi irit biaya nikah.

1. Membandingkan harga

Strategi pertama di mulai dari membandingkan harga atau tarif untuk keperluan persiapan pernikahan. Perbandingan harga tersebut meliputi gedung, undangan, katering, souvenir dan lainnya. Tentu setiap vendor pernikahan biasanya sudah menyediakan penawaran tarif yang berbeda pula, demikian juga bonus yang ditawarkan ataupun diskon sekian persen dan itu biasanya tidak akan sama pada setiap vendor. Baca juga: 6 Tips Memilih Gaun Pernikahan Murah.

Membandingkan tarif harus dilakukan apalagi jika budget dana yang dimiliki terbatas dan tidak ingin biaya jadi membengkak. Anda harus membuat range harga tersendiri agar dapat lebih fleksibel di dalam memilih apa saja hal-hal yang dibutuhkan dalam sebuah pesta pernikahan daripada membuat budget dengan cara menentukan jumlah nominalnya, jangan pernah membelanjakan untuk berbagai hal yang tidak perlu sebab itu akan membuat pengeluaran Anda malah jadi semakin membengkak. Baca juga: 6 Tips Dekorasi Pernikahan Yang Keren.

2. Resepsi nikahnya di rumah

Ada dua pilihan bagi Anda untuk menggelar sebuah resepsi pernikahan. Bisa di dalam gedung resepsi atau hanya diadakan di rumah saja. Dari segi biaya, tentunya menggelar resepsi nikah di rumah akan lebih hemat. Harus melihat budget, apabila memang budget tipis, pernikahan di rumah juga tidak masalah, tinggal bagaimana cara kita menyiasatinya. Baca juga: Tips Pesta Nikah  Bertema Go Green.

3. Memilih hidangan

Selain menyewa tempat resepsi, pengeluaran yang dinilai paling besar juga terletak pada makanan & minuman. Apalagi jika jumlah dari undangan cukup banyak. Bisa-bisa nanti kantong menjadi tipis hanya untuk biaya katering. Untuk lebih hemat, Anda bisa siasati dengan memilih paket catering makanan yang murah. Misalnya memilih paketan yang biasanya sudah mencakup berbagai macam makanan di dalam satu harga dan yang paling penting harus sesuai dengan budget. Tidak perlu Anda banyak memesan makanan, yang penting itu bervariasi. Jadi yang penting para tamu tidak merasa kehabisan hidangannya. Baca juga: 6 Hal Dalam Pesiapan Nikah Yang Sering Terlupakan.

 3. Memilih Undangan

Jumlah undangan jelas ikut menentukan biaya resepsi pernikahan. Jika jumlah undangannya banyak, maka tentu saja ongkos cetak undangan, biaya kateringnya, serta biaya untuk souvenir juga akan membutuhkan dana besar. Strategi penghematan untuk dapat menyiasati ini, pastikan undangan ditujukan hanya untuk teman dekat dan yang dikenal. Baca juga: Tips Cerdas Memilih Undangan Pernikahan.

Untuk dapat menghemat biaya resepsi pernikahan, pilihlah desain undangan nikah yang tidak terlalu mahal tapi tetap unik. Yang penting undangan macam ini unik, murah dan lebih tentunya bisa dikenang orang. Baca juga: Contoh Undangan Pernikahan Yang Unik & Menginspirasi.

5. Memilih Souvenir

Souvenir menjadi salah satu barang yang tidak terpisahkan dari biaya resepsi pernikahan. Benda yang satu ini diberikan sebagai sebuah kenang-kenangan sekaligus juga ucapan terima kasih. Jadi pilihlah souvenir yang bermanfaat, unik dan mampu meninggalkan kesan. Baca juga: 6 Tips Unik Dekorasi Pesta Pernikahan.

Tidak usah terlalu ambisius untuk memberikan souvenir yang mahal, fokuslah kepada souvenir yang bermanfaat dan juga bisa digunakan kemudian. Misalnya saja memberikan macam bibit tanaman atau mug yang nantinya dikemas dengan cantik di dalam bungkus yang eksklusif. Baca juga: 7 Tips Memilih Souvenir Pernikahan Yang Unik.

Itulah 5 tips biaya pernikahan yang irit bagi para calon pengantin. Tulisan ini tentu bisa Anda kembangkan sendiri dengan ide kreatif sendiri agar biaya resepsi pernikahan bisa ditekan lebih hemat dan tetap berkesan bagi hidup Anda.

loading...
Terima kasih telah membaca artikel tentang biaya pernikahan, biaya pernikahan sederhana. Apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan, terima kasih.

Tags: pesta pernikahan walimah nikah