7 TIPS MENJADI ISTRI & IBU RUMAH TANGGA YANG CERDAS

7 Tips Menjadi Istri & Ibu Rumah Tangga Yang Cerdas – Jika Anda adalah seorang ibu yang tidak bekerja dan hanya bisa mengerjakan tugas rumah mencoba mencari suatu hal yang dapat mengasah otak dan bisa dikerjakan di rumah, jangan khawatir. Tulisan ini akan menunjukkan Anda pada berbagai aktivitas-aktivitas intelektual yang dapat Anda lakukan sembari mengasuh anak Anda. Selain itu, aktivitas-aktivitas dibawah sangatlah bersahabat bagi kantong Anda dan Anda juga tidak perlu tenaga ekstra untuk mengasuh anak!

Berikut 7 tips menjadi istri & ibu rumah tangga yang cerdas yang merupakan beberapa stimulasi intelektual untuk ibu rumah tangga atau seorang istri yang tidak punya pekerjaan lain selain mengurusi rumah agar Anda semakin cerdas karena otak Anda terus terasah.

7 tips menjadi istri & ibu rumah tangga yang cerdas

Image: www.sheknows.com

Menulis Puisi

Walaupun Anda bukanlah orang yang kreatif di masa lalu, ini adalah saat yang tepat untuk melebarkan sayap dan menstimulasi otak kiri Anda dengan menulis puisi. Selalu bawa sebuah buku catatan cantik ke tempat yang sering Anda kunjungi bersama anak Anda. Pada awalnya, mungkin Anda hanya akan memiliki satu kalimat yang sanggup Anda tulis; catatlah dan selalu ingat puisi yang Anda tulis di dalam otak Anda. Kembangkan tulisan Anda sedikit demi sedikit saat inspirasi kembali datang.

Belajar suatu hal yang baru dari buku

Jika Anda memiliki satu hal yang ingin Anda pelajari lebih jauh, maka inilah saat yang tepat! Cari buku di perpustakaan terdekat tentang topik intelektual yang menarik bagi Anda. Dan tentu saja, Anda bisa melakukannya sembari mengasuh anak. Cukup membaca selama beberapa menit; tidak perlu terlalu sering, selama satu hari, tapi suatu saat Anda akan terkejut berapa banyak yang telah Anda pelajari dengan cara ini.

Contohnya, banyak buku ilmu pengetahuan populer yang dapat menjelaskan konsep teori kuantum dan sel biologi dalam bahasa yang mudah dimengerti oleh orang awam. Atau jika Anda berencana untuk membuat taman di tengah-tengah musim dingin, segeralah memulai perencanaan dengan membaca tentang topik serupa. Mungkin juga jika Anda ingin mempelajari lebih jauh tentang masa-masa tertentu sejarah seperti Abad Pertengahan… stimulasi intelektual yang Anda dapatkan tidak akan terbatas.

Majalah intelektual

Jika membaca buku terdengar terlalu melelahkan, bacalah majalah intelektual. Anda bisa menyelesaikannya hanya dalam dalam beberapa hari tanpa Anda harus mengingat apa saja yang sudah Anda baca di halaman sebelumnya! Ada banyak majalah yang cocok dibaca wanita intelek yang membahas berbagai isu dengan dalam. Hindari membaca buku tentang parenting karena biasanya terfokus pada topik-topik non-intelektual.

Temukan resep baru

Anda terbiasa memasak untuk keluarga Anda, mengapa Anda tidak menggunakan bakat Anda untuk membuat resep baru? Anda akan menikmati kepuasan menemukan suatu hal yang benar-benar baru. Hal terbaik menjadi seorang ibu adalah bahwa Anda dapat menggunakan bumbu masak yang hanya disukai oleh Anda dan keluarga Anda. Tetapi, kecuali Anda sangat berbakat (atau beruntung!), bersiap-siaplah untuk mencoba resep Anda beberapa kali hingga Anda dan keluarga benar-benar merasa puas.

Jika ide untuk membuat resep baru terdengar kurang bagus, Anda bisa memulainya dengan mengaplikasikan bakat Anda dengan mengubah resep yang sudah ada menjadi lebih sehat, lebih cepat untuk dibuat dan tentunya dapat dicocokkan dengan menu anggota keluarga yang sedang berdiet.

Mengapresiasi musik

Pernahkah Anda ingin mempelajari lebih dalam tentang genre-genre musik tertentu, seperti jazz, klasik atau musik swing? Belilah beberapa CD untuk memulainya dan carilah buku tentang sejarah musik yang ingin Anda pelajari.

Mari kita ambil contoh dari musik klasik; cobalah CD yang memuat karya-karya terkenal dari beberapa komposer berbeda dan ambil buku yang memuat informasi tentang komposer tersebut. Anda bisa memutar CD tersebut sembari mengasuh anak. Pada saatnya, Anda akan memilih komposer favorit Anda dan pengetahuan ini akan membantu Anda mengarahkan Anda pada komposer lain yang mungkin juga akan Anda sukai. Apreasiasi musik dapat menjadi hobi yang berharga sepanjang hidup Anda.

Teka-teki

Puzzle, permainan asah otak, teka-teki silang dan Sudoku dapat menjadi jalan untuk ibu yang tidak bekerja agar tetap mendapatkan stimulasi intelektual dan memiliki otak yang tajam. Seperti membaca, Anda akan melakukan hobi pengasah otak seperti ini dalam waktu yang tidak sebentar dimana Anda akan melakukannya dengan usaha yang diperlukan disana dan disini.

Berpikirlah dengan cerdas dalam mengurus rumah tangga

Berpikirlah dengan cerdas dan jadilah pemecah masalah yang baik bagi keluarga. Sebagai contoh, daripada mengeluh “Wah! Lagi-lagi membersihkan kamar mandi!” pada diri sendiri, Anda dapat menggantinya dengan berkata “Saya akan memikirkan dan mencoba ide-ide baru untuk membersihkan kamar mandi lebih cepat”. Sekarang, Anda dapat mengambil manfaat dari berpikir cerdas dalam mengerjakan tugas-tugas rumah tangga, dan bertahun-tahun berikutnya dari menghemat waktu dengan rutinitas membersihkan rumah yang baru dan lebih singkat.

Itulah 7 tips menjadi istri & ibu rumah tangga yang cerdas. Ada banyak aktivitas cerdas yang dapat Anda terapkan dalam keseharian Anda sebagai ibu rumah tangga. Semuanya memang perlu dilakukan sedikit demi sedikit karena peran utama Anda adalah mengurus anak-anak. Akan tetapi, Anda akan terkejut mengetahui bagaimana kecerdasan yang Anda terapkan sehari-hari disana-sini dapat terus menjaga otak tetap aktif, menjadikan Anda seorang ibu yang bahagia!

Terima kasih telah membaca artikel tentang ibu pintar, istri cerdas. Apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan, terima kasih.
loading...