9 CARA MENJADI GURU YANG DIRINDUKAN

9 Cara Menjadi Guru Yang Dirindukan – Selama sekolah atau kuliah pernahkah kamu merasa senang ketika guru yang harusnya masuk kelas tiba-tiba ada pengumuman atau ada yang memberi tahu bahwa guru yang bersangkutan berhalangan hadir. Seolah ketegangan atau horor yang sudah ditakuti lenyap seketika serta rasa malas yang tadinya menyelimuti sekarang hilang tak berbekas. Atau mungkin sebaliknya, ketika kamu sedang semangat untuk menerima pelajaran dan tak sabar untuk memulainya tiba-tiba dapat kabar bahwa guru yang kamu rindukan tidak hadir, saat itu kamu merasa lemas dan agak sedih mungkin.

guru cantik
Belajar menjadi guru yang dirindukan
(Images source: www.123rf.com)

Itulah gambaran dua situasi yang bertolak belakang. Guru atau pendidik yang pertama adalah guru yang tidak diharapkan kehadirannya oleh siswa atau peserta didik, tidak adanya disyukuri,  sedangkan yang kedua adalah guru yang sangat dirindukan siswa saat dia tidak ada, para siswa selalu berharap bisa berlama-lama belajar dengan guru seperti ini, tidak ada rasa malas ataupun horor apalagi tertekan saat belajar.

Ketrampilan guru dalam pengelolaan kelas memang sangat dibituhkan agar siswa enjoy dalam belajar. Karena salah satu kunci kesuksesan siswa meraih prestasi yang membanggakan adalah karena enjoy dalam belajar, bagaimana pelajaran bisa masuk jika terhadap gurunya saja sudah tidak senang?. Memang banyak cara menjadi guru dengan pengelolaan kelas yang baik, tentu saja hal ini bisa dicapai dengan belajar, karena menjadi guru itu bukan berarti berhenti belajar, sebaliknya harus selalu belajar dan jangan sampai ketinggalan update informasi, malu kan jika seorang guru banyak ketinggalan informasi oleh siswanya?.

suasana kelas
Kelas yang aktif, suasana belajar yang menyenangkan
(Foto dari: blog.ixl.com)

Tulisan fanind.com kali ini akan sedikit memberi review atau gambaran tentang sebuah buku yang bagus dan bergizi tinggi bagi para pendidik. Judul buku ini adalah Be a Good Teacher or Never, 9 Jurus Cepat Menjadi Guru Profesional Berkarakter Trainer. Buku yang ditulis oleh Asep Mahfuzh, trainernya para guru ini walaupun cukup tipis (hanya 148 halaman) tapi cukup lengkap untuk dijadikan panduan para pendidik, buku ini juga menjawab pertanyaan ‘bagaimana cara menjadi guru professional yang disayangi para siswa?’.

Buku ini memberikan 9 jurus penting bagi para pendidik agar memiliki keterampilan belajar mengajar yang baik serta manajemen pengelolaan kelas yang tepat. 9 cara menjadi guru yang dirindukan itu adalah:

1. Jalin pertemanan di kelas dengan rindu dan cinta

Pada bagian ini di bahas tentang bagaimana menata pangung belajar. Cara pengelolaan kelas yang baik diumpamakan seperti seorang pemimpin orkestra di atas panggung. Disini juga para guru diberi tips cara mengajar yang baik agar para siswa merasa enjoy saat belajar, menjalin keakraban antara guru dan siswa dengan cinta, menciptakan suasana belajar sedemikian rupa sehingga guru dan siswa sadar bahwa mereka di dalam kelas adalah mitra belajar.

2. Jadilah guru yang gaul: hidup di saat ini

Menjadi guru yang selalu up to date merupakan suatu keniscayaan. Pada bagian ini juga dibahas solusi atas berbagai tantangan yang dihadapi para guru dan bagaimana agar kita jadi guru pembelajar.

loading...
guru gaul
Menjadi guru yang gaul (tidak ketinggalan zaman)
(Foto dari: oldschoolteach.wordpress.com)


3. Perlunya berfikir positif

Pada jurus ketiga ini para guru akan dibimbing untuk selalu berpandangan positif bahwa semua siswa itu cerdas dan tidak ada yang namanya siswa yang bodoh, namun hal ini bukan sekedar keyakinan, karena disini juga akan disuguhkan fakta-fakta bahwa semua siswa itu memang cerdas. Pada jurus ketiga ini juga para guru akan diberi tips bagaimana cara menjaga aib akademis siswa yang berpengaruh terhadap psikologis belajarnya.

4. Membangkitkan minat belajar siswa

Pada bagian ini Asep Mahfuzh memberikan tips atau cara jadi guru yang bisa membangkitkan motivasi siswa. Tips guru yang satu ini sangat penting agar siswa tidak malas dalam belajar.

5. Kehebatan Otak

Jurus kelima ini para guru akan diberi rahasia bagaimana memaksimalkan kerja otak. Tujuannya tiada lain agar proses belajar mengajar berjalan lebih efektif dan mudah serta hasil yang di dapat bisa maksimal. Disini juga para guru diajak untuk mengajar sesuai prinsip kerja otak, memahami bagaimana otak manusia bekerja juga cara jadi guru yang mengajar dengan cara yang ramah otak.

6. Memahami gaya belajar siswa

Lain siswa tentu akan lain juga gaya belajarnya. Maka dari itu, pada bagian ke 6 ini pendidik atau guru akan di bimbing cara menggunakan media pembelajaran agar bisa melayani seluruh gaya belajar siswa yang berbeda satu sama lain.

7. Mempersenjatai siswa dengan keterampilan belajar

Agar guru tidak terlalu banyak membuang energi saat mengajar tapi hasilnya kurang memuaskan. Maka dalam jurus yang ketujuh ini diberikan tips jadi guru yang mampu memberikan bimbingan pada siswa bagaimana cara belajar yang efektif, siswa juga diajarkan teknik membaca efektif, teknik mengingat atau teknik menghafal yang efektif juga teknik mencatat yang baik.

siswi cantik
Membekali siswa dengan keterampilan yang baik
(Images source: oldschoolteach.wordpress.com)


8. Meyakinkan siswa bahwa mereka bisa

Pada bagian ini para pendidik akan disuguhi teknik dan tips agar dapat menumbuhkan mental juara pada para siswa. Para pendidik bisa membuat siswanya selalu menjadi juara.

9. Menata kelas yang ramah otak

Jurus pamungkas ini mengajarkan para pendidik membangun peradaban yang berawal dari sudut kelas. Bagaimana pengaturan kelas yang baik, cara mengelola kelas dan menatanya agar ramah otak, di bagian ini juga diajarkan cara menata lingkungan belajar menurut quantum teaching.

buku Be a Good Teacher or Never
Review buku Be a Good Teacher or Never
(Gambar dari: asepmahfoudz.wordpress.com)

Itulah review 9 cara menjadi guru yang dirindukan dari buku Be a Good Teacher or Never, 9 Jurus Cepat Menjadi Guru Profesional Berkarakter Trainer karya Asep Mahfuzh, seorang trainer yang berpengalaman melatih ribuan guru di berbagai kota dan desa diseluruh Indonesia. Jika kamu bercita-cita menjadi guru atau saat ini merupakan seorang pendidik, saya rekomendasikan buku ini untuk segera dimiliki dan dipelajari juga diterapkan di dalam kelas. Semoga review ini bermanfaat!

Terima kasih telah membaca artikel tentang Cara menjadi guru yang baik, menjadi guru yang baik. Apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan, terima kasih.