9 MAKANAN PENINGKAT KESUBURAN PRIA DAN WANITA

9 Makanan Peningkat Kesuburan Pria dan Wanita – Fertilitas ataupun masalah kesuburan merupakan suatu masa pada saat wanita mampu untuk memproduksi sel telur yang layak dan seorang pria mampu menghasilkan perma yang kuat serta sehat. Sebuah studi menuujukkan masalah kesuburan pasangan 40% karena faktor wanita, 40% karena faktor pria, dan 20% akibat komnbinasi antara keduanya.

Salah satu unsur yang dapat meningkatkan kesuburan dan libido pasutri adalah melalui pola makan yang tepat dan seimbang sehingga bisa menjadi terapi kesuburan bagi pasangan yang baru menikah dan mengharapkan kehadiran si kecil. Berikut ini adalah 9 makanan peningkat kesuburan pria dan wanita, 4 makanan untuk kesuburan pria dan 5 untuk kesuburan wanita, sebagaimana dikutip dari buku 9 Bulan Yang Sangat Menakjubkan karya Yuyun Ningsih dan Fatih Arifah.

Keluarga kecil bahagia

Agar cepat punya momongan

Makanan Peningkat Kesuburan Pria

1. Vitamin C
Makanan yang kaya vitamin C dan antioksidan dapat membantu pencegahan cacat pada perma dan meningkatkan gerakan sperma. Contohnya buah tomat dan jeruk.

2. Asam Folat
Pasangan suami istri yang sedang berencana untuk segera mempunyai keturunan, sebaiknya memulai mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan asam folat kurang lebih tiga bulan sebelum terjadinya kehamilan. Asam folat mampu meningkatkan jumlah perma yang diproduksi oleh pria. Asam folat bisa diperoleh dari berbagai sayuran hijau, biji-bijian dan juga jeruk.

3. Kalsium/ Vitamin D
Selian untuk mencegah osteoporosis, kalsium berfungsi menjaga kesuburan pria. Begitu juga vitamin D. Beberapa makanan yang mengandung vitamin D dan kalsium tinggi antara lain keju, yoghurt, susu, ikan sardine, kedelai, sayuran hijau, sereal, roti dan gandum.

4. Zat Seng (Zinc)
Zat seng berfungsi meningkatkan kualitas dan kuantitas perma yang umumnya terdapat pada kerang, kuning telur, daging merah, biji-bijian dan kacang-kacangan.

Makanan Peningkat Kesuburan Pada Wanita

1. Vitamin B6
Vitamin B6 merupakan salah satu nutrisi penting yang merupakan pendukung dan pengatur hormon reproduksi atau kesuburan. Vitamin B6 terdapat pada sayuran hijau, kacang-kacangan, kecambah (taoge) dan biji-bijian. Sebaiknya mengkonsumsi makanan yang masih fresh supaya lebih bermanfaat.

2. Asam folat
Nutrisi yang satu ini sangat diperlukan untuk mencegah adanya kelainan dan perkembangan tabung otak pada bakal calon janin yang dikandung nantinya. Asam folat ini cukup banyak terkandung di dalam berbagai sayuran hijau, berbagai jenis kacang-kacangan biji-bijian, brokoli, jeruk dan asparagus.

3. Vitamin C
Vitamin C berfungsi untuk meningkatkan kesuburan dan meningkatkan kekebalan tubuh pada wanita. Biasanya terkandung pada buah-buahan seperti jeruk, mangga, tomat dan lain sebagainya.

4. Zat besi
Zat besi sebagai peningkat jumlah sel darah merah, apabila calon ibu mengalami anemia yang memicu kesulitan untuk hamil. Zat besi banyak terkandung dalam hati, daging merah, kacang-kacangan, dan sayuran hijau (terutama bayam).

5. Air
Terapi air termasuk salah satu yang kini sedang digalakkan untuk meningkatkan kesuburan. Terapi ini berpotensi meningkatkan produksi hormon-hormon kesuburan seperti testosterone dan estrogen. Maka dari itu sangat dianjurkan untuk minum 8-10 gelas per hari.

Itulah 9 makanan peningkat kesuburan pria dan wanita yang bisa Anda konsumsi untuk yang dalam waktu dekat ini ingin segera mendapat momongan.

loading...
Terima kasih telah membaca artikel tentang agar tambah disayang suami, foto keluarga kecil bahagia. Apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan, terima kasih.

Tags: Seks Dan Kesehatan