TIPS AGAR HOBI MENGHASILKAN BANYAK UANG

Tips Agar Hobi Menghasilkan Banyak Uang. Hobi adalah kesenangan istimewa yang dilakukan pada waktu senggang dan bukan merupakan pekerjaan utama. Sangat menyenangkan jika kita bisa menyalurkan hobi, bisa menjadi obat penghilang stress dan kejenuhan di sela-sela kesibukan kita dalam bekerja atau belajar. Namun yang lebih menyenangkan lagi apabila hobi kita bisa menghasilkan uang. Bisa dibayangkan bukan, selain kesenangan kita tersalurkan dan enjoy menjalaninya, pundi-pundi uang pun mengalir ke dalam rekening kita.

wanita milyader
Hobi bisa menghasilkan banyak uang
(Gambar dari: supergoe.blogspot.com)

Biasanya orang seperti ini adalah seniman atau olahragawan. Kita juga tahu bahwa hampir semua olahragawan seperti pemain sepak bola awalnya merupakan hobi yang terus ditekuni hingga skill mereka berkembang dan mencapai level tertinggi, Ronaldinho contohnya, mantan pemain sepak bola terbaik duniayang asalnya merupakan pemain sepak bola jalanan di Brazil, Dinho bermain bola setiap hari yang merupakan hobinya sejak kecil. Atau mungkin anda juga tidak asing dengan nama Christiano Ronaldo dan Lionel Messi, juga para pemain sepak bola sukses lainnya, semua berawal dari hobi mengolah si kulit bundar. Begitu pula dengan para penyanyi, kebanyakan mereka mengembangkan hobinya hingga menjadi seorang professional.

Bagaimana caranya agar hobi menghasilkan banyak uang?, sebelum menemukan tips yang tepat agar hobi menghasilkan banyak uang, kita lihat dulu cerita atau kisah sukses mereka yang hobinya sudah menghasilkan banyak uang.

1. Alex Santoso, Blogger Top Dunia

alex santoso
Foto dari: elitechoice.org

Bagi banyak orang, mungkin nama Alex Santoso mungkin kurang begitu akrab di telinga. Tapi di dunia blogger dia merupakan salah satu inspirator untuk meraih kesuksesan via internet. Bagaimana tidak, blogger asli Indonesia ini sekarang masuk dalam jajaran 100 blogger paling top di dunia. Padahal pada awalnya, tepatnya pada tahun 2005, Alex memulai membuat tulisan di blog hanya sebagai hobi. Dia menulis apa saja yang dia suka dan tidak terbatas pada topik tertentu, Alex menulis hal-hal yang dia anggap unik, aneh, lucu dan menarik yang ia temukan saat browsing di dunia maya. Sekarang visitor blognya dengan domain neatorama.com sudah mencapai 1,5 juta visitor setiap bulannya atau sekitar 50.000 uniqe visitor per hari. WOW… Lihat iklan-iklan premium yang terpampang di blognya, dari sana bisa terbayang penghasilannya.

2.Assusy, Ibu Rumah Tangga Pengusaha Rajut

orang sukses
Assusy, Hobi Merajut
(Gambar dari: m.radarbangka.co.id)

Pernah melihat seorang ibu rumah tangga yang sukses?, bahkan penghasilannya berkali-kali lipat lebih besar dari suaminya?. Saya akan share tentang seorang ibu rumah tangga yang bernama Assusy atau yang akrab dipanggil Susi ini mempunyai usaha dengan omset sekitar 70 juta per bulan. Usaha yang yang ditekuni Susi adalah usaha rajut. Usaha ini berawal dari hobi, dia belajar rajut dari neneknya, kemudian setelah keseringan mencoba, merajut menjadi hobinya karena sebagai ibu rumah tangga waktunya banyak yang kosong di rumah. Dari sinilah kemudian ide kreatifnya muncul, walaupun bisa dibilang sedikit agak nekat, karena memang seperti itulah biasanya jiwa pebisnis. Susi mengumpulkan sekitar 20 orang ibu-ibu rumah tangga yang merupakan tetangganya untuk membuat hobinya menjadi profesiyang mendatangkan uang.

Akhirnya modal nekatnya membuahkan hasil, dia mendapatkan pinjaman sebesar 10 juta untuk memulai bisnis rajutnya. Dia sulap sebuah ruangan bekas garasi mobilnya menjadi galeri untuk memamerkan hasil produksinya. Setelah usahanya mulai berkembang, Susi meminjam modal lagi sebesar 40 juta kemudia 100 juta. Sekarang omsetnya sudah mencapai 70 juta per bulan dan itu semua berawal dari hobi.

3. Dedi Hidayat Dan Diah Susilawati, Pengusaha Katering

Pasangan suami istri ini memulai usaha kateringnya pada tahun 1996 dengan modal 2 juta rupiah. Bisnis kue keringnya laris manis dan selalu dicari orang. Tahu tidak berapa omset usahanya sekarang? Hmmm… Kini kue keringnya dengan merk J & C yang merupakan kepanjangan dari nama kedua buah hatinya Jody & Cindy telah mencapai 15 Milyar per tahun, W.O.W.

kue kering
J&C, berawal dari hobi
(Gambar dari: babesajabu.wordpress.com)

Bisnis ini dimulai dari hobi istrinya yang gemar memasak dan bereksperimen untuk menciptakan berbagai variasi resep kue kering yang beda dari biasanya. Sekarang pasangan suami istri ini mempunyai 400 orang karyawan dan bisnisnya semakin berkembang pesat dan omsetnya bisa naik tajam menjelang hari-hari raya seperti idul fitri. Selain sudah menyebar ke seluruh Indonesia, kue kering merk J&C ini sekarang sudah masuk pasar Singapura. Jika anda mau tahu lebih jelas, silahkan kunjungi website resmi mereka dengan alamat //www.jnc.co.id.

loading...

4. Tati Hartati

Anda pernah dengar tentang Rumah Dannis?. Ya, merk pakaian muslim yang cukup familiar ini berawal dari hobi menjahit seorang ibu rumah tangga yang bernama Tati Hartati. Sejak kecil Tati hidup dalam keprihatinan. Bahkan untuk membeli bajupun orang tuanya tidak mampu, sejak kecil ibunya selalu menjahitkan baju untuk Tati dan saudaranya yang lain. Ibunya inilah yang menjadi inspirasi bagi Tati untuk hidup mandiri dan tidak tergantung pada pemberian orang tua. Akhirnya dia berjualan di sekolah mulai dari baju boneka dan tempat pensil. Dari sinilah ia mendapatkan uang untuk sekedar jajan dan beberapa keperluan lainnya.

baju sarimbit keluarga
Salah satu produk sarimbit Rumah Dannis, berawal dari hobi
(Gambar dari: rumahdannis.blogspot.com)

Hobi menjahitnya ini berlanjut saat Tati lulus kuliah dari ITB, karena suaminya tidak mengizinkan Tati untuk berkarir di luar rumah agar fokus mengurus anak-anaknya, Tati Hartati mulai menekuni bisnis menjahit yang juga merupakan hobinya ini hanya berbekal modal 1 juta rupiah pemberian suaminya. Meskipun pada awalnya busana muslim yang ia jahit di tolak oleh toko-toko pakaian di kotanya untuk dipasarkan, namun ia tidak kenal menyerah. Sekarang Tati tinggal menuai hasil kesuksesan berkat kerja keras dan sifat pantang menyerahnya. Rumah Dannis saat ini memiliki sekitar 500 agen yang tersebar di seluruh Indonesia dan memiliki sekitar 1000 karyawan dengan omset milyaran rupiah.

5. Jessica Febiani, Pengusaha Fashion

Jesica lahir di Bali pada 20 Februari 1989. Gadis cantik ini merupakan seorang pengusaha sukses di bidang fashion. Produk-produknya dengan merk Moretosee sudah menyebar ke seluruh Indonesia dan bahkan ke mancanegara.

pengusaha muda
Jessica Febriani, Sukses Berawal Dari Hobi
(Foto dari: peluangusaha.kontan.co.id)

Usahanya ini berawal dari hobinya sejak kecil yang senang menggambar. Dengan modal awal sebesar 1,5 juta, saat Jesica menginjak SMP dia coba mendisain baju-baju remaja dengan bantuan beberapa penjahit. Bisnisnya terus berkembang hingga saat ia masuk SMA dan juga kuliah, ia memasarkan produknya pada orang-orang yang dikenalnya juga melalui media sosial hingga menjadi besar seperti sekarang. Merk Moretosee memproduksi baju, sepatu juga tas yang lain dari model yang biasanya. Sekarang omset dari penjualannnya mencapai 40 hingga 100 juta per bulan.

Sebenarnya masih banyak pengusaha sukses yang berawal dari hobi yang tidak mungkin saya kemukakan semua disini. Jika anda ingin tahu lebih banyak lagi berbagai bidang usaha yang sukses berawal dari hobi, silahkan ketik ‘omset berawal dari hobi’ atau ‘sukses berawal dari hobi’ di kotak pencarian google.

Namun jika kita telusuri, hampir semua orang yang sukses mendatangkan uang banyak dari hobinya memiliki beberapa kesamaan. yaitu sifat mereka yang ulet, pantang menyerah dan inovatif. Beberapa pengusaha sukses pernah memberi masukkan bahwa jika ingin sukses sifat inovatif inilah yang mesti terus di asah. Buatlah sesuatu yang berbeda dan tidak pernah berhenti mencari inspirasi. Sebagai contoh, beberapa saat yang lalu di salah satu stasiun TV nasional saya pernah melihat liputan seorang petani bawang yang panen berkuintal-kuintal padahal tanahnya hanya berukuran sekitar delapan meter persegi. Mungkin kita bertanya-tanya bagaimana bisa tanah yang sempit seperti itu bisa menghasilkan panen yang banyak?, ternyata sang petani yang kreatif ini menemukan inovasi baru dalam menanam bawang. Dia menanam bawang di dalam pipa paralon besar yang diisi dengan tanah dan diberdirikan. Di pinggiran sekeliling pipa itu dia beri lobang, disanalah dia menanam bawangnya. Seperti itulah jika kita selalu berfikir kreatif, akan lahir banyak inovasi baru. Orang yang sukses selalu memandang sesuatu diluar pemikiran orang pada umumnya.

eksekutif muda
Milyader muda, sukses dengan kerja keras
(Foto dari: ngumpulinartikel.blogspot.com)

Bagaimana memunculkan ide agar hobi menjadi uang?, jelas anda harus banyak mencari inspirasi, ikut pelatihan-pelatihan, seminar wirausaha, workshop, mengunjungi tempat-tempat tertentu yang mendukung pengembangan hobi anda, banyak sharing dan diskusi dengan teman-teman yang sukses karena ini akan mengembangkan jaringan anda nantinya. Namun jika anda tidak punya banyak waktu untuk bepergian mencari inspirasi, maka yang paling mudah adalah anda harus banyak berselancar di dunia maya, karena disini anda tidak dibatasi oleh tempat serta banyak sekali inspirasi untuk memunculkan ide kreatif. Agar hobi menjadi uang, puluhan mungkin ratusan inspirasi yang anda dapat harus disaring dan dipilih untuk diterapkan sesuai dengan kondisi anda. Selain itu, di zaman internet seperti sekarang ini anda bisa memanfaatkan media sosial seperti facebook, twitter, G+, blog,  ataupun lainnya sebagai sarana promosi yang efektif dan jangkauan yang sangat luas bahkan melintasi batas Negara dan benua.

Dan yang paling penting adalah berdo’a dan selalu meminta petunjuk-Nya agar anda dapat meraih kesuksesan yang penuh berkah. Oke, itu saja tips yang saya bagikan kali ini, yang sebenarnya bukan dari saya pribadi, karena saya belum menjadi pengusaha sukses hehe…., karena lebih senang berkecimpung di dunia akademis. Tapi tulisan ini saya sarikan dari tips dan pengalaman orang-orang yang telah sukses. Semoga bermanfaat dan selamat berusaha!

Share dikotak komentar jika Anda punya tips lain ^_^

Terima kasih telah membaca artikel tentang mencari kesibukan yang menghasilkan uang, kreatifitas orang cerdas yang menjadi uang. Apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan, terima kasih.

Tags: Tips Istri Cerdas