CARA MENGHADAPI MASALAH RUMAH TANGGA

Cara Menghadapi Masalah Rumah Tangga – Jika Anda sering mengalami perdebatan dan pertengkaran dengan pasangan Anda, di sini akan dibahas beberapa tips bagaimana untuk mengatasi masalah keluarga yang bisanya timbul dari pertengkaran suami istri, semoga tips ini bermanfaat bagi yang sudah menikah agar rumah tangga bahagia dan untuk yang belum menikah, tips ini baik juga dipelajari sebelum menikah sebagai persiapan agar setelah menikah mendapat keharmonisan dalam rumah tangga. Beradu argumen dengan pasangan cenderung dimulai dengan hal spele tetapi dapat berakhir dan membuat hubungan tidak menyenangkan, sehingga yang terbaik adalah untuk mengatasinya sejak awal.

bertengkar
Akhiri perdebatan
(Foto dari: lifestyle.ca.msn.com)

Berikut adalah cara untuk berhenti berdebat dengan suami atau istri. Kita mulai dengan satu tips cepat dan di bagian berikutnya akan diberikan model-model pencegahan beradu argumen yang bisa Anda ikuti untuk memilah-milah perbedaan pendapat tanpa mengubahnya menjadi pertengkaran atau masalah rumah tangga yang lebih luas.

Tips cepat yang akan membantu mencegah setidaknya 50% dari pertengkaran dengan pasangan Anda atau masalah rumah tangga Anda:

Pilih pertengkaran Anda! Jangan berdebat apa pun yang tidak langsung berkaitan dengan rumah tangga atau pernikahan. Sebagai contoh:

  1. Jangan berdebat tentang harus pergi ke restoran apa. Selama Anda tahu bahwa Anda akan menemukan hidangan disana yang Anda dapat nikmati, itu saja sudah cukup seperti yang Anda butuhkan.
  2. Jangan bertengkar tentang acara apa yang harus ditonton di TV. Sebagian besar isinya hanya acara biasa saja, terlalu konyol jika hal seperti ini menjadi sebuah pertengkaran.
  3. Jangan berdebat tentang agama atau politik. Bahkan pasangan yang memiliki banyak kesamaan sekalipun dapat terpecah jika beradu pendapat tentang topik tersebut. Mungkin itu adalah masalah yang cukup menarik untuk dibahas, tapi hidup dengan pasangan Anda dengan harmonis tanpa banyak masalah rumah tangga jauh lebih penting daripada topik yang menarik.

putus cinta
Pertengkaran, berawal dari hal sepele
(Foto dari: www.enveritasgroup.com)

Ini bukan berarti menahan lidah Anda tentang hal-hal diatas adalah hal sepele. Ini bisa sulit dilakukan pada awalnya. Biarkan pasangan Anda percaya, berpikir, atau mengatakan apa yang mereka anggap benar. Pada akhirnya, Anda akan menemukan sebagian besarnyabukanlah suatu masalah.Belajarlah untuk mengalah, meskipun tidak harus setiap waktu. Untuk pria, lebih jelasnya bisa membaca 5 Cara Menghadapi Kemarahan Istri.

Cukup ditekadkan: abaikan, abaikan, abaikan apa yang tidak penting. Biarkan itu berlalu, jangan diperpanjang!

Mengapa Anda harus proaktif mencari keharmonisan dalam pernikahan Anda?

  1. Banyak orang menikah di zaman modern ini berujung pada anak-anak yang orang tuanya bercerai, meninggalkan contoh dan model bagi pernikahan yang tidak baik bagi anak-anak mereka.
  2. Secara tradisional,Pria manusia yang cukup agresif dan dominan. Dalam 40 tahun terakhir atau lebih, wanita telah dibentuk oleh masyarakat yang semakin feminis dalam menuntut kesetaraan dalam semua bidang kehidupan. Menuntut penuh pada kesetaraan gender dengan laki-laki banyak membuat pernikahan hancur. Kenapa? Karena semua hal ini hanya menghasilkan dua ekor lembu yang  mengunci tanduk (menimbulkan banyak perdebatan). Untuk wanita, lebih jelasnya bisa membaca tulisan berjudul 5 rahasia Pria Yang Harus Diketahui Wanita.
  3. Dalam beberapa hal, pasangan Anda pasti AKAN membuat Anda kesal dan marah. Mereka akan mengatakan dan melakukan beberapa hal terbodoh yang tidak pernah Anda dengar atau lihat sebelumnya dan mungkin beberapa hal akan menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari mereka selama sisa hidup mereka. Dan jika itu merupakan hal-hal yang tidak terlalu penting, tidak membahayakan dan tidak mendasar dalam hidup, Anda harus belajar bagaimana untuk menerima dan membiarkan hal-hal seperti itu dari pasangan Anda.
  4. Jika Anda ingin pasangan Anda di sisi Anda dan untuk tetap mempertahankan pernikahan, Anda harus membuat mereka merasa nyaman di rumah bersama Anda. Ini berarti dalam pernikahan yang berhasil dan rumah tangga yang bahagia Anda TIDAK AKAN mendapatkan keinginan Anda setiap waktu, perhatikan juga keinginan pasangan, buat keseimbangan. Hal ini berlaku untuk Anda apakah Anda laki-laki atau perempuan.

marahan
Mengalah untuk hal-hal penting
(Foto dari: www.roportal.ro)


Simpan ketidaksetujuan
atau perdebatan Anda untuk hal-hal penting dalam hidup seperti:

  1. Rumah sakit mana yang akan dijadikan tempat berobat jika ada anggota keluarga yang sakit
  2. Apakah anak harus home schooling atau bersekolah di sekolah biasa
  3. Apakah harus membeli rumah atau mengontrak saja

Dan ketika Anda tidak setuju tentang hal-hal penting dalam hidup, berikut ini adalah cara bagaimana menghadapinya tanpa menyebabkan pertengkaran atau masalah rumah tangga yang lebih luas. Anda dapat menggunakan model-model dibawah ini untuk mengatasi perbedaan pendapat sederhana agar tidak terjadi masalah dan petengkaran dalam rumah tangga yang lebih besar. Karena Tips cepat yang tadi hanya merupakan cara untuk menurunkan tingkat stres di rumah Anda dengan cepat.

Model Pencegahan Adu Argumen (Dengar, Akui, Posisi, Periksa):

  1. Dengarkan. Biarkan pasangan Anda berbicara menurut pikiran mereka dari awal sampai akhir. Jangan terburu-buru untuk menjawab dan jangan biarkan emosi Anda menepi sapa yang mereka katakan. Jika Anda kewalahan oleh apa yang mereka katakan, sebutkan saja, “Aku hanya perlu waktu sebentar,” atau “Aku minta maaf sayang, aku akan segera kembali.” Ini lebih baik untuk mengambil nafas daripada meledakkannya.
  2. Akui. Hanya menyatakan sesuatu seperti, “Aku mendengar apa yang Kamu katakan,” atau “Aku mengerti.”
  3. Posisi. Jika Anda tidak setuju dengan apa yang suami atau istri katakan, katakanlah dengan tenang  sesuatu seperti, “Sementara X adalah sebuah pilihan, aku berpikir tentang Y karena (alasan).”
  4. Periksa. “Bagaimana perasaan Anda tentang itu?” atau “Apa pendapat Anda tentang hal ini?”
  5. Kompromi sebagaimana diperlukan. Anda tidak harus selalu mengharapkan atau ingin mendapatkan sesuatu sesuai dengan cara Anda sepanjang waktu dalam pernikahan. Anda mencintai pasangan Anda dan Anda ingin mereka untuk menjadi bahagia dan merasa diperlakukan dengan adil. Sebuah hubungan tidak dapat didasarkan pada keegoisan.

cemburu
Dengar, akui, posisi, periksa
(Foto dari: counsellingandmediation.com)


Mengapa Metode ini
Berfungsi?

  • Pada Langkah 1, telinga Anda terbuka dan bibir Anda disegel. Anda memberi suami atau istri waktu mereka untuk berbicara dengan tenang.
  • Pada Langkah 2, Anda mengakui apa yang mereka katakan tanpa mematikannya. Anda menghormati bahwa apa yang mereka katakan adalah benar. Anda tidak menyebut mereka konyol, egois, ceroboh, dan lain-lain.
  • Pada Langkah 3, Anda menempatkan pilihan di luar sana untuk dipertimbangkan oleh pasangan Anda. Ini bukan permintaan. Dan karena Anda sudah memberi mereka pengakuan, pada saat ini suara Anda tidak boleh dinaikkan (bicara dengan nada tinggi).
  • Pada Langkah 4, Anda pada dasarnya meminta jalan keluar, tapi Anda melakukannya dengan cara yang sopan dan tidak menghina pasangan Anda atau apalagi dengan melakukan kekerasan dalam rumah tangga.
  • Pada Langkah 5, Anda menunjukkan bahwa Anda tidak PERLU untuk memakai cara Anda, meskipun Anda akan sangat menyukainya. Perlu diingat bahwa kompromi tidak berarti harus selalu win win solution. Kadang-kadang pasangan Anda yang harus dipakai idenya, sementara di lain waktu, idea atau pikiran Anda yang dipakai.

Itulah cara menghadapi masalah rumah tangga yang cukup efektif. Lain kali jika Anda bertanya bagaimana untuk berhenti berdebat dengan suami atau istri Anda, cukup ingat model-model di atas. Dibutuhkan waktu untuk belajar bagaimana mengontrol reaksi Anda untuk berdebat dan sadar diri. Cukup membuatnya menjadi prioritas agar berfungsi untuk sehatnya pernikahan dan keharmonisan dalam rumah tangga Anda. Sebuah perselisihan tidak harus menjadi adu argumen dan pertengkaran habis-habisan, apalagi menimbulkan masalah dalam rumah tangga yang serius. Hal ini dapat diselesaikan dengan kematangan berfikir dan tanpa kesulitan yang berarti. Untuk melengkapinya, silahkan baca juga 9 Tips Rumah Tangga Bahagia.

Apakah Anda punya tips yang lain? Silahkan share pada kolom komentar agar bermanfaat bagi setiap pasangan yang sedang mencari solusi! ^_^ 

loading...
Terima kasih telah membaca artikel tentang cara berumah tangga, masalah suami istri. Apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan, terima kasih.

Tags: Rumah Tangga Bahagia