PASANGAN TUA LEBIH CERDAS MENGATASI MASALAH RUMAH TANGGA?

Pasangan Tua Lebih Cerdas Mengatasi Masalah Rumah Tangga? – Bagaimanapun juga yang namanya pernikahan dan rumah tangga adalah menyatukan 2 kepala yang berbeda, dua hati, dua kebiasaan bahkan dua kultur. Maka tidak jarang selalu muncul banyak perbedaan dan perdebatan. Namun itu bukan merupakan sesuatu yang buruk juga, asalkan tidak berlebihan karena terkadang hubungan yang erat dan hangat membutuhkan sedikit bumbu-bumbu perselisihan.

kakek nenek romantis
Makin tua makin bijak dalam rumah tangga

Seperti itulah hidup berumah tangga. Selalu identik dengan berbagai macam perbedaan yang terkadang menyatukan lebih erat sepasang manusia dan tidak jarang juga mengakibatkan pertengkaran yang berujung perceraian.Akan tetapi baru-baru ini ada sebuah studi atau penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari San Francisco State University yang menyebutkan bahwa bahwa seiring dengan semakin bertambahnya usia pasangan, maka mereka juga akan semakin cerdas dalam mengatasi perbedaan yang sering terjadi dan ternyata terbukti bahwa pasangan tua lebih cerdas mengatasi masalah rumah tangga.

Untuk bisa mendapatkan kesimpulan dari penelitian tersebut, para peneliti mengamati sebanyak 127 pasangan yang menikah dalam usia mudadan juga pasangan nikah paruh baya. Fokus penelitian tersebut antara lain mengamati berbagai topik pembicaraan para pasangan mengenai kondisi keuangan dan juga berbagai masalah keluarga lainnya yang biasa terjadi dalam rumah tangga.

Hasil dari pengamatan dan penelitian tersebut, sebagaimana disebutkan oleh para peneliti bahwa mereka menemukan adanya sebuah demand withdraw pattern atau pola tarik ulur yang semakin berubah seiring dengan pertambahan usia para pasangan. Dalam komunikasi yang terjadi diantara para pasangan ini, ada sebuah kecenderungan untuk menyalahkan pasangan yang tujuannya agar mereka berubah, sedangkan bagi pasangan yang disalahkan tersebut selalu mencoba untuk menghindari topik pembicaraan saat mereka disalahkan dan lebih memilih pergi untuk menghindar sejenak hingga emosi pasangannnya mereda terlebih dahulu.

Menurut para peneliti yang melakukan studi ini, demand withdraw pattern alias pola tarik ulur ini lebih cenderung banyak terjadi pada para pasangan nikah yang masih muda. Sedangkan pada pasangan nikah yang lebih tua, cara yang mereka lakukan untuk bisa mengatasi masalah rumah tangga mereka adalah dengan cerdas dan lebih mudah dalam mengubah suatu topik pembicaraan ataupun dengan cara mengalihkan perhatian supaya tidak terjadi pertengkaran atau perdebatan dengan pasangannya. Dan hal ini memang banyak dilakukan pasangan yang lebih tua sehingga mereka bisa mengatasi masalah dalam rumah tangganya.

loading...

Menurut Sarah Holley, yang juga seorang asisten dari profesor psikologi dan juga merupakan seorang direktur Relationships, Emotion and Health Lab dari San Francisco State University menyebutkan bahwa hasil penelitian ini bukan salah satu faktor saja yang penting dalam rumah tangga, akan tetapi juga tampaknya baik usia pasangan maupun durasi dari pernikahan mereka ternyata dapat memainkan peranan yang sangat penting dalam peningkatan penggunaan metode yang mereka gunakan dalam penghindaran ketika mereka sebagai pasangan mulai bertengkar, demikian sebagaimana dikutip olehWebMD.

pasangan tua romantis
Metodenya adalah mengalihkan pembicaraan

Nah, itulah yang menjadi alasan kenapa pasangan tua lebih cerdas mengatasi masalah rumah tangga. Bagaimana dengan Anda? Jika Anda pasangan yang masih muda, haruskah menunggu tua terlebih dahulu untuk mendapat keharmonisan dalam rumah tangga? Tentu saja tidak demikian bukan, kedewasaan bisa dibentuk tidak hanya dengan pengalaman hidup yang lama, namun salah satunya bisa juga dengan jalan banyak belajar. Tentu belajar bukan hanya untuk anak sekolah atau kuliahan, terutama belajar untuk hidup berumah tangga. Silahkan Anda cari artikel-artikel di blog ini sebagai bahan untuk membina rumah tangga bahagia. Untuk melengkapi tulisan yang sedang Anda baca ini, mungkin beberapa judul ini bisa bermanfaat untuk dijadikan masukan dalam mengatasi masalah rumah tangga, Anda tinggal klik untuk membacanya:

 

Terima kasih telah membaca artikel tentang masalah rumah tangga yang muncul jika istri lebih tua. Apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan, terima kasih.

Tags: Rumah Tangga Bahagia