DAMPAK PUTUS CINTA BAGI KESEHATAN MENTAL PRIA

Dampak Putus Cinta Bagi Kesehatan Mental Pria – Bercerai ataupun putus cinta dengan pasangan tentu saja meninggalkan sebuah ‘luka’ di dalam hati bagi sebagian orang, namun ternyata hal tersebut juga dapat mengganggu kesehatan mental seorang pria. Mereka yang memilih untuk mengakhiri sebuah hubungan cinta dengan pasangannya cenderung mempunyai tingkat yang lebih tinggi dalam mengalami depresi dan dalam beberapa kasus bisa berujung bunuh diri apabila tidak ada dukungan sosial dari lingkungan sekitarnya.

Dampak putus cinta bagi kesehatan mental pria itu terungkap dalam sebuah penelitian terbaru yang menyebutkan bahwa pria yang telah bercerai ataupun putus cinta dengan pasangannya mempunyai 39% kecenderungan untuk melakukan bunuh diri jika dibandingkan dengan pria yang masih hidup bahagia dengan para pasangannya.

Pria putus cinta
Efek negatif putus cinta pada pria

Dr. Daniel S. Felix, seorang ahli dari University of Nebraska, ASyang pernah melakukan penelitian ini, mengungkapkan bahwa para ahli kesehatan mesti mengetahui bahwa sebuah perceraian dan putus cinta memiliki hubungan yang berbanding lurus dengan kesehatan mental bagi para pria.

Selain itu, perceraian dengan pasangan juga dapat memicu sebuah perubahan mood negatif yang sangat drastis mulai dari menjadi seorang peminum alkohol, merasa malas dalam bekerja, kurang tidur dan cenderung membenci teman-teman yang berada di sekitarnya dan juga memicu kondisi kesehatan yang cukup buruk sehingga sangat mudah terserang berbagai penyakit.

loading...

Oleh karena  itu, para peneliti juga menghimbau pada seluruh ahli kesehatan yang ada di rumah sakit agar lebih peka lagi terhadap berbagai penyakit yang mempunyai dasar psikologis sebagai akibat perceraian. Mereka juga menyarankan untuk selalu memberi penyuluhan akan pentingnya asupan nutrisi, olahraga dan juga kualitas tidur untuk para pasien yang diketahui bahwa dia telah bercerai.

Senada dengan hal tersebut, Profesor Ridwan Shabsigh dari Cornell University – Amerika menyebutkan bahwa persepsi yang menyebutkan bahwa pria lebih tangguh dan lebih tahan terhadap sebuah trauma psikologis dibandingkan seorang wanita harus dipatahkan. Karena faktanya, seorang pria lebih mudah untuk terpengaruh secara substansial dengan adanya trauma psikologis serta berbagai aktivitas kehidupan yang bersifat negatif seperti bercerai, melangami kebangkrutan, perang dan juga kematian.

Menurut penuturan profesor Ridwan, penelitian yang dilakukan lebih lebih lanjut memang sangat dibutuhkan untuk dapat melihat prevalensi dan juga dampak atau efek perceraian atau putus cinta tersebut sehingga sangat berguna sebagai sebuah pedoman bagi siapapun yang menjadi praktisi kesehatan. Hasil dari penelitian tersebut juga pernah diterbitkan di dalam Journal of Men’s Health beberapa waktu silam.

Itulah dampak putus cinta bagi kesehatan mental pria. Meski selama ini wanita selalu dibilang lebih rapuh, namun ternyata banyak juga pria yang merasakan efek negatif yang jauh lebih besar dibanding wanita, meski terkadang mereka lebih pintar menyembunyikannya.

Terima kasih telah membaca artikel tentang efek putus cinta, akibat putus cinta. Apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan, terima kasih.

Tags: Tips Cinta