KECOCOKAN PASANGAN MENJAMIN KEBAHAGIAAN PERNIKAHAN?

Apakah benar kecocokan pasangan hidup menjamin kebahagiaan? Untuk dapat melihat seperti apa sosok kepribadian yang menyangkut kesesuaian dengan calon pasangan hidup kita, maka kita dapat menemukannya pada saat sedang penjajagan ataupun proses pacaran. Baik itu dari cara bicara, sikap dan juga perilaku, kegiatan hobi ataupun kegemarannya, maupun berbagai aktivitas lainnya.

Informasi yang didapatkan dari teman, saudara ataupun keluarga besarnya dapat memperkaya kita dalam menyimpulkan mengenai kecocokan pasangan dari sosok si calon pasangan hidup. Tapi untuk sampai pada kesimpulan mengenai gambaran yang dimaksud, tidaklah perlu terlalu detail, sehingga waktu yang Anda butuhkan untuk proses penjajagan juga tidak usah terlalu lama.

kecocokan pasangan hidup

Menemukan tipe yang cocok
(Image: idiva.com)

Orang dengan ‘tipe rumahan’ akan lebih cocok dan lebih serasi jika berpasangan dengan orang dari tipe yang sama. Tipe yang satu ini cenderung lebih siap dan lebih menghargai pernikahannya dari pada mengutamakan berbagai prestasi yang lebih bersifat pribadi. Sifat dan juga karakter yang sama-sama tidak menyukai perjalanan serta pengembaraan akan mendorong mereka untuk memberikan dan mengalokasikan sebagian besar waktu dan perhatiannya bagi keluarga.

loading...

Orang tipe rumahan ini sebenarnya akan kurang cocok jika dia bersanding dengan seseorang dari tipe pengembara. Orang yang punya tipe pengembara cenderung mengutamakan ego dan prestasi pribadi. Sifat seperti ini akan sering melukai pasangannya yang bertipe rumahan.  Apalagi sifat introvert dan juga posesif dari orang tipe rumahan gampang sekali untuk menyulut api cemburu. Sehingga berbagai kegiatan pasangannya dari tipe pengembara justru tidak pernah akan membuat tenang, malah bisa menjadi salah satu pemicu timbulnya pertengkaran dalam rumah tangga. Dari pengalaman, tidak sedikit berbagai kasus perselisihan dalam rumahtangga dipicu oleh perbedaan seperti ini.

Tipe pengembara yang cenderung atraktif lebih cocok dengan orang yang dengan tipe pengembara juga. Perilaku, aktivitasnya, maupun kegemaran orang dengan tipe yang dinamis ini sangat sesuai dengan orang yang memiliki hobi maupun kegiatan yang juga sama dinamisnya. Tapi mengingat tipe ini mempunyai sifat yang cepat bosan dan lebih menyukai tantangan, maka hubungan ataupun relasi orang yang dengan tipe sama ini terkadang juga tidak dapat berlangsung lama.

Sedangkan untuk orang yang memiliki ‘tipe antara’, akan dapat menyesuaikan dengan kedua tipe lainnya. Akan tetapi sebelum buru – buru memutuskan untuk segera melangkah ke jenjang pernikahan, sebaiknya orang yang dengan’ tipe antara’ ini memikirkan dulu secara masak-masak apakah dia sudah siap dengan berbagai macam kemungkinan yang terjadi di kemudian hari. Posisi ini mirip sekali dengan orang biasa yang mendapat pasangan orang yang cukup terkenal, seperti artis atau publik figur.

Namun sekali lagi, adanya pembagian kelompok seperti ini lebih dimaksudkan untuk dapat membantu menemukan kecocokan pasangan hidup ataupun mendekati kepribadian dan juga karakter yang kita miliki sendiri.

Terima kasih telah membaca artikel tentang bagaimana ketika menikah tidak menemukan kecocokan. Apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan, terima kasih.