MENGENAL 16 TANDA KEHAMILAN

Mengenal 16 Tanda Kehamilan – Allah Menciptakan bumi ini lengkap dengan sarana untuk memakmurkan dan memenuhinya dengan umat manusia. Salah satu sarana itu adalah pernikahan, kehamilan, dan persalinan. Jika dalam pernikahan ada sejumlah syarat yang jika dipenuhi maka membuat pernikahan akan sukses dan bahagia, begitu juga dengan kehamilan. Ada beberapa syarat yang jika dipraktikan, besar kemungkinan akan menghasilkan kesuksesan pula. Ada banyak kiat yang yang harus dilakukan kaum wanita jika dia ingin menjalani kehamilannya dengan indah dan menyenangkan. Tapi dalam postingan ini fanind.com tidak akan  membahas kiat-kiat menjaga kehamilan yang sudah banyak dibahas dalam banyak majalah ataupun blog, tapi untuk pasangan suami istri setidaknya harus mengetahui tanda awal kehamilan terlebih dahulu agar dapat mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan. Rumah tangga bahagia akan semakin lengkap dengan kehadiran buah hati di tengah-tengah keluarga.

ibu hamil
Mengenal ciri-ciri ibu hamil
(Foto dari: www.telegraph.co.uk)

Tanda-tanda kehamilan dimulai pada fisik lahiriah. Seorang istri pasti diliputi kebahagiaan ketika mengetahui dirinya hamil, khususnya pada kehamilan yang pertama. Mungkin tidak semua ciri wanita hamil ada dalam tulisan mengenal 16 tanda kehamilan ini. Berikut ini merupakan 16tanda-tanda kehamilan:

  1. Haid berhenti, fisik membengkak, dan rahim membesar
  2. Payudara berubah, keduanya menjadi lebih besar, lebih berat, dan lebih padat. Kadang sebagian  wanita merasa payudaranya agak sedikit sakit.
  3. Mual-mual ringan. Sebagian wanita akan mengalami mual ringan setiap pagi, khususnya pada masa-masa awal, hal itu terjadi karena perut kosong. Pada sebagian wanita rasa mual itu bisa menyebabkan muntah. Untuk menghindarinya, silahkan sediakan biskuit di dekat tempat tidur supaya bisa langsung dikonsumsi ketika bangun tidur.
  4. Sangat sensitif  terhadap berbagai bau-bauan.
  5. Ngidam, khusunya pada tiga bulan petama. Tanda-tanda ngidam berbeda antara satu wanita dengan wanita yang lainnya sesuai dengan kondisi fisik dan pisikisnya. Tak ada seorangpun yang tahu penyebab dari ngidam. Ngidam hanya merupakan gejala temporer yang tidak terjadi pada semua wanita hamil. 
  6. Perubahan detak jantung dan sirkulasi darah. Sebelum hamil, detak jantung wanita normalnya membutuhkan aliran darah sebanyak 6.500 liter per hari, sedangkan setelah hamil ibu dan bayi membutuhkan aliran darah sebanyak 15.000 liter per hari. Karena tambahan tugas ini detak jantung bertambah sehingga membuatnya semakin berdetak cepat. Selain itu, janin juga meyerap saripati makanan dari darah ibunya, sehingga ibu seringkali mengalami kekurangan darah.
  7. Kelenjar endoktrin. Beberapa fungsi kelenjar endoktrin mengalami distorsi pada masa kehamilan seperti tiroid yang semakin membutuhkan yodium.
  8. Perubahan pada tulang dan gigi. Tulang dan gigi wanita hamil biasanya agak rapuh. Hal ini terjadi karena janin menyerap darah, kalsium, serta zat-zat lain untuk pertumbuhan tulangnya.
  9. Sering  buang air kecil pada awal dan akhir masa kehamilan.
  10. Vagina mengeluarkan cairan.
  11. Bercak merah yang mirip bisul di bagian bawah perut. Kadang juga terlihat di bagian bawah payudara dan di atas paha.
  12. Bagian bawah dada biasanya terasa seperti tersengat atau terbakar, lazimnya juga disertai muntah-muntah atau keluarnya cairan yang asam atau pahit.
  13. Perut penuh dengan gas. Untuk menghindarinya yaitu dengan cara mengurangi mengkonsumsi makanan seperti bawang, cabai, kol, serta tidak banyak minum air saat makan.
  14. Sembelit. Hal ini disebabkan oleh tekanan rahim yang semakin membesar terhadap perut dan usus besar.
  15. Nyeri pada betis.
  16. Susah tidur. Meskipun hasrat tidur pada minggu-minggu pertama meningkat, pada minggu-minggu terakhir dia biasanya susah tidur. Hal ini terjadi karena beberapa faktor yaitu gerakan janin, sesak nafas, kontraksi otot, dan selalu memikirkan masalah persalinan
bayi dalam kandungan
Bayi dalam kandungan
(Foto dari: planetearthherald.com)

Itulah beberapa gejala dan perubahan selama proses kehamilan pada wanita sehat. Perlu diingat bahwa tidak semua gejala itu dialami oleh wanita hamil, mungkin sebagian wanita hanya mengalami beberapa gejala di atas yang tidak dialami wanita lain, begitupun sebaliknya, wanita lain belum tentu mengalami gejala kehamilan yang sama dengan Anda. Semua perubahan alamiah ini akan hilang begitu kehamilan berakhir. Semoga tulisan tentang mengenal 16 tanda kehamilan ini bermanfaat bagi pasangan yang mendambakan momongan.

loading...
Terima kasih telah membaca artikel tentang cara menjadi istri sholeha, denyut nadi wanita hamil muda. Apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan, terima kasih.

Tags: Tips Istri Cerdas