PERNIKAHAN OUTDOOR DAN 12 TIPSNYA

Pernikahan Outdoor Dan 12 Tipsnya – Pesta pernikahan memang direncanakan sekali dalam seumur hidup. Setiap pasangan sering berharap bisa mendapatkan suatu konsep pesta pernikahan yang unik, menarik, berkesan dan tidak terlupakan. Baik untuk pengantin itu sendiri ataupun bagi para undangan yang hadir. Salah satu yang jadi perhatian banyak pasangan di zaman sekarang ini adalah pesta pernikahan outdoor. Konsep outdoor dianggap lebih menarik dibandingkan dengan pernikahan yang biasa dilakukan di dalam ruangan dengan menyewa gedung dan lain-lain.

Pesta pernikahan outdoor
12 tips pesta pernikahan outdoor

Jika Anda termasuk pasangan yang ingin melaksanakan pesta pernikahan di luar ruangan. Tentu perencanaan acara pesta pernikahan outdoor membutuhkan lebih banyak perhatian termasuk  hal-hal yang detail sekalipun dibandingkan pernikahan di dalam ruangan agar semua acara berjalan lancar. Inilah pesta pernikahan outdoor dan 12 tipsnya.

1. Pertimbangkan Faktor Cuaca

Saat merencanakan acara pesta pernikahan outdoor, inilah tips pertama yang sangat penting untuk diperhatikan. Melihat prakiraan cuaca dalam waktu jangka panjang sebelum menetapkan tanggal pernikahan Anda. Anda dapat mengecek terlebih dahulu di website yang berisi tentang prakiraan cuaca. Misalnya website www.bmkg.go.id, cuaca.mirbig.net ataupun lainnya.

Anda juga harus rutin memeriksa ramalan cuaca pada web tersebut pada hari-hari menjelang dilaksanakannya pesta pernikahan untuk dapat mengetahui perkembangan terakhir serta situasi cuaca potensial. Anda juga dapat memberitahukan rencana alternatif kepada para tamu Undangan melalui kartu undangan, sehingga mereka juga dapat berjaga-jaga. Akan lebih baik jika Anda mengadakan pesta pernikahan di musim kemarau.

2. Awas Alergi

Jika Anda termasuk salah seorang yang menderita alergi, misalnya seperti alergi cuaca dingin atau gigitan serangga, maka sebaiknya Anda harus lebih berhati-hati apabila ingin mengadakan pesta pernikahan outdoor. Sebaiknya Anda telah mempersiapkan diri dengan mengkonsumsi obat anti alergi sebelum acara pesta pernikahan Anda.

Pesta pernikahan outdoor
Pertimbangkan cuaca dan serangga


3. Pilih Gaun Yang Tepat

Pastikan gaun pernikahan yang Anda pakai terasa nyaman dan sesuai. Pilihlah gaun yang cukup ringan, memudahkan dan membebaskan Anda untuk bergerak leluasa. Sedangkan untuk sepatu yang digunakan, jenis high heels tampaknya bukan pilihan yang tepat untuk dipakai dalam pesta pernikahan outdoor. Pilihlah sepatu dengan heels yang sedang ataupun datar yang bisa memudahkan Anda untuk bergerak dengan leluasa, atau bahkan dengan bertelanjang kaki sekalipun sepanjang pesta pernikahan bukan merupakan ide yang buruk untuk dilakukan dalam pernikahan outdoor.


4. Perhatikan Kenyamanan Tamu Undangan

Para tamu undangan adalah alasan paling utama dalam mengadakan sebuah acara walimah nikah atau pesta pernikahan. Jadi, kenyamanan mereka harus jadi faktor utama yang menjadi perhatian serius. Apakah tempat duduk mereka sudah memadai dan tidak akan terganggu dengan cuaca yang terlalu panas, terlalu dingin, ataupun berangin? Apakah posisi tempat duduk mereka memungkinkan untuk dapat melihat jalannya acara pernikahan dan berbagai acara lainnya dengan baik. Jangan sampai kursi merekamenghadap ke arah sinar matahari karena itu membuat mereka kurang nyaman. Apakah akses jalan tidak akan membuat para tamu kesulitan untuk mencapai tempat berlangsungnya acara? Apakah tempat parkir untuk para tamu undangan sudah memadaidan cukup dekat?. Jangan lupa untuk memperhatikan infrastruktur dasar, seperti toilet, listrik dan juga air bersih, jika seaktu-waktu dibutuhkan oleh para tamu undangan.

Pesta pernikahan outdoor
Kenyamanan tamu undangan adalah faktor utama


5. Hidangan Makanan

Menjaga agar makanan yang dihidangkan tetap aman dalam cuaca yang cukup panas maupun dalam cuaca yang dingin dapat menjadi masalah tersendiri dalam acara pesta pernikahan outdoor. Anda bisa berdiskusi terlebih dahulu dengan pihak katering tentang keamanan pelayanan dan juga penyajian makanan. Lebih baik jika sejak awal mempertimbangkan semua kemungkinan paling buruk yang mungkin dapat terjadi, sehingga makanan yang akan dipersiapkan tidak terbuang percuma.

Jika fasilitas yang tersedia tidak memungkinkan untuk para tamu undangan menyantap makanan diluar ruangan, terkadang akan jauh lebih mudah jika yang dilaksanakan diluar ruangan hanya akad nikahnya saja dan kemudian kembali ke dalam ruangan untuk menyajikan hidangan makanan bagi tamu Anda. Walaupun jika seperti ini jadi setengah-setengah konsep pernikahan outdoornya.

Pesta pernikahan outdoor
Bicarakan terlebih dahulu dengan penyedia katering


6. Hati-Hati Dengan Serangga

Kepungan serangga kadang datang tak terduga dan bisamerusak kebahagiaan dalam acara pernikahan outdoor. Seperti banyaknya nyamuk di pesta pernikahan outdoor yang dilaksanakan pada malam hari. Pastikan melakukan pencegahan sebelumnya jika ada serangga atau hama yang tidak diinginkan selama acara pernikahan sedang berlangsung. Diskusikan sebelumnya dengan wedding planner atau Event Organizer untuk membantu mengambil langkah-langkah yang diperlukan dalam mencegah kehadiran hama yang tidak diinginkan.

7. Gunakan Bunga yang Sedang Musim

Bunga yang sedang berkembang pada musim tertentu atau sepanjang musim akan lebih siap untuk menerima suhu di luar ruangan daripada bunga yang sedang tidak musim ataupun bunga yang tumbuh di iklim lain.

8. Cantumkan Daftar Pakaian Untuk Para Tamu

Para tamu undangan akan merasa lebih nyaman menikmati pesta pernikahan Anda jika mereka memakai busana yangtepat untuk acara ini. Anda dapat menunjukkan cara berpakaian yang cocok dengan lokasi pesta pernikahan outdoor pada undangan Anda. Secara khusus, alas kaki pun bisa membuat sebuah perbedaan jika tamu undangan harus melintasi medan tertentu untuk mencapai lokasi pernikahan yang Anda pilih.

Pesta pernikahan outdoor
Cantumkan busana yang tepat dalam undangan

Pertimbangkan segala rincian dengan detail. Jika lokasi pesta pernikahan Anda cukup hangat pada siang hari, maka para tamu undangan bisa dianjurkan untuk memakai busana yang tidak terlalu tebal. Namun apabila lokasi pesta pernikahan Anda cukup dingin dan diadakan pada malam hari di tempat yang agak tinggi seperti di wilayah pegunungan, maka baju yang lebih tebal dan juga syal dekoratif akan menjadi sebuah petunjuk yang sangat berharga bagi para tamu undangan.

9. Waktu Dan Tempat Yang Tepat

Apakah Anda cenderung untuk memilih pesta pernikahan pada siang, sore, atau malam hari?. Ada banyak hal yang harus Anda perhatikanterlebih dahulu. Pastikan Anda dan pasangan dapat terlihat menarik saat foto di pelaminan dan jangan sampai waktu yang Anda pilih untuk pesta pernikahan nantinya menyulitkan fotografer untuk mengambil fotoyang bagus. Misalnya sinar matahari yang terlalu terang pada saat siang hari dapat menyulitkan sang fotografer untuk dapat mengambil gambar pada momen paling indah dalam hidup Anda.

Pesta pernikahan outdoor
Persiapan detail sesuai waktu dan tempat

Pertimbangkan juga kebutuhan lain seperti lubang-lubang api dan persediaan minuman hangat jika Anda memilih lokasi yang cukup dingin. Jika memungkinkan, Anda perlu mensurvei terlebih dahulu tempat dan lokasi pesta pernikahan Anda sebelumnya untuk dapat memastikan kenyamanan tamu undangan nantinya.

10. Tempat Pernikahan Outdoor Yang Tepat

Banyak pilihan tempat pernikahan outdoor terbaik yang bisa Anda pertimbangkan seperti taman, pinggir pantai, hutan, tepi danau, wilayah pegunungan, lapangan golf, country club, kapal, bisa juga di halaman belakang rumah yang cukup luas, perkebunan strawberi, ataupun hotel tertentu yang menyediakan fasilitas untuk hal ini.

11. Dekorasi Yang Tepat

Dekorasi yang sangat tepat dalam pesta pernikahan outdoor adalah dekorasi yang cukup simple. Apalagi jika pesta diadakan di kebun ataupun pantai yang tentu saja telah menawarkan dekorasi pesta secara alami sehingga Anda tidak usah repot-repot untuk menambahkan banyak ornamen ataupun detail tertentu terhadap dekorasi pesta pernikahan outdoor Anda ditempat seperti ini.

Pesta pernikahan outdoor
Selalu siapkan rencana cadangan


12. Siapkan Rencana Cadangan

Mungkin ini merupakan tipsyang cukup penting dari perencanaan acara pernikahan outdoor. Dengan membuat rencana lain dan menyiapkan fasilitas indoor juga karena sekarang cuaca makin tidak bisa diprediksi.

Itulah sekilas tentang pernikahan outdoor dan 12 tipsnya. Saya sarankan Anda untuk selalu menggunakan event organizer atau tenaga pernikahan profesional dengan semua informasi yang dibutuhkan untuk membuat perubahan yang mungkin mendadak dalam lokasi karena cuaca yang tidak menentu.

Terima kasih telah membaca artikel tentang pernikahan outdoor, konsep pernikahan outdoor. Apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan, terima kasih.

Tags: pesta pernikahan

loading...