SUNNAH BERSENDA GURAU SEBELUM BERCINTA

Sunnah Bersenda Gurau Sebelum Bercinta – Memenuhi kebutuhan biologis untuk pasangan yang telah berkeluarga menjadi hal yang penting dalam berumah tangga. Ternyata Islam juga telah mengaturnya sedemikian rupa. Di mulai dari waktu-waktu yang disunnahkan, bagaimana tata caranya, serta berbagai hal kecil yang harus dilakukan oleh pasangan suami istri sebelum memulai.

Salah satunya hal kecil namun berpahala yang dianjurkan Rasulullah SAW sebelum mulai bercinta adalah bersenda gurau atau bercanda terlebih dahulu. Aktivitas seperti ini dipercaya akan menambah rasa kasih sayang yang ada diantara keduanya. Bukan hanya itu, ternyata aktifitas kecil ini juga berpahala. Tidak tanggung-tanggung, Rasulullah SAW sendiri bersabda bahwa perbuatan seperti ini menjadi pelebur dosa. Masih banyak lagi pahala lainnya dari sunnah bersenda gurau sebelum bercinta ini. Apa saja?

Sunnah Bersenda Gurau Sebelum Bercinta

Image: www.goziyan.com

Dalam Islam, bagi Anda pasangan suami istri, aktivitas bercinta ini selalu bernilai pahala.  Bahkan bersenda gurau pun sudah dinilai ibadah. Dalam sebuah riwayat, disebutkan bahwa Ibnul Qayyim berkata, ‘’Sebaiknya sebelum berhubungan intim hendaknya diajak bersenda gurau & menciumnya dulu, sebagaimana Rasulullah saw juga melakukannya.’’

Dalam riwayat lainnya disebutkan bahwa sepasang suami istri dilarang berjima tanpa adanya perantara terlebih dahulu. Seperti yang telah disabdakan Nabi SAW berikut ini.

“Janganlah sekali kali ada seorang diantara kalian yang bersetubuh dengan istrinya seperti yang dilakukan oleh hewan. Sebaiknya, diantara keduanya memakai suatu perantara.”

loading...

Perantara yang dimaksud di dalam hadist tersebut ialah bersenda gurau. Senda gurau atau bercanda bagaimana yang dimaksudkan? Nabi menjelaskan bahwa senda gurau dapat dilakukan dengan cara bermesraan, memegang-megang beberapa bagian tubuh suami ataupun istri, mencium istri & berbincang-bincang dulu dengan obrolan yang indah-indah. Seperti yang telah dijelaskan dalam riwayat berikut ini, saat Nabi SAW menjawab pertanyaan mengenai bercanda sebelum bercinta tersebut.

‘’Apakah yang dimaksud dengan perantara tersebut?’’ Nabi SAW menjawab, ‘’Yaitu mencium & berbicara dengan menggunakan bahasa yang indah-indah.” Baca juga: Bahagialah Istri Jika Suaminya Pulang & Langsung Minta Bercinta.

Begitu banyaknya pahala dari aktifitas bercanda sebelum bercinta ini, mulai dari dapat melebur dosa, mengangkat derajat atau bahkan lebih baik dari seluruh dunia beserta isinya. Sebagaimana yang pernah diriwayatkan oleh Aisyah bahwa Rasulullah SAW bersabda:

‘’Siapa yang memegang tangan istri & kemudian ia merayunya, maka Allah SWT akan menuliskan baginya satu kebaikan & melebur satu kejelekan juga mengangkat satu derajat untuknya. Jika merangkulnya, maka Allah SWT akan menuliskan baginya sepuluh kebaikan & akan melebur sepuluh kejelekan serta akan mengangkat 10 derajat baginya. Jika menciumnya maka Allah SWT akan menuliskan baginya 20 kebaikan & meleburnya 20 kejelekan serta mengangkat 20 derajat baginya. lalu apabila bersenggama dengannya, maka hal tersebut lebih baik daripada dunia & seluruh isinya.” Baca juga: Variasi & Gaya Bercinta Menurut Islam.

Begitulah istimewanya behubungan suami istri setelah menikah. Apapun aktifitas yang dilakukan selalu ada nilai pahalanya. Untuk itu, sebaiknya jangan tinggalkan sunnah berseda gurau sebelum bercinta dengan istri atau suami ini. Bercanda sebelum bercinta & aktifitas fore play lainnya seperti yang disebutkan di atas selain berpahala akan menambah gairah juga dalam berhubunngan. Selengkapnya tentang hal ini bisa merujuk buku qurratul ‘uyun & uqudu lujain.

Terima kasih telah membaca artikel tentang Bersenda gurau dengan suami berpahala. Apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan, terima kasih.