TIPS JITU PROMOSI BISNIS ONLINE

Tips promosi bisnis online pada jam sibuk internet. Lagi iseng-iseng ‘maen’ notebook teman, saya menemukan sebuah gambar data statistik  di harddisk nya. Saya kira data statistik apaan, ternyata katanya ini gambar statistik yang menunjukan jam sibuk orang Indonesia online di internet. Sayangnya dia lupa darimana sumber yang membuat survey-nya siapa atau lembaga mana.

 

jam sibuk facebook
Jam sibuk orang Indonesia di dunia maya
(Gambar dari: riy4nti.wordpress.com)

Dalam grafik statistik ini bisa dilihat kalau kebanyakan orang Indonesia online pada jam 15.00 sampai jam 16.00. Saya juga kurang tahu persisnya kenapa ya jam segitu paling banyak orang yang online, mungkin karena menjelang jam pulang kerja, orang-orang lagi santai setelah menyelesaikan tugas kantornya atau kebanyakan lagi pada santai di rumah jadi asyik buat online, setidaknya untuk update status di facebook, kita tentu tahu bahwa Indonesia merupakan pengguna facebook terbesar kedua di dunia setelah Amerika, jadi tidak heran juga kalau di jam ini traffick facebook asal Indonesia cukup tinggi juga.

Selain jam tersebut, ternyata orang Indonesia juga cukup padat ‘bergentayangan’ di dunia online pada jam makan siang, yaitu jam 12.00 sampai jam 13.00. Mungkin asyik juga ya online sambil makan siang atau sambil ngobrol bersama rekan kerja setelah menyantap menu makan siang, makanya cukup padat juga orang-orang online pada jam makan siang ini. Waktu terpadat ketiga adalah jam 16.00 sampai jam 17.00. Mungkin di jam ini banyak yang lagi santai pulang kerja atau pulang kuliah, jadi bisa istirahat sambil online, sekedar menyapa teman di media sosial atau browsing untuk update informasi.

 

Dalam statistik hariannya bisa di lihat bahwa orang Indonesia paling banyak online pada hari Selasa. Kemudian diikuti hari Rabu kemudian senin. Sedangkan pada hari Sabtu dan Minggu grafiknya jauh menurun dibanding hari-hari lainnya. Mungkin saja banyak orang memilih untuk berlibur di akhir pekan dan rehat dulu dari dunia maya.

 

Gambar statistik itu jelas membuat saya cukup penasaran. Apa benar-benar akurat atau hanya sekedar hoax. Iseng-iseng saya mencoba survey kecil-kecilan untuk membuktikan keakuratan data statistik tersebut. Caranya simple saja, saya buka sebuah website yang traffick-nya cukup ramai, hingga mencapai ribuan pengunjung per harinya. Saya buka website ini setiap hari di jam yang berbeda tentunya. Saya tinggal lihat histats yang terpasang disana. Hasilnya?? Ternyata benar. Terbukti statistik ini cukup berfungsi. Selengkapnya tentang statistik ini bisa anda lihat pada gambar di bawah.

 

jam sibuk internet
Traffick Internet

Karena masih penasaran juga, saya coba lagi survey kecil-kecilan ini di media sosial. Saya menggunakan fanpage facebook teman yang memiliki fans cukup banyak untuk memasukan beberapa link postingan blog. Hasilnya ternyata tidak jauh berbeda. Grafik di atas berfungsi dengan baik, ini dibuktikan dengan tingginya ‘reach’ dan juga ‘like’ pada jam-jam sibuk dan menurun sekitar 30-40 persen jika link postingan blog di share bukan pada jam sibuk. Jika anda masih penasaran, anda juga bisa buktikan dan mencoba sendiri survey di blog atau media sosial anda. 

Setelah melihat grafik data di atas, untuk anda  yang suka atau sedang merintis bisnis online alangkah baiknya memperhatikan jam-jam sibuk online tersebut untuk promosi. Terutama di media sosial, facebook, twitter, what’s up atau lainnya. Semakin banyak orang yang melihat iklan promosi online anda, diharapkan barang dagangan juga laku keras.

 

Itulah sedikit tips untuk promosi bisnis online di jam sibuk internet. Semoga sukses ya!! ^_^

loading...
Terima kasih telah membaca artikel tentang jam sibuk pemakai internet. Apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan, terima kasih.