TIPS MEMILIH CALON SUAMI SECARA ISLAMI

Tips Memilih Calon Suami Secara Islami – Tampan, kaya, baik hati, pengertian dan rajin beribadah. Wah, ini tampaknya harapan atau keinginan banyak wanita muslimah dimanapun berada, tapi ada syarat satu lagi yang tidak bisa dilewatkan yaitu pria tersebut suka sama kita ^_^. Percuma saja bukan banyak kriteria tersebut pada diri seorang pria tapi dia tidak suka pada Anda. Mungkin sangat jarang bagi seorang wanita mendapat semua kriteria pasangan seperti yang disebutkan diatas. Namun jika pasangan Anda lelaki yang shalih, itu sudah berarti Anda sudah mendapatkan lebih dari separuh kebahagiaan dalam hidup. Berikut ini saya tuliskan tips memilih calon suami secara Islami agar Anda mendapat keharmonisan dalam rumah tangga dan bahagia setelah menikah nanti.

cowok ganteng
Memilih calon suami, jangan hanya tampan
(Foto dari: www.fanoos.com)


1. Islam

Ini merupakan syarat mutlak bagi semua wanita muslimah dalam memilih calon suami dan tidak bisa di tawar-tawar lagi sebagaimana perintah Allah dalam Al-Quran surat Al-Baqarah ayat 221. Hal ini dipertegas oleh Nabi saw dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi:

Apabila seorang laki-laki yang kamu ridhai agama dan akhlaknya meminang (anak atau kerabat perempuanmu), nikahkanlah dia. Jika kamu tidak menikahkannya niscaya akan terjadi fitnah di muka bumi dan kerusakan yang meluas.

2. Berilmu dan berakhlak baik

Sesuai dengan hadits diatas, kriteria selanjutnya dalam memilih calon suami dalam Islam adalah yang berakhlak baik. Akhlak baik tentu saja diraih dengan ilmu. Sebagai orangtua pasti kita tidak mau anak perempuan kita diamanahkan pada seorang pria yang tidak berakhlak baik, karena anak perempuan kita lebih berharga dari materi apapun di dunia ini. Jika yang menjadi pertimbangan hanya sekedar materi, apa jadinya nanti dengan dengan anak perempuan kita nanti. Apalagi kita tidak pernah tahu apa yang terjadi di masa depan, banyak orang yang tadinya kaya tiba-tiba bangkrut dan hartanya habis.

Sudah banyak juga kita lihat fenomena di masyarakat, hanya karena mementingkan materi, seorang wanita yang tadinya rajin shalat setelah menikah menjadi jarang bahkan tidak shalat. Wanita yang sebelum menikah tertutup rapi dengan jilbabnya menjadi membuka aurat setelah menikah, wanita yang tidak pernah absen mengikuti pengajian setelah menikah menjadi tidak kenal lagi dengan majlis ta’lim apalagi membuka Al-Quran. Semua itu karena suami yang menjadi pemimpinnya dalam rumah tangga bukan suami yang baik dan tidak berakhlak serta berilmu.

loading...

Padahal sebagaimana kita tahu, kelak yang akan dimintai pertanggungjawaban tentang istri dan anak-anak adalah seorang suami. Suamilah yang wajib mendidik istri dengan ilmunya agar terbebas dari tanggung jawab di hari kiamat. Jika ilmu seorang suami tidak cukup untuk mendidik istrinya, maka dia harus menyuruhnya untuk berangkat ke tempat mencari ilmu, membiayainya dan memfasilitasinya, terutama belajar ilmu Agama.

Sebagai contoh dalam hal ini adalah saat seseorang datang kepada seorang ulama besar, Imam Hasan Al-Bashri dan mengadukan permasalahan putri tercintanya. Orang itu mengadukan pada sang ulama tentang adanya beberapa orang yang datang ke rumah untuk melamar putri kesayangannya, diantara pelamarnya ada seorang pria yang merupakan anak seorang pejabat, ada pria anak dari seorang yang kaya dan ada juga seorang pria anak dari orang biasa. Orangtua yang satu ini ingin yang terbaik bagi anak perempuannya, maka dari itu dia bertanya dan berkonsultasi pada seorang ulama besar di zamannya. Namun jawaban Imam Hasan Al-Bashri sangat singkat, jelas dan patut menjadi renungan bagi setiap orangtua dan juga setiap wanita sebelum menikah dan sebelum memutuskan menerima pinangan seorang pria.

pria paling tampan
Pria berakhlak mulia tidak akan zhalim pada istri
(Foto dari: www.mid-day.com)

Imam Hasan Al-Bashri berkata: Nikahkanlah putrimu dengan yang paling bertakwa diantara mereka, karena jika orang yang bertakwa itu mencintai anakmu maka dia akan memuliakannya dan jika dia tidak mencintai putrimu maka dia tidak akan menzhaliminya.

Itulah tips memilih calon suami secara Islami bagi Anda wanita yang sudah siap menikah atau sedang mempersiapkan banyak ilmu untuk menggapai rumah tangga bahagia. Untuk melengkapi tulisan ini silahkan baca postingan berjudul 5 Persiapan Sebelum Menikah. Untuk memahami lebih jauh tentang sifat-sifat pria Anda juga bisa membaca 5 Rahasia Pria Yang Harus Diketahui Wanita. Anda juga bisa membaca 10 Ciri Pria Setia jika ragu dengan kesetiaan calon suami Anda saat ini. Selamat menikah! 

Terima kasih telah membaca artikel tentang memilih calon suami, memilih calon suami menurut islam. Apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan, terima kasih.

Tags: walimah nikah