TIPS CERDAS MEMILIH PEMBANTU RUMAH TANGGA

Tips Cerdas Memilih Pembantu Rumah Tangga – Kebutuhan akan jasa Pembantu rumah tangga atau PRT saat ini menjadi sebuah kebutuhan yang tak terhindarkan banyak keluarga, terutama mereka yang tinggal di kota besar. Apalagi di zaman modern seperti sekarang ini, dimana banyak sekali seorang istri yang harus menjadi wanita karir dan bekerja di luar rumah. Jasa pembantu rumah tangga juga banyak dibutuhkan menjelang dan sesudah hari raya idul fitri.

Pembantu rumah tangga cantik
Utamakan memilih lewat kerabat atau teman

Mencari seorang calon pembantu rumah tangga yang cocok dan tepat memang bukan sebuah persoalan mudah. Tingkat kepercayaan menjadi syarat yang paling utama dalam memilih pembantu rumah tangga yang baik. hal ini tidak lain untuk menghindari berbagai hal yang tidak diinginkan, sebagaimana yang sering kita saksikan di berbagai media tentang kasus pidana yang melibatkan pembantu rumah tangga. Berikut ini merupakan tips cerdas memilih pembantu rumah tangga:

1. Melalui keluarga, kerabat, teman dan tetangga

Dengan memperkerjakan seseorang yang dikenal dengan cukup baik atau dengan kata lain direkomendasikan oleh keluarga, kerabat, teman dan tetangga biasanya akan membuat kita tidak terlalu khawatir bahwa orang tersebut nantinya akan melakukan tindak kriminal. Hal ini dikarenakan kita dapat mengetahui dengan jelas tentang keluarga dan asalnya. Lebih baik lagi jika ada saudara ataupun teman yang sudah pernah menggunakan jasa pembantu rumah tangga tersebut.

2. Mempunyai identitas yang lengkap

Pastikan orang yang akan bekerja pada Anda mempunyai identitas lengkap seperti KTP yang asli dan alamatnya juga  jelas, sehingga dapat dihubungi jika terjadi sesuatu.

3. Melalui agen atau yayasan

Apabila Anda memutuskan untuk mengambil pembantu dari agen atau yayasan penyalur pembantu rumah tangga, pilih agen atau yayasan yang sudah terkenal dan dapat bekerja dengan profesional. Lihat riwayat atau pengalaman kerjanya, Anda dapat memilih calon PRT yang mempunyai banyak pengalaman kerja serta mengeceknya pada keluarga yang sebelumnya pernah memperkerjakan dia. Lihat juga apakah calon PRT tersebut mempunyai latar belakang kriminal ataupun kejadian masa lalunya yang tidak baik.

loading...

4. Gunakan Feeling

Meskipun terkadang meleset, tapi bayak juga yang benar dengan feelingnya. Percaya dengan apa yang Anda rasakan ketika bertemu dengan calon PRT untuk pertama kalinya.

5. Usia PRT

Usia pembantu rumah tangga juga patut dipertimbangkan. Sebaiknya jangan memperkerjakan seorang pembantu yang terlalu muda, apalagi masih di bawah umur, ini terkait dengan pengalamannya, biasanya pembantu yang masih muda usianya kurang berpengalaman.

6. Lakukan interview

Temui calon pembantu Anda terlebih dahulu dan kemudian lakukan interview layaknya sedang menyeleksi calon karyawan. Jika diperlukan buatlah daftar pertanyaan yang masih berkaitan dengan pekerjaannya, dengan begitu kita bisa melihat kualitas yang dimilikinya dan juga kepribadiannya dengan lebih mendalam.

7. Job deskripsi

Jelaskan dengan detail job deskripsi Anda pada mereka, agar mereka bisa mengetahui dan memahami tugas yang harus dikerjakan nantinya. Jangan sampai mereka nantinya bingung karena tidak tahu apa tugas yang harus dikerjakan dan bisa menjadi kesepakatan, apakah hanya masak dan mengurus rumah atau juga sebagai pengasuh anak.

Pembantu cantik
Berikan kompensasi sesuai job deskripsi

8. Negosiasi
Jika kita tidak merasa yakin tentang berapa gaji yang pantas untuk diberikan pada PRT, sebaiknya bicarakan tentang gaji ini dengan rekan kerja ataupun keluarga kita yang telah berpengalaman mempekerjakan seorang PRT di rumahnya. Dan pastikan gaji yang kita berikan nantinya memang layak untuk PRT tersebut dan sesuai dengan semua pekerjaan dalam rumah tangga dan mungkin juga menjaga anak-anak kita.

9. Kompensasi
Hal ini juga sangat penting mengingat tugas serta tanggung jawab yang dibebankan pada pembantu, tentu semuanya harus sejalan dengan pemberian kompensasi ataupun pemenuhan atas hak-haknya. Hal ini mencakup tentang kapan mereka dapat mengambil waktu cuti, kapan waktu mereka mendapat libur, tunjangan hari raya serta berapa besaran gaji pokoknya. Jika kita benar-benar memperhatikan tentang kompensasi ini dengan baik,PRT yang bekerja padakita juga akan merasa bekerja dengan baik dan merasa tenang karena merasa diperhatikan hak-haknya.

Itulah tips cerdas memilih pembantu rumah tangga. Setidaknya beberapa faktor tersebut di atas dapat menjadi acuan dan juga pertimbangan dalam menentukan pilihan memilih seorang PRT yang dapat dipercaya menjaga rumah serta buah hati anda.

Terima kasih telah membaca artikel tentang ciri-ciri pembantu rumah tangga yang baik, pembantu rumah tangga cantik. Apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan, terima kasih.

Tags: Rumah Tangga Bahagia