TIPS JITU SUKSES UN (UJIAN NASIONAL)

Ujuan Nasional? Santai santai, jangan panik! Semua ujian bisa di lewati dengan mudah. Berikut penulis coba kasih beberapa Tips Jitu Sukses UN (Ujian Nasional) yang mungkin saja bisa membantu memberi masukan buat temen-temen semua. Tips Jitu Sukses UN (Ujian Nasional)ini terbagi dua. Yaitu Tips Jitu Sukses UN untuk pra-UN alias yang perlu kamu siapin sebelum UN dan Tips Jitu Sukses UNuntuk hari H, dimana kamu udah mulai UN. Kenapa di beri nama tips jitu? karena tips ini udah penulis praktekkan waktu menghadapi Un dulu, so bukan sekedar teori hehe… Yuk kita simak satu persatu di mulai dari Tips Jitu Sukses UN untuk pra-UN.

 

Pelaksanaan UN
(Gambar dari: pendidikan.depoklik.com)

 

1. Berdo’a
Mungkin kalau baca di tips sukses UN (Ujian Nasional) di tempat lain biasanya berdo’a itu dijadikan tips pamungkas alias terakhir. Tapi buat penulis justru inilah inti dari semua tips sukses, bukan cuma meraih sukses saat UN (Ujian Nasional), tapi juga dalam segala hal. Seorang Ulama besar pernah mengatakan bahwa salah satu kunci sukses kita dalam hidup ini mesti mendapat do’a dan ridha dari 3 orang, yang pertama adalah do’a dan ridhanya orang tua kita, yang kedua adalah do’a guru-guru kita dan yang ketiga adalah do’a mertua kita. Kalau udah dapat do’a dan ridha dari tiga orang tadi, jangankan UN, dalam hidup ini insya Allah kesuksesan akan mudah diraih. Buat yang mau UN, tertunya belum punya mertua khan? Mungkin sebagian udah ada yang punya camer hehe…. Tapi itu ga berlaku, berarti dua saja yang mesti kita maintain do’a, orang tua dan guru. Ya tentunya selain kamu sendiri yang berdo’a.

 

doa bersama
Do’a Bersama Jelang UN Agar Hati Lebih Tenang Dan Siap
(Gambar dari: www.wonogiripos.com)

Pernah dengar cerita atau lihat berita di media kalau ada anak yang cerdas bahkan juara olimpiade tingkat provinsi, nasional ataupun internasional tapi gak lulus UN?. Memang penulis gak tahu apa yang salah, tapi setidaknya ini bisa ngasih gambaran buat kita kalau manusia itu cuma berusaha dengan maksimal, tapi ada Dzat Yang Maha Sempurna yang mengatur segalanya. Itulah pentingnya berdo’a. Terus mungkin kita bertanya kenapa siy ada juga yang udah berusaha dan berdo’a juga diridhai ortu plus gurunya tapi gak lulus juga? Kalau itu yang ditanyain silahkan klik disini untuk mengetahui rahasia do’a yang sulit terkabul.

2. Positif Thinking

loading...

Tips Jitu Sukses UN (Ujian Nasional) berikutnya adalah selalu berprasangka baik. Dengan berfikiran positif itu artinya kamu sudah menggenggam separuh dari kesuksesan. Karena fikiran yang positif akan membuat kita memiliki energi yang berlipat dan kepercayaan diri. Ingat, jauh-jauh hari Allah udah ngingetin kita lewat hadits qudsi “Sungguh Aku sebagaimana perasangka Hamba terhadapku”. Allah akan mewujudkan mimpi orang-orang yang optimis dalam menghadapi segala sesuatu. Pesimis berarti kita nggak percaya dengan kekuatan dan kuasa-Nya. Jika ingin tahu lebih jauh tentang dahsyatnya positive thinking silahkan baca buku ini.

 

3. Jaga Kesehatan

Ini juga penting, kalau nggak sehat gimana kamu mau ikut Ujian Nasional?. Jangan terlalu memforsir diri dengan belajar yang berlebihan. Itu malah bisa membuat kamu stress dan tertekan. Refreshing lah sekali-kali untuk merefresh fikiranmu. Istirahat yang cukup juga membantu kamu tetap fresh, stop dulu begadang selama menjelang UN. Jika perlu kamu bisa minum multivitamin untuk menjaga kondisi tubuh. Sehat itu mahal lho, kadang ada saja anak yang cerdas dan selama tiga tahun berturut-turut selalu menjadi juara kelas, tapi nilai UN nya hancur karena waktu UN dia dalam keadaan sakit. Kalau udah kayak gini, gimana mau konsen ngerjain soal?.

 

4. Berlatih Banyak Soal

Banyak berlatih mengerjakan variasi soal-soal UN tahun-tahun sebelumnya juga sedikit banyak bisa membantu kamu. Buatlah kelompok belajar dengan teman-temanmu, susun jadwal belajar yang baik, tidak terlalu lama tetapi terfokus. Mungkin sehari satu mata pelajaran yang dipelajari sudah cukup asalkan terfokus. Daripada kesana kemari banyak ngerjain soal tapi gak ada hasilnya sama sekali. So, pilih teman-teman yang bisa diajak belajar bersama dengan serius, jangan dengan teman yang cuma ngajakin ngerumpi pas belajar, bisa-bisa gak jadi tuh belajarnya.

 

belajar kelompok
Belajar kelompok jelang UN, lebih efektif
(Gambar dari: www.expertprivate.com)

5. Suasana Belajar Yang Asyik

Kalau kamu merasa belajar itu bikin bête, jenuh dan gak menyenangkan sama sekali. Coba keluarkan sedikit inovasi kamu dalam membuat suasana belajar yang menyenangkan. Kalau belajar di rumah atau di dalam kamar bikin kamu suntuk, mungkin kamu bisa belajar di taman atau ditempat-tempat lain yang bikin kamu merasa nyaman. Atau mungkin kamu termasuk orang yang bisa enjoy kalau belajar sambil dengerin musik yang slow, soalnya gak semua orang bisa konsen belajar sambil dengerin musik, sebagian orang malah merasa ngantuk. Nah, kalau udah menemukan suasana yang bikin kamu merasa nyaman dalam belajar, lumayan khan sedikit-sedikit bisa masuk tuh yang kita baca. Daripada sama sekali nggak belajar hehe…

 

6. Hindari Masalah

Saat menjelang UN alangkah baiknya kamu menahan diri terhadap segala sesuatu yang menyebabkan masalah yang nantinya mengganggu Ujian Nasional kamu. Terutama yang punya pacar niy, lebih baik hindari dulu dech segala potensi permasalahan. Biasanya yang lagi ribut sama pacar bikin suasana hati gak enak yang berbuntut gak maksimalnya konsen waktu ujian. Ya kamu tentu lebih tau caranya, karena tau karakter masing-masing. Hindari juga masalah dengan teman atau siapapun. Sebenarnya hal ini bukan buat jelang UN saja, tapi buat kapan pun. Hanya saja efeknya jauh lebih buruk kalau lagi UN.

 

Bersambung ke bagian kedua tentang Tips Jitu Sukses UN (UjianNasional) untuk hari H.

Terima kasih telah membaca artikel tentang masukan posifif menjelang un. Apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan, terima kasih.