10 DESTINASI WISATA EROPA UNTUK MERAYAKAN LIBURAN

Banyak orang yang memilih untuk merayakan liburan di rumah bersama keluarga, tetapi ada juga yang menginginkan untuk menghabiskan liburan untuk pergi berlibur ke tempat wisata Indonesia atau ke luar negeri. Salah satu destinasi tujuan yang sering didatangi adalah Eropa. Eropa menjadi tujuan liburan favorit, terutama suasana musim dingin yang ada di sana ditambah kota-kota yang dihias cantik, menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Berikut adalah 10 destinasi wisata Eropa untuk merayakan liburan:

1. Vatikan

Di Vatikan sudah mulai bisa dirasakan mulai dari malam hari, di mana diadakan misa malam yang diadakan di Basalika St. Peter’s Square yang menjadi pusat perayaan yang istimewa. Dan perayaan dilakukan di Gereja Katolik Roma dimana ini adalah gereja kristen paling besar di dunia dan sangat megah dengan arsitektur yang megah dan mengandung nilai sejarah yang tinggi, sehingga sensasi spiritual yang dirasakan sangat kental dan luar biasa. Di sana juga akan ada pertunjukan Presepi (adegan Kelahiran Yesus) yang akan diadakan di sepanjang kota ini, tidak hanya itu kalian juga bisa berkunjung ke bukit Capitoline di mana di sana terdapat gereja Santa Maria dan tempat-tempat lain di Vatikan yang menjadikan Vatikan sebagai salah satu destinasi terbaik untuk liburan. Vatikan merupakan sebuah negara tersendiri yang wilayahnya memiliki luas 110 hektar dan hanya memiliki populasi sebesar 800 jiwa, negara kecil ini diakui secara internasional dan Paus merupakan kepala negaranya.

Vatikan

Sumber : @simplysonjaphoto Instagram

2. Nuremberg di Jerman

Nuremberg adalah sebuah kota di Jerman, kota ini terletak antara Sungai Pegnitz dan Kanal Rhein-Main-Donau, di sini terdapat The Nuremberg Christmast Market yang sangat menarik untuk dikunjungi terutama untuk kalian yang akan merayakan liburan, sebanyak 2 juta pengunjung biasanya memadati acara tersebut. The Nuremberg Christmast Market terdapat kios-kios yang menawarkan sosis khas Jerman dan juga minuman rempah-rempah yang hangat, serta jangan lupa untuk menikmati Roti Jahe Lebkuchen yang sangat terkenal, bahkan resep turun temurun roti jahe ini sudah ada sejak 600 tahun yang lalu. Tidak hanya itu, berbagai macam atraksi ditawarkan di pasar ini mulai dari para penunggang kuda yang memakai busana kuno, kereta uap dan ada lagi ukiran roda kayu raksasa Ferris. Tidak hanya itu anak-anak juga dimanjakan dengan adanya Musium Kereta Api Jerman dan Musium Mainan. Ketika senja, lampu-lampu akan mulai dinyalakan dan kota tersebut akan berubah seperti kota dalam negeri dongeng, suasananya menjadi sangat istimewa dan romantis, sangat cocok untuk dijadikan salah satu destinasi yang dapat membuat para wisatawan ketagihan untuk menikmati keindahan kota tersebut selama liburan.

Nuremberg di Jerman

Sumber: @naoxtripxx Instagram

3. Salzburg di Austria

Salzburg merupakan kota ke empat terbesar di Austria, kota tua berasitektur barok yang memiliki nama lain Altstadt ini merupakan kota tua yang masih dipertahankan wujud keasliannya dan terdaftar di UNESCO sebagai salah satu situs Kebudayaan Dunia pada tahun 1997. Kota ini terkenal dengan Pegunungan Alpen dan pemandangannya yang sangat luar biasa. Seorang komponis terkenal yaitu Wolfgang Amadeus Mozart lahir di sini dan kota ini menjadi salah satu setting film yang sangat terkenal yaitu The Sound Of Music. Pada saat liburan, Salzburg menawarkan pasar yang sangat seru untuk dinikmati dan dijelajahi, apalagi nyanyian-yanyian menjadi latar belakang kota dan terengar hampir seantero kota. Jika anda ingin berburu kuliner, Mirabell Square adalah tempat yang paling tepat, tetapi pasar utama di kota ini adalah pasar di Belakang Benteng Hohensalzburg. Pada malam hari kota ini dihiasi lam4pu-lampu yang sangat cantik dan sayang untuk dilewatkan.

4. Praha di Ceko

Praha merupakan ibu kota Ceko, yang berada disebelah Sungai Vltata dengan penduduk sekitar 1,5 juta penduduk. Praha menjadi destinasi sempurna untuk melewati liburan dan Tahun Baru karena suasananya yang sangat tenang, tidak hanya itu White Christmas atau Putih menjadi salah satu daya tarik utama para wisatawan. Saat musim dingin, seluruh kota dan bangunan tertutup salju, dan jalan-jalan kecilpun diramaikan dengan kerlap-kerlip lampu sehingga menambah kecantikan kota ini. Walaupun sedikit sekali wisatawan yang melirik untuk datang ke kota ini, sehingga kota ini menjadi tidak begitu ramai sehingga sangat tenang dan nyaman untuk didatangi. Sembari menikmati minuman hangat di kafe-kafe di pinggir jalan, mengobrol bersama keluarga dan berjalan-jalan menikmati indahnya kota yang berselimut salju, maka Praha menjadi pilihan yang tepat untuk menikmati musim liburan.

5. Bath di Inggris

Pada saat liburan, di Kota bath terdapat Festival Bath Christmast Market yang dilaksanakan selama kurang lebih 18 hari, dimana banyak sekali yang berjualan kerajinan tangan bergaya khas Inggris dan bergaya Georgina Kuno. Bath merupakan salah satu kota wisata terpopuler di Inggris dan bisa kamu datangi dengan Bus dengan waktu tempuh 3,5 jam dari London. Kota ini juga dekat dengan Stonehenge (tumpukan batu besar yang berasal dari zaman purba). Kota ini begitu cantik untuk para wisatawan yang ingin menikmati liburan dan disana ada salah satu katedral yang sangat terkenal dan disebelahnya terdapat situs bersejarah yaitu Roman Bath yang menjadi asal muasal dari kota ini. Kota Bath memiliki acara kesenian yang menarik dan dapat dinikmati selama liburan, drama liburan yang sering ditampilkan adalah, Cinderella dan Rumpelstillskin. Dan Bath adalah satu-satunya kota yang ada di Inggris yang dikenal sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO.

6. Valkenburg di Belanda

Valkenburg adalah sebuah kota kecil di negeri Orange tersebut. Kota kecil ini merupakan pusat perayaan dan paling banyak diminati oleh para wisatawan selama musim liburan. Yang terkenal dari kota ini adalah Christmast Market atau yang biasa disebut Kerstmarkt Valkenburg. Apabila ingin ke kota ini, para wisatawan harus menempuh jarak 3 jam dari Amsterdam. Kerstmarkt Valkenburg termasuk dalam 5 pasar terbaik yang ada di Belanda, karena tempatnya yang sangat unik yaitu di dalam Goa. Walaupun lokasinya di dalam goa pasar ini sangat bersih, dan para wisatawan juga dapat melihat goa-goa yang menyimpan kapel yang sudah ada sejak abad ke-18, patung-patung, dan lukisan dinding yang sudah ada sejak jaman romawi. Tidak hanya itu pasar ini juga dipenuhi oleh dekorasi lampu yang sangat cantik dan sayang untuk dilewatkan.

Valkenburg di Belanda

Sumber: @bilberrygum Instagram

7. Reykjavik di Islandia

Reyjavik adalah kota berpenduduk 120.000 jiwa, ini merupakan ibu kota Islandia. Selain Praha, anda juga dapat menikmati White Christmas di kota ini. Kota ini sangat cocok didatangi selama musim liburan karena banyak festival-festival lokal di Bulan Desember, dan tidak hanya itu anda juga bisa melihat Aurora Borealis yang
menjadi ciri negara Islandia tersebut. Perayaan di Islandia cukup berbeda, seperti adanya 13 “Yuletide Lads” atau sinterklas yang memberikan hadiah selama 13 malam mendekati hari kepada anak-anak. Selain suasana putih yang sangat kental, restoran-restoran di sana juga menawarkan menu-menu tradisional Islandia yang sangat sayang untuk dilewatkan.

8. Barcelona di Spanyol

Perayaan di salah satu kota terbesar di Spanyol ini sudah dimulai sejak awal bulan Desember. Apabila liburan anda dapat diperpanjang hingga 5 Januari, maka anda dapat mengunjungi Melchior, Gaspar dan Balthazar atau yang biasa disebut Three King’s Day, karena di ketiga tempat tersebut setiap tanggal 4 Januari diadakan pesta yang sangat meriah yang dipenuhi oleh kembang api, gajah, meriam, parade unta, jerapah dan orang-orang dengan kostum yang sangat unik berparade sepanjang jalan. Tidak hanya itu untuk memeriahkan liburan, dilakukan kompetisi yaitu Copa de Nadal de Natacio atau yang biasa disebut Christmas Day Hourbour Swim yang menjadi tradisi sejak dahulu. Kompetisi ini dilakukan di Pelabuhan Portal de la Pau di Port Vell di mana memiliki 9 kategori berbeda, dan hanya dibatasi oleh 130 peserta. Karena lomba dilaksanakan pada hari liburan, maka para peserta banyak yang memakai kostum sinterklas. Lomba ini sangat unik tetapi para peserta akan mendapatkan ujian karena air di sana mencapai 13 derajat celcius. Apabila anda ingin menghabiskan musim liburan yang unik, mungkin barcelona bisa jadi destinasi liburan yang tepat.

9. Rovaniemi, Lapland di Finlandia

Bisa dikatakan setiap hari adalah hari di kota ini. Kota Rovaniemi, Lapland di Finlandia ini dikenal sebagai tempat tinggal Sinterklas. Kota ini tertutup salju dan seperti kota yang ada di cerita dongeng, legenda dari masyarakat setempat meyakini bahwa Sinterklas tinggal di Korvantunturi, sebuah pegunungan di Lapland yang dapat diartikan Gunung Telinga. Di kota ini para wisatawan dapat berkunjung ke rumah sinterklas. Tidak hanya itu kota ini juga menawarkan atraksi menarik yaitu berseluncur menggunakan kereta salju, dan kereta salju di sana akan ditarik oleh anjing-anjing dan rusa-rusa kutub. Kota ini sangat menarik untuk didatangi selama musim liburan.

Rovaniemi, Lapland di Finlandia

Sumber : @soliciteturismo Instagram

10. Edinburgh di Skotlandia

Destinasi wisata eropa ke 10 adalah Edinburgh yang merupakan ibukota Skotlandia, kota ini memiliki jalan yang beralaskan batu dan dihiasi oleh kastil-kastil yang sangat cantik dtambah dengan taman kota yang sangat menarik untuk dilewatkan. Perayaan di kota ini dimeriahkan dengan adanya kembang api, kemudian di St. Gies Cathedral pada saat malam akan ada khotbah dan nyanyian lagu yang akan dinyanyikan dengan penuh gembira, menambah sempurna malam anda. Salah satu titik paling terkenal di kota ini adalah Princess Street Gardens, di area ini para wisatawan dapat bermain ice skating, dan terdapat bianglala dan Pohon yang sangat memukau, apalagi pemandangan tersebut disempurnakan oleh pemandangan kastil di belakangnya. Di ujung kota, terdapat Arthur’s Seat dimana tempat ini dipenuhi oleh kerlap-kerlip lampu yang sangat cantik.

Edinburgh di Skotlandia

Sumber: @mrhenry_g Instagram

Terima kasih telah membaca artikel tentang 10 destinasi pariwisata di eropa. Apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan, terima kasih.

Tags: Liburan Liburan Akhir Tahun Liburan Eropa Liburan Natal Liburan Panjang Liburan Sekolah Liburan Tahun Baru Musim Liburan