10 TIPS EFEKTIF MENGATUR KEUANGAN RUMAH TANGGA

10 Tips Efektif Mengatur Keuangan Rumah Tangga – Uang merupakan salah satu alasan terbesar yang dapat menyebabkan masalah atau pertengkaran dalam rumah tangga. Tidak jarang pernikahan yang awalnya indah jadi buyar gara-gara sebuah masalah keuangan. Masalah keuangan dalam rumah tangga juga bukan yang hal mudah untuk dijelaskan. Tapi jangan khawatir, The Stir mempunyai 10 tips efektif mengatur keuangan rumah tangga untuk Anda coba terapkan di rumah seperti berikut ini:

1. Terbuka

Hal pertama yang mesti dilakukan untuk menghindari masalah keuangan adalah dengan bersikap terbuka. Baik Anda dan pasangan sama-sama mencari uang ataupun hanya salah satu saja diantara pasangan yang menghasilkan uang, seharusnya tidak ada yang mesti disembunyikan dalam masalah pengeluaran. Selalu diskusikan dengan pasangan tentang semua keputusan yang menyangkut masalah keuangan, misalnya seperti pengeluaran, pemasukan, uang tabungan dan lainnya.

Cara mengatur keuangan keluarga
Saling terbuka dalam masalah finansial

2. Buat kesepakatan

Sebelum menghabiskan uang, ada baiknya Anda membuat aturan yang kemudian harus disepakati bersama. Misalnya pada saat menentukan berapa persen uang yang harus ditabungkan, berapa budget yang akan digunakan untuk membayar tagihan dan keperluan lainnya.

3. Tentukan tujuan jangka panjang

Dalam hal keuangan, tentu Anda juga harus cermat serta bijak dalam menatap masa depan. Tentukan beberapa hal untuk masa depan yang akan membutuhkan banyak uang. Misalnya saja biaya pendidikan anak, untuk liburan dan berbagai biaya lainnya. Ini dapat membantu Anda untuk menyimpan uang dan agar tidak kewalahan ketika waktunya tiba.

4. Menabung

Anda tidak harus menabung banyak uang di bank, tapi sediakan tabungan kecil di rumah yang dapat Anda isi dalam setiap minggunya. Mungkin hal ini terdengar remeh, tapi uang yang terkumpul mungkin akan sangat berguna pada saat dibutuhkan.

5. Tabungan bersama

Sebenarnya tidak masalah jika Anda akan menggunakan tabungan bersama ataupun pribadi. Tapi sebelum memutuskan, sebaiknya Anda selalu waspada dengan risiko dan juga pengaruhnya. Sebaiknya Anda juga selalu berdiskusi dengan pasangan tentang masalah ini, karena hal ini juga harus disesuaikan dengan sifat pasangan.

6. Melacak pengeluaran

Sebelum Anda membagi-bagi uang, sebaiknya Anda mulai melacak pengeluaran sehari-hari Anda. Ini akan sangat berguna apabila dilakukan sejak awal masa pernikahan, sebab Anda dapat mengira-ngira berapa pengeluaran rumah tangga di setiap bulannya. Hal ini juga akan membantu Anda untuk  mengetahui apakah Anda sebenarnya terlalu boros atau hemat.

7. Membuat anggaran yang realistis

Pastikan anggaran rumah tangga Anda realistis dan dapat dikerjakan dengan baik. Jangan pernah membuat anggaran yang terlalu sedikit sehingga Anda harus sangat berhemat dan tidak dapat menikmati hidup. Jangan juga menetapkan anggaran yang terlalu longgar sehingga akan membuat hidup Anda menjadi boros.

8. Sisihkan ‘uang bersenang-senang’

Sisakan sedikit uang untuk biaya hiburan atau bersenang-senang. Jangan terlalu banyak agar tidak jadi terlalu boros. Anda dapat memakai uang itu untuk makan malam bersama, nonton film ataupun membelikan sesuatu untuk keluarga. Anggap saja uang ini merupakan sebuah reward atas kerja keras Anda dengan pasangan.

9. Rapat keuangan

Lakukan pertemuan ataupun rapat dengan pasangan Anda untuk berbicara tentang masalah keuangan. Ini dapat dilakukan setiap minggu ataupun setiap bulan. Meskipun namanya rapat, namun lakukan hal ini dengan suasana senang dan tentunya jangan terlalu serius.

10. Bekerjasama dalam mengatur keuangan

Pastikan Anda dan juga pasangan saling bekerjasama untuk selalu mengatur keuangan. Jangan pernah salah satu dari Anda terlalu mendominasi ataupun malah pasif apabila berkaitan dengan pengeluaran ataupun mengatur keuangan. Mungkin pada awalnya akan merasa canggung, tapi jika hal ini dibiasakan, Anda akan mendapat manfaat mengatur keuangan sebagai sebuah tim bersama dengan pasangan.

Itulah 10 tips efektif mengatur keuangan rumah tangga. Jangan takut lagi untuk menghadapi masalah keuangan yang biasa terjadi dalam rumah tangga. Sepuluh tips di atas dapat membantu Anda untuk mengatasinya.

Tags: Rumah Tangga Bahagia

loading...