6 PENYEBAB RUMAH TANGGA TIDAK HARMONIS DAN BAHAGIA

6 Penyebab Rumah Tangga Tidak Harmonis Dan Bahagia – Cinta yang dulu terasa manis dan penuh kehangatan, kini terasa sangat getir dan pahit? Anda bahkan sekarang merasa bahwa pernikahan telah berubah menjadi begitu rumit dan juga tidak menyenangkan. Sebelum Anda memutuskan lebih jauh untuk menyerah pada situasi pernikahan itu, cobalah kenali terlebih dulu apa yang menjadi penyebab keretakan pada rumah tangga Anda. Setelah itu, Anda dapat menentukan langkah yang lebih jauh lagi.

Berikut 6 penyebab rumah tangga tidak harmonis dan bahagia:


1. Kurangnya komunikasi

Anda mungkin telah menghabiskan sebagian besar waktu Anda bersama dengan pasangan. Akan tetapi, bila kalian tidak berkomunikasi dengan baik antara satu sama lainnya, itu akan dapat memicu keretakan di dalam rumah tangga Anda. Kurangnya komunikasi yang baik antar pasangan telah menjadi sebuah pemicu utama terhadap terjadinya sebuah keretakan dalam hubungan pernikahan.

Rumah tangga membosankan
Kurang komunikasi

2. Suka mengkritik satu sama lain

Anda ataupun pasangan tergolong orang yang sering bersikap egois? Apakah kalian termasuk pasangan yang terlalu gengsi untuk meminta maaf pada saat melakukan kesalahan? Bila ya, hal itu lambat laun akan membunuh keharmonisan dan kehangatan dalam pernikahan kalian. Bahkan masalah yang sangat sepele sekalipun bisa menjadi masalah rumah tangga yang cukup rumit untuk dipecahkan, karena diantara kalian tidak ada satu pun yang mau mengalah.

3. Merasa ragu padanya

Anda hingga saat ini masih menaruh curiga terhadap pasangan Anda? Dan Anda ternyata tidak sepenuhnya percaya padanya? Bilaya, kenapa Anda dulu mau menikah dengannya? Sebab, suatu pernikahan seharusnya dibangun di atas rasa saling percaya satu sama lain. Jadi, sekarang juga berhentilah mencurigai pasangan Anda, karena hal itu akan membuatnya jadi merasa tidak nyaman.

4. Tidak intim lagi

Keintiman bukan hanya membicarakan tentang seks, tapi juga berkaitan dengan hal-hal manis dan simple seperti kecupan singkat di kening, saling memberikan kejutan dan juga sikap sayang yang Anda selalu tunjukkan padanya. Tapi, seks juga menjadi hal yang sangat penting dan harus Anda perhatikan, sebab ketidakpuasan dalam seks bisa memicu sebuah keretakan di dalam rumah tangga.

5. Mengabaikan masalah

Berusaha mengalihkan perhatian dari berbagai masalah pernikahan hanya akan membuat masalah itu menjadi semakin rumit. Ketidakmauan Anda untuk segera menyelesaikan masalah di dalam rumah tangga juga menjadi sebuah tanda bahwa Anda atau pasangan tidak lagi saling mencintai satu sama lain.

6. Orang tua selalu ikut campur

Berhentilah untuk selalu merengek pada orang tua dan sebaiknya selesaikan masalah rumah tangga kalian sendiri. Campur tangan dari orang tua hanya akan membuat masalah dalam rumah tangga menjadi semakin rumit dan hal itu malah akan memperburuk masalah yang ada dalam pernikahan Anda. Apabila orang tua terkesan selalu saja ingin ikut campur di dalam pernikahan Anda, jelaskan secara baik-baik pada mereka bahwa Anda dan juga pasangan mempunyai hak untuk menyelesaikan masalah tersebut berdua. Tapi ingat, katakan hal itu secara baik dan selalu bersikap sopan.

Itulah 6 penyebab rumah tangga tidak harmonis dan bahagia. Hindari hal tersebut apabila Anda ingin pernikahan dan rumah tangga tetap bahagia, harmonis, langgeng dan hangat.

Terima kasih telah membaca artikel tentang ketika rumah tangga sudah tidak harmonis lagi, penyebab rumah tangga tidak harmonis. Apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan, terima kasih.

Tags: Rumah Tangga Bahagia

loading...