TIPS PERTAMA KALI BERTEMU CALON MERTUA

Tips Pertama kali bertemu Calon Mertua – Sudah punya pasangan dan ingin melanjutkan pada hubungan yang lebih serius?. Hmm… mau tidak mau Anda harus bertemu calon mertua dan mengutarakan keinginan untuk menjadikan anaknya sebagai calon pendamping hidup Anda. Bagi Anda yang sudah menikah mungkin tips ini terasa basi, jadi tidak apa-apa jika tidak mau melanjutkan untuk membaca. Nah, bagi yang sudah siap untuk menikah mungkin tips ini bisa sedikit membantu. Khususnya bagi Anda yang mempunyai calon mertua yang over protected pada anaknya, pasti pertama kali bertemu calon mertua Anda akan diinterogasi habis-habisan layaknya terdakwa di pengadilan hehe.. Wajar saja, mungkin karena sangat menyayangi anaknya sehingga tidak mau anaknya salah memilih pasangan hidup. Jika demikian, maka Anda butuh tips untuk mendekati calon mertua dalam tulisan fanind.com kali ini.

calon mertua
Mengambil hati calon mertua
(Image source: uttasite.blogspot.com)

Jika calon mertua orangnya ‘wellcome’ alias mudah akrab dan cukup menerima Anda, pastinya Anda cukup membaca beberapa bagian saja dari tips ini untuk menyempurnakannya agar disayang calon mertua, selain itu Anda juga bisa menarik perhatian calon mertua, siapa tahu di pertemuan pertama saja Anda bisa mengambil hati calon mertua. Sebelumnya perlu diketahui bahwa saat kita menikah nanti, maka mertua kita sama saja seperti orangtua kita dan sudah selayaknya memandang menghormati dan menyayangi mereka seperti kita menyayangi orangtua kandung sendiri. Saya pernah mendengar nasihat dari seorang ulama besar bahwa jika ingin hidup sukses dan mendapat kebahagiaan serta diberikan kemudahan dalam setiap urusan, maka kita harus mendapat ridha dan do’a dari tiga orang (tiga pihak), yaitu orangtua, mertua dan guru kita. Baiklah sudah terlalu panjang pembukaannya. Inilah tips pertama kali bertemu calon mertua alias cara menghadapi calon mertua.

1. Berpakaian rapi dan sopan

Tidak ada salahnya berpenampilan sedikit konservatif saat pertama kali bertemu calon mertua walaupun Anda tidak biasa. Simpan dulu celana jeans yang penuh sobekan dan kaos oblong belel kesayangan Anda juga rantai alay yang mengikat dompet haha… Untuk wanita juga harus tampil sopan dan rapi. Kaos ketat, rok mini, tank top dan sepatu hight heels ditinggalkan dulu, nanti bisa dipakai lagi saat mondar mandir di cat walk ^_^. Tidak semua calon mertua suka dengan penampilan seperti tadi, kesan pertama Anda akan kurang baik jika berpenampilan seperti itu saat pertama kali bertemu atau bahkan Anda akan masuk blacklist calon mertua, bisa gawat tuh. Penampilan yang rapi, sopan, pantas dan tidak terkesan mewah cocok untuk memberikan kesan baik saat pertama bertemu calon mertua.

calon mertua
Menghadapi calon mertua
(Image source: kabartop.com)


2. Cari Tahu Karakter

Sebelum bertemu calon mertua, alangkah baiknya jika Anda telah mendapatkan informasi yang cukup dari pacar atau kekasih Anda. Apa yang paling disukai dan tidak disukai oleh calon mertua Anda. Bisa jadi calon mertua tidak suka dengan rokok, karena Anda tidak mencari tahu sebelumnya, malah merokok dirumahnya. Tanya juga pada pasangan Anda tentang topik pembicaraan apa yang disukai orangtuanya, sapaan apa yang tepat untuk mereka, apakah Om/Tante, Bapak/Ibu atau apa?. Ingat pepatah lama, malu bertanya gagal di depan calon mertua ^_^

3. Bersikap Sopan

Tunjukan bahwa Anda pantas menjadi pasangan dari anak calon mertua Anda dengan bersikap sopan. Sebenarnya bersikap sopan ini bukan hanya didepan calon mertua, tapi harus dibiasakan dan dijadikan kebiasaan yang baik. Duduk yang baik, tidak terkesan angkuh, tidak terlalu kaku tapi juga tidak terlalu santai juga akan membekas dihati calon mertua. Tidak baik juga jika mata Anda jelalatan keseluruh ruangan, menghentak-hentakkan kaki, rakus saat ada makanan, bolak-balik melihat jam tangan atau yang lainnya. Jika calon mertua berasal dari daerah atau suku yang berbeda, hormati dan cari tahu adab kesopanan yang ada dalam adat dan kebiasaan mereka. Karena dalam beberapa hal biasanya ada perbedaan, terutama tentang tatacara bertamu atau berkunjung.

4. Teman Ngobrol Yang Baik

Berbicaralah dengan santun dan tata bahasa yang baik. Jangan memakai bahasa alay juga ya, mungkin calon mertua kamu tidak terlalu suka ^_^. Hindari bahasa tubuh yang memberikan kesan kurang sopan, perhatikan apa yang mereka ucapkan, beri anggukan disaat yang tepat. Pilih kata-kata yang tepat untuk orangtua, jangan disamakan dengan bahasa teman akrab Anda, seperti kata “Ya” dan “ho’oh”, Anda pasti sudah tahu mana yang tepat, ucapkan terima kasih saat mereka menyuruh Anda minum, jangan bersendawa apalagi kentut hehe… Hindari topik pembicaraan yang terkesan kontroversi seperti politik atau faham-faham aliran tertentu, kecuali jika mereka yang ingin membicarakannya, jangan bercanda yang berlebihan apalagi menjurus pada pornografi. Jangan mencela orang lain dalam obrolan baik langsung ataupun tidak, jangan sok tahu dan sok pintar juga kata-kata yang terkesan menggurui. Hati-hati dengan kritikan, tidak semua orangtua menerima kritikan, jika harus, sampaikan dengan sopan dan halus, sehingga tidak menyinggung perasaan mereka. JIka yang dibicarakan adalah tentang pasangan Anda, tunjukkan jika Anda sangat perhatian dengan semua masalah pasangan, berikan pujian yang wajar dan tidak berlebihan.

calon mertua
Menjadi teman ngobrol yang baik bagi calon mertua
(Image source: wolipop.detik.com)


5. Membawa Bingkisan

Tampaknya sudah menjadi tradisi ditengah-tengah kita jika berkunjung ke rumah calon mertua selalu membawa suatu bingkisan, baik berupa makanan, survenir ataupun lainnya. Tanya pasangan Anda tentang kesukaan orang tuanya. Sebenarnya tidak perlu mahal ataupun mewah, jika Anda bisa membawakan sesuatu buatan Anda sendiri itu lebih bagus dan memberikan kesan yang lebih baik di mata calon mertua. Jangan sampai calon mertua yang mengidap diabetes Anda bawain kue manis atau martabak, wah mau membunuh pelan-pelan kalau seperti ini ^_^

6. Natural Dan Tidak Berpura-Pura

5 tips diatas sebenarnya bukan meminta Anda menjadi orang lain saat di depan mertua. Namun hal itu secara tidak langsung dapat menjadi pembelajaran untuk bersikap baik dan dibiasakan bukan hanya saat pertama bertemu calon mertua, tapi seterusnya dan juga diterapkan pada orang lain yang lebih tua dari kita. Pada dasarnya jadilah diri sendiri dengan ‘dosis’ yang tepat sesuai situasi dan kondisi.

Demikian tips pertama kali bertemu calon mertua. Semoga sekarang Anda sudah tahu bagaiamana cara menghadapi calon mertua, meskipun sangat singkat. Jika diantara pembaca mempunyai tips tambahan atau share pengalaman, silahkan berkomentar di bawah untuk menyempurnakan tulisan ini.

loading...
Terima kasih telah membaca artikel tentang tata cara bertamu ke rumah calon mertua, ketemu calon mertua pertama kali. Apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan, terima kasih.

Tags: Tips Cinta