MANFAAT JATUH CINTA BAGI KESEHATAN

Manfaat Jatuh Cinta Bagi Kesehatan – Sungguh menyenangkan bukan jika kita menikah dengan orang yang kita cintai? Apalagi jika setelah membina rumah tangga sekian lama kita masih terus dapat menjaga cinta itu tetap bersemi, tentu itu membuat masalah dalam rumah tangga dapat diminimalisir dan kebosanan juga bisa jauh berkurang. Anda bisa membaca postingan berjudul Setelah Menikah, Bagaimana Agar Tidak Membosankan? untuk dapat menjaga romantisme dengan pasangan setelah lama menikah.

jatuh cinta
Sehat dengan jatuh cinta


Jatuh cinta adalah
suatu hal yang paling menyenangkan bagi setiap orang. Selain dapat membuat seseorang terus tersenyum ternyata rasa  jatuh cinta juga punya banyak sekali manfaat. Semakin sering kita merasakan perasaan cinta, maka akan semakin baik bagi kesehatan tubuh. Tidak percaya? Coba lihat manfaat jatuh cinta bagi kesehatan berikut ini yang dikutip fanind.com dari dreamersradio[dot]com.

Dikutip dari berbagai sumber, perasaan jatuh cinta akan membuat tubuh seseorang bereaksi dengan positif. Maka dengan adanya rasa jatuh cinta, energi positif seseorang akan keluar dari dalam tubuhnya dan membuat dia akan semakin sehat. Dan berikut ini merupakan 7 manfaat jatuh cinta bagi kesehatan:

1. Jatuh cinta dapat mengurangi depresi dan stress

Health and Human Services menyebutkan bahwa cinta dan juga kasih sayang dapat mengurangi depresi baik bagi pria maupun bagi wanita. Karena perasaan jatuh cinta mampu memberi sinyal untuk dapat meningkatkan hormon kebahagiaan yang ada di dalam tubuh. Studi ilmiah lain juga menyebutkan bahwa jika seseorang yang memandang foto pasangannya bisa meningkatkan kadar jumlah hormon dopamin di dalam otak. Hormon dopamine ini berkaitan erat dengan rasa optimis. Sehingga mampu mengurangi kadar stress seseorang.

jatuh cinta
Kurangi depresi dan stres dengan rasa cinta


2. Jatuh cinta dapat menurunkan tekanan darah

Sebuah penelitian ilmiah dari Annalys of Behavioral Medicine menyebutkan bahwa rasa cinta dari pasangan kekasih, dari keluarga dan juga orang sekitar mampu memberikan sebuah energi positif yang dapat menurunkan tekanan darah seseorang. Hal ini karena rasa nyaman yang yang telah diberikan bisa mengontrol tekanan darah.

3. Jatuh cinta dapat menghindari rasa cemas

Hasil sebuah penelitian oleh State University of New York dengan menggunakan alat MRI fungsional untuk dapat melihat otak orang yang sedang mengalami jatuh cinta, ternyata membuktikan bahwa saat orang jatuh cinta,otaknya bisa mengatur tubuhnya untuk merasakan ketenangan. Perasaan jatuh cinta memiliki efek positif untuk menenangkan perasaan cemas yang kadang terlalu berlebihan.

4. Jatuh cinta dapat mengatasi rasa sakit dan juga menyembuhkan luka

Sebuah penelitian atau studi ilmiah dari Amerika Serikat menyebutkan bahwa rasa jatuh cinta dapat mengatasi rasa sakit seseorang secara alami. Saat seseorang merasakan jatuh cinta dan juga merasakan kasih sayang ternyata terbukti secara otomatis mampu mengaktifkan bagian otak yang memiliki fungsi untuk mengontrol rasa sakit. Dan apabila semakin besar perasaan cinta yang dirasakan maka semakin besar juga efeknya.

Rasa sakit dapat berangsur-angsur hilang dengan sendirinya. Bahkan kekuatan dari rasa jatuh cinta ini bisa membuat luka menjadi cepat sembuh. Hal ini berdasarkan sebiah penelitian yang dilakukan oleh Ohio State University Medical Center yang telah dipublikasikan pada Archives of General Psychiatry.

jatuh cinta
Meningkatkan sistem imunitas tubuh dengan cinta


5. Jatuh cinta dapat meningkatkan sistem imun

Hasil sebuah penelitian ilmiah dari Carnegie Mellon University membuktikan bahwa perasaan cinta yang dirasakan seseorang dapat membangun emosi positif yang mampu memberikan suatu dorongan pada sistem kekebalan tubuh seseorang sehingga orang tersebut lebih jarang menderita sakit. Hal ini juga karena efek sosial yang timbul dari rasa jatuh cinta yang membuat seseorang menjadi lebih rajin merawat kesehatan dan juga kebersihan tubuhnya sehingga dapat terhindar dari penyakit.

6. Jatuh cinta dapat menurunkan berat badan

Ada lagi efek jatuh cinta yang sangat bermanfaat. Ya,biar tidak perlu susah-susah menjalani berbagai program diet, untuk dapat menurunkan berat badan berlebih, dengan jatuh cinta saja. Karena ketika seseorang jatuh cinta, tubuhnya akan memproduksi norepinephrine dengan terus-menerus. Senyawa ini membuat seseorang tidak nafsu untuk makan. Jadi perasaan jatuh cinta bisa mengontrol nafsu makan seseorang yang berlebihan.

jatuh cinta
Jatuh cinta juga merupakan program diet alami


7. Jatuh cinta dapat mencegah penuaan dini

Selalu tersenyum dan banyak tertawa saat seseorang jatuh cinta bukan hanya dapat membuat kerutan di wajah bisa berkurang dan juga dapat membuat kulit jadi cerah alami. Lebih dari itu, ketika seseorang sedang merasakan jatuh cinta juga ternyata membuat tubuh dapat menghasilkan oxytocin. Zat yang satu ini dibutuhkan untuk dapat melepaskan DHEA, sebuah hormon yang bermanfaat sebagai anti-penuaan dan juga dapat meningkatkan peremajaan kulit seseorang serta regenerasi sel-sel tubuh.

Nah itulah sebagian khasiat jatuh cinta bagi kesehatan. Jadi, tak ada salahnya bukan untuk merasakan perasaan jatuh cinta setiap hari pada pasangan, orang tua ataupun orang-orang di sekitar.

Tags: Tips Cinta

loading...