DAMPAK NEGATIF PERNIKAHAN

Dampak Negatif Pernikahan – Mungkin ada beberapa orang yang heran mengenai judul postingan ini, namun begitulah adanya, menikah memang mempunyai bahaya atau dampak negatif. Jika dalam postingan sebelumnya saya sudah bahas panjang lebar mengenai manfaat menikah baik ditinjau dari sisi agama, ekonomi, kesehatan, psikologis dan seksual, maka pada postingan kali ini fanind.com akan memaparkan Dampak Negatif Pernikahan yang perlu di waspadai oleh setiap orang yang sudah siap dan akan menikah. Namun jangan salah, tujuan dibahasnya bahaya menikah atau dampak negatif pernikahan ini bukan berarti agar orang-orang tidak menikah, akan tetapi agar setelah menikah bisa dihindari bagi siapa saja yang mengharapkan rumah tangga bahagia dan mendapat keharmonisan dalam rumah tangga serta meminimalisir  timbulnya masalah dalam rumah tangga.

cerai
Memahami bahaya menikah untuk rumah tangga bahagia
(Foto dari: godlygentleman.com)

Inilah 3 bahaya menikah yang diterangkan oleh Imam Al-Ghazali:

Dampak negatif perkawinan yang pertama adalah ditakutkan seorang suami tidak bisa menghidupi istrinya dengan harta yang halal. Sehingga dia menghalalkan segala cara untuk mendapatkan harta tanpa memandang halal ataupun haramnya. Salah satu penyebab banyaknya korupsi adalah karena desakan dari istri akan kebutuhan dan gaya hidup yang tidak mau sederhana, sehingga kita banyak melihat bahwa yang menjadi koruptor itu lebih banyak pria dibandingkan wanita. Dengan menghidupi istri dan keluarga dari harta yang tidak halal, akan menjadi penyebab celakanya pria (suami) baik di dunia karena hartanya tidak berkah yang berefek negatif pada kehidupan rumah tangganya juga, apalagi di akhirat nanti. Dalam hadits dengan sanad shahih yang diriwayatkan oleh Imam Ad-Darimi disebutkan bahwa tidak akan masuk surga setiap daging yang tumbuh dari barang haram.

Bahaya menikah yang kedua adalah ditakutkan seorang suami tidak dapat melaksanakan hak-hak istri dan anak-anaknya. Selain itu juga ditakutkan seorang suami tidak sabar dalam mengurus dan membimbing mereka dan tidak sabar menghadapi kekurangan atau akhlak istri juga anak mereka yang kurang baik. Sehingga akan menjadi penyebab celakanya dia di akhirat. Karena semua kesalahan istri akan dibebankan pada suami jika suami tidak benar dalam mendidiknya. Oleh karena itu harus di pelajari bagaimana cara mendidik istri, menghadapi dan membimbing istri dan anak yang tepat dan benar baik dari sisi agama ataupun secara. Sebagian tentang tips ini pernah saya bahas dalam postingan berjudul 5 Tips Menghadapi Kemarahan Istri, atau untuk mendapatkan rumah tangga bahagia Anda bisa membaca 9 Tips Rumah Tangga Bahagia, juga bagi Anda yang ingin menjadi suami yang baik dan disayang serta dihormati istri silahkan membaca Cara Dan Tips Menjadi Suami Yang Baik. Jika Anda seorang wanita, perlu juga memahami suami, bagaimana dan apa yang di inginkan seorang pria dari istrinya, silahkan baca postingan berjudul 5 Rahasia Pria Yang Harus Diketahui Wanita.

suami istri marahan
Mempersiapkan diri sebelum menikah agar tidak gagal
(Foto dari: www.psychictexas.com)

Bahaya pernikahan yang ketiga adalah ditakutkan istri dan anaknya membuatnya lupa kepada Allah. Membuatnya sibuk dengan mencari harta dunia sebanyak-banyaknya, mencari kemewahan dan kedudukan sehingga lupa dengan kewajibannya pada Allah, karena segala hal yang membuat seseorang lupa dari Allah adalah tidak baik dan tercela. Bisa juga penyebab hal ini adalah niat dan tujuan yang salah saat menikah, oleh karena itu perlu kita tanya kembali untuk apa kita menikah. Selengkapnya silahkan baca postingan berjudul Meluruskan Tujuan Nikah.

Itulah 3 dampak negatif pernikahan yang merupakan sebagian kecil dari bahaya-bahaya yang lain. Namun sekali lagi bukan berarti agar orang tidak menikah, tetapi agar waspada dan mempersiapkan semuanya sebelum menikah. Dan perlu diketahui juga, bahwa bahaya atau dampak negatif tidak menikah jauh lebih banyak dan besar. Jadi, bagi yang siap menikah siapkan ilmunya terlebih dahulu, terutama yang berkaitan dengan hak-hak istri dan hak-hak suami. Insya Allah kedua hal ini akan saya bahas pada postingan-postingan lainnya. Selain itu ada beberapa persiapan yang harus diketahui calon pengantin yang akan segera menikah agar setelah menikah mendapat kebahagiaan, silahkan baca postingan berjudul 5 Persiapan sebelum menikah. Selamat menikah! ^_^ 

loading...
Terima kasih telah membaca artikel tentang belum siap dengan konsekuensi menikah, hal buruk mau nikah. Apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan, terima kasih.

Tags: Rumah Tangga Bahagia