14 KAMPUNG UNIK DI INDONESIA (BAGIAN 3)

14 Kampung Unik Di Indonesia – Tulisan fanind.com kali ini merupakan tulisan terakhir dari rangkaian tulisan sebelumnya dengan judul yang sama. Diantara banyaknya hal unik unik dunia yang ada di Indonesia, adanya 14 kampung unik di Indonesia ini membuat kita sadar bahwa begitu luas dan beraneka ragamnya bumi pertiwi. Pada bagian pertama tulisan ini, fanind.com telah mengupas tentang Kampung Pengemis, Kampung PSK, Kampung Hujan dan Kampung Manusia Kepiting, bagi Anda yang belum membaca silahkan baca terlebih dahulu 14 Kampung Unik Di Indonesia Bagian Pertama. Sedangkan pada tulisan berikutnya sudah dibahas tentang Kampung Naga, Kampung Teletubies, Kampung Keterbelakangan Mental dan Kampung Pemakan Tanah, jika Anda belum membaca silahkan lihat di 14 Kampung Unik DiIndonesia Bagian Kedua. Berikut ini adalah enam kampung unik lainnya.

keluarga unik
Kampung Unik Di Indonesia Bagian 3
(Ilustrasi gambar dari: www.blog-yelitzasalazarphotography.com)

 

9. Kampung Tanpa Kasur

Tidur tanpa kasur? Mungkin kalau sesekali tidak apa-apa. Tapi jika orang sekampung tidak berani tidur memakai kasur ini baru aneh. Mungkin diantara hal yang aneh-aneh di dunia atau diantara rumah unik Indonesia, ini adalah salah satunya.. Kampung tanpa kasur ini berada di Dusun Kasuran, Desa Margodadi, Kecamatan Sayegan, Sleman, Yogyakarta. Tidak jauh dari pusat kota Yogyakarta, luas dusun kasuran ini sekitar 17 hektare dengan penduduk mencapai 618 jiwa. Warga kampung ini tidak pernah menggunakan kasur sebagai alas tidur, adat tradisi ini sudah turun temurun sejak zaman dulu.

Warga di susun ini hanya tidur di atas dipan yang terbuat dari kayu ataupun hanya beralaskan tikar. Entah sugesti atau memang benar-benar nyata, yang jelas warga selalu ketakutan jika tidur memakai kasur. Menurut pengakuan warga disana, jika ada yang melanggar adat istiadat yang sudah turun menurun sejak zaman nenek moyang tersebut sudah banyak kasus yang terjadi akibat tidur di atas kasur, bukan hanya 1 atau 2 kasus, tapi ratusan kasus yang terjadi hanya karena ada warga yang tidur di atas kasur, terutama warga pendatang yang kurang percaya dengan hal tersebut. Menurut warga disana, ada orang yang mati muda,  gila, buta dan lain-lain karena mereka memakai kasur saat tidur.

desa tanpa kasur
Warga Desa Tanpa Kasur Di Sleman
(foto dari: jpnn.com)

Bahkan kepala dusun disana mencontohkan bahwa pernah ada seorang bidan pendatang yang memakai kasur untuk praktik. Bidan tersebut memiliki 2 orang putra yang selalu saja bertengkar dari kecil hingga dewasa sampai-sampai mereka hendak saling bunuh dengan senjata tajam dan sang kepala dusun saat itu ikut melerai keduanya. Setelah di beri tahu untuk membuang kasurnya, sejak saat itu pula kedua anak bidan tersebut menjadi akur. Banyak juga cerita lainnya seperti kejadian aneh yang dialami para mahasiswa KKN yang tidak mengindahkan larangan ini, mereka tidak bisa berhenti teriak-teriak tanpa sebab dan baru sembuh setelah diobati sesepuh kampung.

Menurut cerita masyarakat disana, larangan memakai kasur ini adalah wasiat Sunan Kalijaga saat beliau dulu singgah di kampung ini agar penduduk tidak banyak tidur malas-malasan.

10. Kampung Terapung

Mendengar kolam terapung mungkin tidak aneh terutama di daerah perairan. Tapi jika sekampung hidup dalam rumah terapung seperti di Desa Ayapo, danau Sentani, Jayapura mungkin cukup unik juga. Rumah-rumah warga yang terbuat dari kayu berbentuk panggung ini semuanya menghadap ke danau.

rumah terapung unik
Kampung terapung di Desa Ayapo
(Foto dari: travel.detik.com)

Rumah-rumah di Desa atau kampung terapung ini memanjang sepanjang 2 kilometer. Jumlah penduduknya sekitar 700 orang. Selain itu, semua bangunan terapung di danau Sentani ini menghadap ke arah matahari terbenam.

11. Kampung Air Kotor

Disebut Kampung air kotor karena dikampung ini tidak ada air bersih. Ini terjadi di Indonesia, tepatnya di kampung Pedukuhan Wangon, Desa Kubangsari yang termasuk wilayah Kecamatan Ketanggungan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Sudah 40 tahun lebih warga Desa yang berpenduduk lebih dari 2000 orang ini hidup tanpa merasakan air bersih.

air keruh
Kampung air kotor, sudah 40 tahun lebih
(Foto dari: www.lihat.co.id)

Di kampung ini, air bersih merupakan barang mewah yang susah didapatkan. Mitos atau cerita yang berkembang karena dahulu kala ada seorang nenek yang meminta minum kepada orang-orang di kampung tersebut namun tidak ada seorangpun yang memberi sehingga mendapat kutukan.

12. Kampung Gigolo

Tidak ada yang menyangka diantara hal aneh dan unik didunia ternyata banyak juga terdapat di Indonesia. Yang lebih mencengangkan lagi ternyata ada kampung gigolo di Indonesia, setidaknya itulah hasil penelusuran tim SIGI SCTV sebagaimana di tulis pada website liputan 6.

gigolo indonesia
Desa Gigolo di Indonesia
(Foto dari: news.liputan6.com)

Sebuah desa di kawasan Boyolali, Jawa Tengah ada profesi yang unik, siang hari para pemuda disini berkerja sebagai pembuat keranjang ayam. Tapi ketika matahari mulai terbenam, banyak pemuda yang berubah menjadi ‘kucing’ alias gigolo, pria penjaja seks untuk para wanita atau pria homoseksual yang membutuhkan servise mereka.

Menurut penelusuran tim SIGI SCTV, ada dua desa yang banyak pemudanya berprofesi sebagai gigolo, yaitu Desa Bakalan dan Desa Cabean. Para gigolo ini bekerja dengan bantuan makelar ataupun dengan inisiatif sendiri.

13. Kampung Anti Rokok

Jika Anda perokok, jangan coba-coba untuk merokok di Kampung yang satu ini karena Anda bisa mendapatkan sanksi dari Aparat Desa. Ya, inilah salah satu kampung yang unik di Indonesia, Desa yang melarang warganya untuk merokok. Tepatnya adalah di Desa Sitiung, Kabupaten Dharmasraya yang terletak di provinsi Sumatera Barat.

merokok
Kampung Anti Rokok, Sehat Dan Bersih
(Foto dari: mediaranahjaya.blogspot.com)

Tidak hanya memberikan sanksi pada warganya yang ketahuan merokok. Desa ini juga akan memberikan penghargaan pada siapa saja warganya yang tadinya perokok dan bisa berhenti dari kebiasaan merokoknya. Kampung yang patut dijadikan contoh dan mesti belajar banyak dari mereka.

14. Kampung Kanibal

Masih banyak suku pedalaman di Indonesia yang masih belum banyak tersentuh oleh modernitas. MIsalnya saja adalah suku Kombai dan Korowai yang berada di pedalaman Papua. Kedua suku yang terampil berburu ini masih memegang teguh adat istiadat nenek moyang, selain itu peralatan yang digunakan juga masih sederhana.

suku pedalaman
Suku Kombai dan Korowai
(Foto dari: www.terbaca.com)

Jika ada orang yang yang terbukti sebagai dukun di kedua desa ini, maka suku Kombai dan Korowai akan menghukumnya dengan cara dibunuh. Kemudian dagingnya dimakan oleh masyarakat untuk persembahan bagi jiwa yang di makan terdakwa.

Itulah 14 Kampung Unik Di Indonesia versi fanind.com dari berbagai sumber. Jika ingin menambahkan informasi baru silahkan berkomentar untuk memperkaya tulisan pada blog ini. Terima kasih ^_^

loading...
Terima kasih telah membaca artikel tentang kampung sex di indonesia, cerita gigolo desa. Apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan, terima kasih.