10 MACAM BISNIS ONLINE BAGI PEMULA

10 Macam Bisnis Online Bagi Pemula – Di abad internet seperti sekarang ini, peluang bisnis internet semakin terbuka lebar. Berbagai macam transaksi pun kerap kali dilakukan secara online. Walaupun ‘lalu lintas’ online di Negara berkembang seperti Indonesia tidak seperti di Negara maju seperti di Amerika, tapi cepat atau lambat pengguna Internet di Indonesia juga semakin banyak. Lihat saja sekarang ini dengan handphone seharga 200 ribuan saja orang sudah bisa mengakses internet. Bahkan saat ini Indonesia tercatat sebagai pengguna facebook terbesar kedua di dunia setelah Amerika. Ini membuktikan prospek bisnis online semakin cerah.

 

bisnis online
Prospek cerah bisnis online
(Image source: getentrepreneurial.com)

Lantas bagaimana kita sebagai pemula di dunia online memandang hal ini?. Apakah hanya mau menjadi penonton saja atau mau ikut turun membangun sebuah bisnis online yang berpotensi meraup untung yang sangat besar?. Saya beri contoh yang cukup simple tentang menguntungkannya bisnis online, pemilik Microsoft, Bill Gates, yang beberapa kali menjadi langganan posisi nomor satu orang terkaya di dunia membutuhkan waktu belasan tahun saat penghasilannya mencapai 1 milyar dolar pertamanya. Sedangkan Mark Zuckerberg, pendiri facebook, mencapai 1 milyar dollar pertamanya hanya dengan waktu tiga tahun saja. Bisa dilihat bukan perbedaannya?.

Selain potensi menghasilkan profit yang cukup menjanjikan, bisnis online juga menghemat banyak waktu. Kebanyakan pelaku bisnis online adalah part time, rata-rata dalam sehari para pelaku bisnis online hanya membutuhkan waktu 1-3 jam saja per hari. Sebenarnya banyak sekali jenis-jenis bisnis online, ada puluhan bahkan ratusan macam. Namun, secara garis besar dikelompokkan menjadi 3 macam saja. yaitu advertising (memasang iklan), online shop (toko online), affiliate marketing (makelar/broker).

 

toko online
Tips memilih bisnis online bagi pemula
(Image source: www.fozik.pl )

Pada tulisan kali ini, fanind.com akan membahas secara singkat 10 macam bisnis online bagi pemula. Meskipun saya bukan ahlinya dalam bisnis online, tapi kesepuluh macam bisnis ini saya dapatkan dari seorang Blog Monetization Strategist yang sukses dan merupakan salah satu milyader muda Indonesia yang berhasil dalam bisnis online. Yaitu Aldian Prakoso, penulis best seller 3 jilid buku mantra uang dari wordpress blog sekaligus trainer papan atas di Indonesia. Dalam 10 jenis bisnis online di bawah, saya sertakan beberapa link menuju website resmi Aldian Prakoso jika Anda berminat untuk belajar langsung dan berkonsultasi pada Beliau. Berikut ini adalah 10 macam bisnis online bagi pemula.

1. Menerbitkan iklan (ads publishing)

Ads Publishing atau Advertising adalah jenis bisnis online yang paling sederhana. Anda tinggal memiliki sebuah blog atau website lalu memasang iklan. Memang jenis iklan ini cukup banyak. Ada PPC (Pay Per Post), CPM (Cost Per Milion), CPA (Cost Per Action) dan lain-lain. Anda tinggal cari sendiri lewat Mbah Google untuk mendapatkan keterangan lebih lengkapnya. Untuk memasang iklan di blog, Anda cukup mendaftar pada website penyedia iklan, baik lokal ataupun internasional. Penyedia iklan internasional misalnya google adsense, chitika, text link ads, bidvertiser, fixed rate dan lain-lain. Penyedia iklan lokal dan regional asia misalnya idblognetwork, innity, adstars, adplus, kliksaya, adsensecamp, sittizen, kumpul blogger dan lain-lain. Pendaftaran ads pubising ini tidak dipungut biaya alias gratis.

 

IKLAN
Memasang Iklan di blog, salah satu bisnis online
(Image source:softwarebuzzer.com )


2. Membangun list (list building)

List building adalah bisnis online yang berpotensi menghasilkan pasif income yang sangat besar. Anda tinggal membuat atau menyediakan sesuatu yang menarik sehingga orang mau memberikan alamat email aktifnya pada Anda. Pernahkah Anda berkunjung ke suatu blog lalu di dalamnya ada penawaran ebook yang mahal dan berkualitas tapi bisa Anda dapatkan dengan cuma-cuma hanya dengan menuliskan nama dan email di formulir yang tersedia?, Nah seperti itulah kira-kira contoh sederhananya yang disebut dengan list building. Email yang terkumpul dengan banyak bisa digunakan sebagai sarana berpromosi bisnis Anda atau dijual pada banyak perusahaan yang membutuhkannya untuk sarana mereka berpromosi.

 

list building
List building, menghasilkan pasif income
(Image source: www.wealthsecretsgroup.com)

Wah kalau begitu cukup repot juga mesti menyediakan produk yang menarik?? Tidak juga, banyak produk gratis dan berkualitas, bahkan banyak produk yang memiliki hak cipta yang bisa Anda pasarkan kembali secara gratis jika Anda cukup jeli dalam mencarinya. Anda bisa dapatkan puluhan ebook dan elemen grafis dengan hak cipta sekaligus dengan bimbingan para mentor. Ini merupakan jenis bisnis online yang tahan banting, karena Anda tidak perlu repot memikirkan teknik SEO yang selalu berubah-ubah. Jika Anda sudah mempunyai buyer list yang banyak serta responsive, Anda bisa mendapatkan ratusan hingga ribuan dollar hanya dalam waktu beberapa menit.

3. Menjual produk orang lain dan mendapatkan komisi penjualan (affiliate marketing)

Affiliate atau broker adalah memasarkan produk orang lain. Kita tidak usah repot-repot menyediakan stok barang, mengirim barang ataupun menerima komplain dari pembeli, karena kita hanya memasarkan, masalah lainnya itu tanggung jawab penjual. Kita akan mendapatkan keuntungan dengan persentase yang ditentukan saat mendaftar jadi affiliate marketer dari setiap barang yang terjual. Merchant internasional yang terkenal misalnya amazon, clicbank, sharesale dan banyak lagi. Affiliate lokal juga cukup banyak.

 

affiliate program
Affiliate Marketing, cukup mudah untuk pemula
(Image source: www.deanethridge.com)


4. Menjual produk sendiri dengan toko online profesional

Toko online adalah salah satu solusi Anda berjualan tanpa harus repot membeli lahan atau membayar sewa ditempat strategis yang cukup mahal, ataupun buka seharian yang kadang pemasukan terganggu dengan faktor cuaca. Dengan toko online Anda bisa berjualan di rumah sendiri, tidak membutuhkan waktu yang banyak dan pemasaran yang luas serta tidak terbatas waktu dan tempat, karena dunia maya tak pernah tidur dan bisa diakses oleh seluruh dunia. Berikut salah satu contoh bisnis online tentang penjualan Pulsa yang cukup fenomenal.

toko online
Membuka online shop, hemat waktu, tempat dan biaya
(Image source: informedbuying.net)


5. Menulis review dan dibayar (pay-per-post)

Pay Per Post adalah bisnis online yang tepat untuk Anda yang gemar menulis. Anda tinggal mendaftar untuk menjadi penulis, menerbitkannya di blog atau website Anda, setelah itu Anda akan di bayar. Banyak sekali penawaran paid per review terutama yang berskala internasional. Untuk lokal yang saya tahu adalah adreviewcamp dan reviewMu.

 

6. Membuat membership site (paid subscription membership)

Membership site adalah jenis bisnis online yang cukup menjanjikan. Terutama bagi Anda yang memiliki keahlian tertentu. Saya pernah masuk kedalam website yang memberikan pelajaran bahasa asing gratis, bahkan diberikan modul e-course secara gratis berupa video dan ebook untuk beberapa pertemuan. Setelah hasilnya saya rasakan cukup efektif, otomatis saya tertarik untuk melanjutkan belajar ke tingkat berikutnya, namun tingkat berikutnya tidak gratis lagi, melainkan berbayar. Untuk orang yang sudah merasakan betul manfaat dari pelatihan tersebut, otomatis tidak akan ragu lagi untuk mendaftar sebagai member berbayar. Itulah kira-kira gambaran atau contoh sederhana membership site.

 

membership
Membership site, cocok bagi yang memiliki keahlian
(Image source: www.techwench.com)

7. Menjual blog yang sudah jadi (blog flipping)

Untuk Anda yang suka membuat blog dan mengutak atik kode pemrograman, blog flipping adalah lahan bisnis online yang prosfektif. Banyak orang tak mau repot membuat blog atau website dan membangunnya dari nol, mereka hanya ingin membeli blog atau website yang sudah jadi dan mempunyai banyak pengunjung. Forum-forum tempat memasarkan blog ini banyak sekali dan harga blog juga bervariasi tergantung kualitasnya Dari ratusan ribu hingga ratusan juta. Jangan kira seorang pemula di dunia internet tidak bisa terjun ke dunia blog flipping. Karena Anda bisa belajar dan menguasai teknik-tekniknya.

 

8. Menjual jasa pembuatan blog atau modifikasi theme

Hampir sama dengan blog flipping. Bedanya, jika blog flipping menjual website atau blog yang sudah jadi dan ramai pengunjung, maka jasa pembuatan blog adalah menawarkan jasa untuk membuat blog sesuai dengan rancangan yang diinginkan oleh pemesan. Seorang pemula juga bisa menekuni bisnis online yang satu ini.

 

9. Membuat dan menjual theme

Theme atau template adalah tampilan blog atau website yang sering kita lihat dan bervariasi. Anda yang berjiwa kreatif cocok berada di bisnis ini. Kita bisa membuat theme atau template yang bagus dan memiliki nilai jual tinggi. Atau bisa juga memodifikasi yang sudah ada untuk dijual kembali.

 

membuat blog
Membuat dan memodifikasi blog, menguntungkan.
(Image source: www.bounce.com.au)


10. Membuat dan menjual plugin

Plugin adalah suatu program komputer dan merupakan bagian dari website yang menambah fungsi dari program utama. Anda dapat membuat atau memodifikasi pugin-plugin gratis ataupun premium dan menjualnya kembali dengan harga yang tinggi.

 

Itulah 10 macam bisnis online bagi pemula versi fanind.com. Silahkan Anda pilih salah satu dari bisnis online yang cocok. Anda juga bisa mengkombinasikan beberapa atau bahkan semua jenis bisnis online yang ada. Jika Anda ingin mempelajari semuanya dengan sangat detail dan jelas, silahkan konsultasi langsung dengan ahlinya, Aldian Prakoso, karena dunia maya itu seperti hutan belantara, Anda bisa tersesat jika tidak mempunyai pemandu dan penunjuk jalan yang benar-benar ahli.

Oke Gan, selamat berbisnis! ^_^

loading...
Terima kasih telah membaca artikel tentang macam macam bisnis online, macam bisnis online. Apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan, terima kasih.