PENYEBAB KEMANDULAN PADA PRIA

Penyebab Kemandulan Pada Pria – Mempunyai keturunan adalah salah satu tujuan pernikahan. Mendambakan anak yang cerdas dan berguna merupakan harapan bagi para orang tua. Namun sebagian orang tidak dipercaya Tuhan untuk mengemban amanah tersebut. Ya, kemandulan merupakan momok yang menakutkan bagi banyak pasangan, jika setelah menikah kemudian belum juga dikaruniai anak dalam waktu yang agak lama biasanya membuat pasangan suami istri cemas. Berbagai usaha pun kerap dilakukan oleh pasangan untuk mengatasi kemandulan, mulai dari konsultasi medis sampai pengobatan tradisional. Manusia memang harus terus berusaha, namun Tuhan juga yang menentukan.

mandul
Mengenal penyebab kemandulan

Selain masalah impotensi, masalah klasik lainnya yang masih menjadi momok paling menakutkan bagi banyak pria dalam berumah tangga adalah masalah infertilitas atau ketidakmampuan perma pria untuk membuahi sel telur.

Ada beberapa hal yang menjadi penyebab kemandulan pada pria. Kadang penyebab ini karena kebiasaan yang dianggap sepele, ini berdasarkan kaca mata medis dan kadang memang menjadi penyebab kemandulan bagi sebagian pria dan tidak memberikan dampak apapun bagi sebagian lainnya. Namun tidak ada salahnya Anda menghindari beberapa hal di bawah ini untuk berjaga jaga.

Beberapa faktor tersebut dapat berpengaruh pada banyak pria karena menjadi penyebab proses pembentukan sperma pada pria jadi terganggu. Karena prosesnya yang terganggu inilah sehingga dapat mengakibatkan kemandulan pada para pria. Dan ternyata beberapa kebiasaan itu sering dilakukan oleh para pria dalam kehidupannya sehari-hari. Kebiasaan apa sajakah yang bisa menyebabkan kemandulan? Berikut penyebab kemandulan pada pria yang dikutip fanind.com dari Boldsky:

Merokok Menyebabkan Kemandulan

Tingginya kadar nikotin yang terdapat dalam tubuh seorang pria akibat kebiasaan merokok bisa merusak kualitas sperma serta dapat mengurangi jumlahnya.

Obesitas Menyebabkan Kemandulan

Obesitas atau berat badan pria yang berlebih dapat menyebabkan perubahan pada hormonal pria  menjadi abnormal, sehingga dapat memicu timbulnya kemandulan pada pria.

Stres Menyebabkan Kemandulan

Saat kita stres, tubuh kita akan memproduksi kortisol. Para ahli medis meyakini bahwa saat dalam kondisi stres tubuh pria tidak akan bisa memproduksi perma dengan kualitas yang terbaik sehingga hal ini diyakini dapat lebih berisiko pada pria untuk mengalami kemandulan.

Laptop Menyebabkan Kemandulan

Suhu yang tinggi pada laptop ataupun notebook saat dipangku bisa menyebabkan testis pria menjadi panas. Ini juga dapat berdampak negatif dan dapat merusak kualitas sperma. Jauhkan laptop dari pangkuan atau jangan menyalakan laptop dalam pangkuan, lebih baik simpan di meja untuk pencegahan.

mandul
Menghindari  penyebab kemandulan


Steroid
Menyebabkan Kemandulan

Steroid adalah hormon sintetis yang biasa digunakan untuk dapat meningkatkan massa otot pria secara instan. Namun ada beberapa bahaya steroid bagi pria, selain bisa meningkatkan risiko dalam terbentuknya tumor dalam tubuh, penggunaan steroid oleh pria juga bisa  mengakibatkan kemandulan. Lebih baik Anda berolahraga dan makan nutrisi yang cukup untuk meningkatkan massa otot.

Berendam Air Panas Menyebabkan Kemandulan

Saat seorang pria berendam di air panas, maka hal itu bisa meningkatkan suhu testisnya yang pada akhirnya bisa merusak kualitas spermanya dan bisa menimbulkan kemandulan.

Radiasi Ponsel Menyebabkan Kemandulan

Kebiasaan seseorang menyelipkan handphone atau ponsel di dalam saku celana juga dapat mempengaruhi testis pria. Jika hal ini dilakukan secara terus-menerus, maka radiasi dari handphone juga bisa memicu disfungsi ereksi dan juga ketidaksuburan pada seorang pria.

Celana Ketat Menyebabkan Kemandulan

Pemakaian celana yang ketat pada pria juga membuat suhu di testisnya meningkat, dan ini mengakibatkan jumlah produksi spermanya jadi menurun.

Konsumsi Minuman Beralkohol Menyebabkan Kemandulan

Mengonsumsi minuman yang beralkohol juga bisa mengurangi produksi hormon testosteron, yang pada akhirnya akan mengurangi jumlah perma pria dan tentu saja ini memicu kemandulan.

Itulah beberapa penyebab kemandulan pada pria. Sekali lagi tidak ada salahnya untuk berjaga-jaga dan menghindari hal-hal di atas agar Anda segera mendapat keturunan.

loading...
Terima kasih telah membaca artikel tentang apakah menikah menjadi momok yang menakutkan bagi para pria. Apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan, terima kasih.

Tags: Seks Dan Kesehatan