TIPS MEMILIH DESAIN UNDANGAN PERNIKAHAN YANG TEPAT

Tips Memilih Desain Undangan Pernikahan Yang Tepat – Kartu undangan bisa dikatakan sebagai cermin pada pesta pernikahan Anda. Anda tentu saja tidak ingin membuat kesempatan berkumpul pada hari yang bahagia ini justru menjadi kurang berkesan karena kartu undangan pernikahan Anda yang bermasalah dan mungkin membuat orang-orang yang sangat Anda harapkan kehadirannya gagal untuk datang ke pesta pernikahan Anda.

undangan pernikahan unik elegant simple
Memilih desain yang unik

Bagi Anda yang sedang membuat persiapan untuk menikah, tidak ada salahnya apabila segala sesuatunya dipersiapkan dengan baik dan rinci. Salah satunya adalah membuat kartu undangan pernikahan yang akan dikirimkan. Kartu undangan yang akan dibuat tentunya diharapkan dapat menyampaikan informasi yang cukup jelas tentang siapa yang akan menikah, di mana tempatnya, apa temanya jika perlu dan kapan hari pernikahan tersebut akan berlangsung. Berikut ini adalah tips memilih desain undangan pernikahan yang tepat:

1. Sesuaikan dengan konsep pernikahan

Undangan pernikahan tentu harus sesuai dengan detail tempat digelarnya pesta pernikahan dan juga harus mempertimbangkan tamu yang akan dan relasi yang nantinya akan diundang. Bentuk undangan pernikahan yang terkesan eksklusif akan tampak aneh jika dipakai untuk pesta sederhana, begitu juga dengan undangan pernikahan dengan bentuk simple, non-eksklusif yang dibuat untuk pesta besar dan diselenggarakan di sebuah tempat yang mewah juga akan mengurangi penghargaan terhadap para tamu dan relasi yang diundang untuk datang ke acara pesta. Jadi sesuaikan desain undangan dengan konsep pernikahan Anda. Pilihlah model kartu undangan pernikahan yang tepat dengan memperhatikan bentuk dari desainnya secara keseluruhan.

undangan pernikahan unik elegant simple 2
Mencari referensi terlebih dahulu


2. Mencari referensi

Sebelum anda menentukan sebuah desain kartu undangan pernikahan yang unik, sebaiknya Anda mencari referensi terlebih dahulu dari internet, majalah, pameran wedding, teman atau siapapun agar mendapat desain kartu undangan pernikahan seperti yang anda inginkan.

3. Mendisain ulang

Apabila Anda telah menemukan referensi yang dirasa cocok selanjutnya Anda dapat merubah ulang desain kartu undangan pernikahan tersebut. Anda dapat merubahnya sendiri dengan kreatif sesuai daya imajinasi Anda. Tapi, apabila Anda akan memakai jasa desain profesional, sampaikanlah dengan baik dan detail desain undangan yang menjadi keinginan Anda yang mengacu referensi yang Anda bawa.

undangan pernikahan unik elegant simple 3
Desain ulang dan konsultasikan dengan keluarga


4. Konsultasikan desain

Jika desain dari undangan pernikahan Anda telah selesai, maka sebaiknya konsultasikan dengan keluarga besar Anda, baik dari calon mempelai pria ataupun calon mempelai wanita agar mencapai ada kesepakatan tentang desain yang cocok.

5. Cari tempat percetakan

Jika kata sepakat dari kedua keluarga sudah terjalin, Anda segera dapat mencari tempat percetakan undangan yang mempunyai reputasi baik, lebih baik lagi rekomendasi dari yang pernah memakai jasa percetakan tersebut. Jika tidak ada, Anda bisa mencarinya  di internet yang lokasinya ada di kota tempat anda tinggal. Sebaiknya, jangan menggunakan jasa percetakan di tempat yang jauh karena apabila terjadi masalah seperti keterlambatan dan lain-lain akan memberatkan Anda juga.

Perlihatkan desain kartu undangan pernikahan yang telah Anda buat pada percetakan dan kemudian pilih bahan material kertas sesuai dengan yang anda inginkan. Setelah itu negosiasikan harga sehingga dapat mencapai kesepakatan dengan percetakan. Anda juga bisa minta test print sebagai gambaran dari hasil akhir kartu undangan pernikahan Anda pada percetakan. Periksa kembali desain dari kartu undangan pernikahan Anda, apakah semuanya sudah benar, seperti penulisan hurufnya. Hal-hal lain yang harus dicek seperti nama mempelai, nama orang tua dan juga gelar, waktu dan tanggal serta hari pernikahan, alamat gedung ataupun rumah, tempat berlangsungnya akad nikah, alamat rumah keluarga serta gambar peta.

undangan pernikahan unik elegant simple 4
Sertakan info yang detail tentang pernikahan Anda


3. Pasang foto pre wedding

Sebagian calon pengantin biasanya ingin memajang foto pre-wedding unik mereka. Jika Anda memang ingin memasangnya. Pilih foto pre wedding terbaik Anda, karena memang sebagian undangan terkadang merasa penasaran ingin melihat wajah dari sang calon pengantin, bukan hanya sekedar nama mereka, apalagi tamu undangan yang jarang bertemu dengan Anda atau yang hanya mengenal keluarga (orang tua) Anda.

4. Info lebih detail

JIka diperlukan, cantumkan nama panggilan kedua calon mempelai serta keluarga masing-masing agar penerima undangan tidak merasa kebingungan dan berpikir bahwa undangan tersebut salah alamat, hal ini terutama bagi Anda yang lebih dikenal dengan nama panggilan dibandingkan nama asli. Anda juga dapat mencantumkan nomor telepon jika diperlukan, dengan tujuan yang menerima undangan dapat menghubungi nomor telepon tersebut agar lebih yakin apakah benar mereka diundang, apabila si penerima undangan merasa tidak mengenal calon pengantin ataupun keluarganya.

6. Lampirkan peta

Biasanya dalam undangan pernikahan terdapat sebuah peta ataupun denah lokasi pernikahan. Hal ini memang penting apalagi jika pernikahan dilakukan di rumah ataupun sebuah tempat yang sulit untuk dikunjungi, terutama bagi tamu undangan yang datang dari luar kota.

7. Kunjungi pameran pernikahan

Untuk dapat menghemat biaya, tidak ada salahnya jika Anda berkunjung ke sebuah pameran pernikahan. Booking segera apabila ada kartu undangan yang cocok dengan harga ataupun bonus menarik dari vendor yang ada di pameran tersebut.

9. Tulisan yang jelas

Pilih jenis huruf pada kartu undangan yang tidak susah untuk dibaca. Jangan memilih menggunakan huruf yang secara sepintas terlihat sangat indah namun sulit untuk dibaca. Pilih memakai huruf yang simple namun terkesan bersih, ini akan membuat tamu undangan tidak merasa kesulitan saat membaca nama calon mempelai, alamat tempat berlangsungnya pernikahan, waktu pernikahan dan lain-lainnya.

undangan pernikahan unik elegant simple 5
Jangan lupa melampirkan peta


10. Jenis kertas dan tampilan luar

Gunakan amplop undangan dan beri nama jelas pada label undangan untuk memberikan kesan penghormatan pada setiap tamu yang akan diundang. Bisa juga diberikan unsur warna keemasan yang tidak mempunyai kesan berlebihan pada kartu undangan untuk dapat menampilkan kesan keberuntungan.

Pilihlah jenis kertas undangan pernikahan yang cocok untuk dapat menampilkan keindahan pada corak desainnya. Untuk dapat menyempurnakan tampilan, Anda bisa menambahkan pita yang senada dengan warna pada desain kartu undangan. Tambahkan sebuah simbol kemesraan cinta, misalnya dengan sepasang angsa, cincin ataupun boneka pengantin.

Demikianlah tips memilih desain undangan pernikahan yang tepat. Semoga pelaksanaan pesta pernikahan Anda sukses dan memiliki rumah tangga yang harmonis.

loading...
Terima kasih telah membaca artikel tentang tips memilih undangan pernikahan, artikel undagan pernikahan. Apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan, terima kasih.

Tags: pesta pernikahan walimah nikah